Nostalgia 6 Game Nokia Jadul Paling Populer, yang Mana Jadi Favoritmu?

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 17 Juni 2020 13:40
Nostalgia 6 Game Nokia Jadul Paling Populer, yang Mana Jadi Favoritmu?
Game-game legendaris yang dulu jadi mainan favorit pengguna Nokia jadul.

Belakangan ini, mobil gaming sudah menjadi cabang dari game yang diperhitungkan. Game yang dimainkan di handphone seperti PUBG dan Mobile Legend sudah dianggap serius dan dipertandingkan.

Jauh sebelum mencapai titik tersebut, game HP cuma diposisikan sebagai hiburan semata. Nggak kebayang ternyata di masa depan game HP bisa dipertandingkan, bahkan jadi mata pencaharian buat beberapa orang.

Salah satu pencetak game HP paling populer adalah produsen HP asal Finlandia, Nokia. Sempat jaya di era 90-an sampai awal 2000-an, HP Nokia terkenal dengan game-gamenya yang simpel tapi bikin kecanduan. Apa aja sih?

Yuk nostalgia dengan ngintip enam judul game Nokia jadul yang paling populer!

1 dari 7 halaman

Snake

Game Snake © Diadona

Game legendaris dari Nokia yang pertama adalah Snake. Di game ini, kita bermain sebagai ular yang harus melahap makanan untuk mendapat poin. Seiring dengan makanan yang dilahap, tubuh ular pun akan makin panjang. Semakin panjang tubuh ular, maka akan semakin sulit kita mengendalikannya, apalagi kalau ditambah dengan speed yang tinggi. Permainan akan berakhir saat ular menyentuh bagian tubuhnya sendiri.

2 dari 7 halaman

Space Impact

Game Space Impact © Diadona

Di masa itu layar HP memang masih monokrom, namun Nokia sudah mampu menghadirkan suasana luar angkasa lewat game Space Impact. Di game tersebut kita akan mengendalikan sebuah pesawat luar angkasa. Tugas kita adalah menembaki musuh dan menghindari balasan dari mereka. Di akhir, kita akan melawan raja berupa alien raksasa.

3 dari 7 halaman

Bantumi

Game Bantumi © Diadona

Game Bantumi ini adalah salah satu game yang selalu ada di HP Nokia jadul. Cara bermainnya cukup mudah karena menggunakan konsep yang sama seperti congklak atau dakon. Hanya saja, Bantumi nggak menggunakan biji, namun langsung menampilkan sejumlah angka.

4 dari 7 halaman

Bounce

Game Bounce © Diadona

Mirip Mario Bros, tapi tokoh Mario digantikan dengan bola membal. Itulah kira-kira gambaran sederhana permainan Bounce. Dalam game tersebut, kita bermain sebagai bola yang harus melewati berbagai rintangan. Bounce adalah salah satu generasi game berwarna pertama dari Nokia.

Oh iya, sepertinya Bounce juga menjadi game HP pertama yang memperbolehkan pemain menggunakan kode cheat di dalamnya. Ada yang masih ingat kombinasi angkanya?

5 dari 7 halaman

Pocket Carrom

Game Pocket Carrom © Diadona

Kalau tadi ada congklak digital dalam game Bantumi, kali ini juga ada permainan rakyat yang diubah dalam bentuk game. Pocket Carrom adalah game di HP Nokia jadul yang mempunyai konsep bermain seperti permainan karambol.

6 dari 7 halaman

Sudoku

Game Sudoku © Diadona

Game Sudoku sebenarnya nggak secara eksklusif milik Nokia karena sebelumnya sudah pernah hadir dalam bentuk fisik (buku) dan juga game PC. Namun kemunculan Sudoku di HP Nokia jadul adalah salah satu yang membuat game puzzle angka ini semakin populer.

7 dari 7 halaman

Game di HP Nokia jadul selalu punya sisi seru masing-masing. Game petualangan seperti Space Impact dan Bounce terasa lebih susah karena nggak ada fitur save sehingga kita harus menyelesaikannya dalam satu waktu kalau ingin tamat. Kalau mati? Ya ulang dari awal lagi.

Game seperti Snake bisa dimainkan dengan adu tinggi skor. Lalu game Bantumi dan Pocket Carrom bisa dimainkan berdua bareng teman untuk jadi lawan. Sementara game Sudoku bisa dimainkan bersama untuk saling bantu memecahkan puzzle angka.

Yang jelas walaupun teknologi belum tinggi, ternyata game di HP Nokia jadul tetap punya ruang khusus di dalam hati. Duh jadi kangen nih.

Beri Komentar