Pengertian Processor, Fungsi, dan Cara Kerjanya pada Komputer

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 13 Juli 2020 10:59
Pengertian Processor, Fungsi, dan Cara Kerjanya pada Komputer
Pengertian processor ialah otak dari komputer.

Pengertian processor adalah salah satu komponen penting komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan serta menjalankan perintah-perintah yang diperintahkan oleh pengguna komputer itu sendiri.

Sedangkan sumber lain menjelaskan pengertian processor merupakan sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer yang digunakan sebagai fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Sehingga dalam sebuah komputer, Processor seperti sebuah mesin yang kinerjanya harus dibantu oleh komponen-komponen lain seperti mainboard, memory, serta hal lainnya.

Nah, supaya kamu lebih paham dengan pengertian processor, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Pengertian Processor dan Fungsinya

Pengertian Processor © Diadona

Selain penjelasan di atas, terdapat pula pengertian processor menurut para ahli untuk menambah wawasanmu semakin luas, diantaranya:

1. IR. Sugiyono

Pengertian processor merupakan perangkat penting dalam komputer guna sebagai tenaga pelaksa eksekusi perintah atau program yang ada di komputer.

2. Rahmat Putra

Menurut Rahmat Putra, pengertian processor ialah sebuah komponen penting yang berfungsi untuk mengendalikan semua komponen di dalam komputer, baik untuk mengolah data hingga menjalankan semua sistem operasi yang diinstal dalam komputer.

2 dari 5 halaman

3. Ajen Dianawati

Sedangkan menurut Ajen Dianawati, pengertian processor adalah suatu alat untuk memproses data yang berupa angka, ataupun gambar di komputer.

4. Raya Fahreza

Pengertian processor ialah bagian terpenting dari komputer yang berfungsi untuk mengontrol segala aktivitas yang ada di komputer.

Dari penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi processor adalah untuk memproses data yang kemudian data tersebut dikirimkan ke memori utama kembali.

3 dari 5 halaman

Pengertian Word Processor

Pengertian Processor © Diadona

Di jaman yang semakin maju dan canggih ini, tentunya semua pekerjaan akan semakin mudah dengan bantuan teknologi. Sebab pada zaman dahulu orang-orang masih membuat surat menggunakan mesin tik untuk mendapatkan hasil yang formal, dan standar.

Namun dengan seiring berkembangnya zaman dan teknologi, keperluan surat menyurat dan administrasi lainnya pun bisa menggunakan aplikasi word processor yang lebih modern.

Pengertian word processor ialah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk pembuatan dokumen, penyuntingan, dan penyimpan dokumen ke dalam suatu file serta mencetak dokumen yang telah dibuat

Sehingga manfaat dari word processor ialah memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi, karena kamu bisa menyunting dan merubah kapanpun kalau terjadi kesalahan sebelum naskah dicetak.

Salah satu contoh aplikasi word processor yang sering digunakan ialah Microsoft word, Notepad, Wordpad, Google Docs, OpenOffice.org Writer, dan Word Star.

4 dari 5 halaman

Pengertian Socket Processor

Pengertian Processor © Diadona

Seperti yang diketahui, processor merupakan komponen dalam komputer yang berfungsi sebagai suatu IC untuk mengontrol keseluruhan dari berjalannya sistem.

Sehingga, salah satu yang harus diperhatikan, saat kamu merakit komponen komputer sendiri ialah jenis processor yang digunakan serta socket processor yang terdapat dalam motherboard.

5 dari 5 halaman

Pengertian socket processor merupakan suatu dudukan processor yang ada pada motherboard dengan bentuk segi empat dan memiliki lubang – lubang kecil sebagai tempat menancapnya kaki – kaki (pin) processor yang tersusun membentuk matriks 2 dimensi.

Fungsi dari socket processor sendiri ialah utnuk untuk menginstall atau menyisipkan processor, serta memfasilitasi akses CPU untuk mencegah kerusakan ketikan unit yang dipasang dan dilepaskan.

Itulah pengertian processor beserta komponen-komponennya. Semoga artikel ini bisa membantu kamu saat membeli atau merakit komputer sendiri ya.

Beri Komentar