Sering Kelihatan di Media Sosial, Ternyata Ini Asal-Usul 8 Gambar Meme Viral

Reporter : Firstyo M.D.
Kamis, 18 Juni 2020 15:40
Sering Kelihatan di Media Sosial, Ternyata Ini Asal-Usul 8 Gambar Meme Viral
Dari mana sih gambar-gambar ini berasal?

Meme adalah salah satu konten yang paling sering kita lihat di media sosial. Meme ini bisa berbentuk video atau gambar. Biasanya ia menggunakan referensi pop culture yang umum dan dihubungkan dengan fenomena di masyarakat.

Meskipun sering melihat, kita sering nggak tahu dari mana gambar meme tersebut sebenarnya berasal.

Lewat berbagai investigasi, berikut ini sudah kami kumpulkan informasi tentang asal-usul dari delapan meme viral yang sering kita lihat di media sosial.

1 dari 9 halaman

Meme Flex Tape

Contoh Meme Flex TapeContoh Meme Flex Tape © diadona.id/Firstyo M.D.

Meme ini biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu penyelesaian masalah besar dengan cara yang sepele.

Gambar seorang pria yang menempelkan lakban untuk menghentikan pancaran air di tabung yang berlubang ini ternyata berasal dari iklan Flex Tape, sebuah merk lakban yang diklaim sangat kuat. Pria dalam gambar adalah Phil Swift, juru bicara untuk Flex Tape.

2 dari 9 halaman

Meme Perempuan Bentak Kucing

Contoh Meme Perempuan Bentak KucingContoh Meme Perempuan Bentak Kucing © diadona.id/Firstyo M.D.

Meme ini adalah salah satu yang cukup populer di media sosial. Meme yang menggambarkan seorang perempuan membentak kucing yang bingung ini digunakan untuk menggambarkan situasi di mana ada satu pihak yang bertindak agresif, sementara pihak lainnya malah kebingungan.

Meme ini berasal dari gabungan dua sumber. Gambar perempuan marah yang berusaha ditenangkan temannya datang dari serial reality show The Real Housewives. Diambil dari sebuah adegan ketika salah satu cast, Taylor Armstrong sedang berdebat dan berusaha ditenangkan oleh cast lain, Kyle Richards.

Sementara itu, gambar kucing kebingungan sebelumnya sudah lebih dulu populer di Tumblr. Belakangan, diketahui bahwa kucing tersebut bernama Smudge, yang juga bisa ditemui di akun Instagram smudge_lord. 

      View this post on Instagram

A post shared by Smudge - Table Cat (@smudge_lord) on

3 dari 9 halaman

Meme Wung Puyuh

Kamu pasti sering melihat cuplikan adegan audisi stand up comedy di mana seorang peserta membawakan joke tentang burung puyuh, tapi nggak lucu, ini kan? Nggak seperti format meme lain yang difungsikan untuk menyampaikan pesan tertentu, meme wung puyuh ini lebih bebas penggunaannya.

Adegan tersebut berasal dari audisi Raja Lawak yang tayang di stasiun televisi Astro Malaysia. Peserta audisi nomor 1075 itu nggak diketahui namanya, namun sebenarnya joke yang dia bawakan merupakan parodi dari sebuah iklan sedih asal Malaysia. Iklan aslinya melibatkan percakapan ayah yang bertanya tentang burung apa itu berulang-ulang pada sang anak. Berulang-ulang pula dijawab bahwa itu burung murai.

Bagian itu lah yang dimaksudkan sebagai parodi, di mana burung murai diganti menjadi burung puyuh.

Di akhir, juri mengomentari dengan kalimat yang menohok tapi lucu.

" Suatu percubaan yang mantap. Cuma saya rasa perlu banyak belajar lagi tentang burung."

Juri tersebut bernama Harun Salim Bachik, pelawak dan aktor legendaris Malaysia.

4 dari 9 halaman

Meme Drake

Contoh Meme DrakeContoh Meme Drake © diadona.id/Firstyo M.D.

Meme yang melibatkan rapper Drake ini biasanya digunakan untuk menunjukkan dua opsi; satu yang nggak diambil dan satu yang dipilih.

Meme ini berasal dari potongan video klip Hotline Bling milik Drake. 

5 dari 9 halaman

Meme Cowok Cewek Chatting

Contoh Meme Cowok Cewek ChattingContoh Meme Cowok Cewek Chatting © diadona.id/Firstyo M.D.

Meme berbasis komik dua panel ini menunjukkan percakapan antara cowok dengan cewek. Pada format awal, biasanya salah satu pihak bakal mengeluarkan sebuah statement yang pada akhirnya akan berujung pihak lainnya melakukan block. Namun belakangan formatnya berkembang menjadi banyak jenis.

Meme ini berasal dari komik buatan seorang ilustrator asal Korea Selatan, Ari Nunnunano. Diunggah lewat akun Instagramnya pada 15 Januari 2020, komik tersebut kemudian menyebar menjadi berbagai wujud meme.

      View this post on Instagram

A post shared by ARI / nano project / ari attic (@ari.nunnunano) on

6 dari 9 halaman

Meme Tinky Winky Nyasar

Contoh Meme Tinky Winky NyasarContoh Meme Tinky Winky Nyasar © diadona.id/Firstyo M.D.

Meme ini digunakan untuk menunjukkan satu kejanggalan di antara kumpulan hal yang seragam. Hal itu digambarkan dengan keberadaan Tinky Winky di antara kumpulan Power Ranger.

Meme ini berasal dari sebuah komik yang dibuat oleh Mike Organisciak dan dibagikan lewat halaman Facebook miliknya pada 7 Mei 2017.

7 dari 9 halaman

Meme Kepikiran di Tempat Tidur

Contoh Meme KepikiranContoh Meme Kepikiran © diadona.id/Firstyo M.D.

Meme ini ditujukan untuk menggambarkan situasi di mana kita sudah mau tidur tapi tiba-tiba kepikiran sesuatu, bisa hal yang memalukan di masa lalu, mind blowing, atau malah nggak penting sama sekali.

Meme ini berasal dari komik buatan Hannah Hillam yang dimuat oleh sebuah artikel di BuzzFeed. Artikel tersebut menggambarkan tentang apa yang dilakukan oleh otak saat manusia hendak tidur. Dalam versi aslinya, si otak mengajak manusia berpikir tentang kematian. Hii serem.

Versi asli memeVersi asli meme © BuzzFeed

8 dari 9 halaman

Meme Overthinking

Contoh Meme OverthinkingContoh Meme Overthinking © diadona.id/Firstyo M.D.

Sesuai namanya, meme ini menggambarkan tentang kondisi overthinking yang terjadi di kala sedang akan tidur. Ilustrasi tersebut menunjukkan gambar seorang karakter yang terbaring di tempat tidur, tapi matanya terbuka lebar seperti sedang memikirkan sesuatu.

Rupanya, meme ini merupakan karya seorang ilustrator asal Korea Selatan bernama Jong-Ha YOON. Gambar tokoh yang melamun di tempat tidur itu adalah bagian dari montase ilustrasi adegan melamun lain yang diunggah lewat akun Instagramnya pada 19 Oktober 2017.

      View this post on Instagram

A post shared by Jong-Ha YOON (@jongha306) on

Beri Komentar