Geblek dan Tempe Benguk, Makanan Khas Kulon Progo yang Dimakan Seperti Sandwich

Reporter : Nasa
Sabtu, 8 Agustus 2020 10:22
Geblek dan Tempe Benguk, Makanan Khas Kulon Progo yang Dimakan Seperti Sandwich
Makanan khas dari Kulon Progo ini memang unik banget.

Kulon Progo, salah satu Kabupaten yang ada di Yogyakarta ini kuliner menarik yang sulit ditemui di tempat lain loh. Yakni geblek dan juga tempe benguk. Kedua jenis makanan itu lazim banget ditemui di seluruh kawasan Kulon Progo.

Buat kamu yang belum tahu, geblek dan tempe benguk ini sebenarnya merupakan dua jenis makanan yang berbeda. Namun keduanya biasa dihadirkan secara bersamaan dan dimakan secara bersamaan.

1 dari 4 halaman

Geblek dan Tempe Benguk © Diadona

2 dari 4 halaman

Bahan Baku Unik

Geblek merupakan makanan khas asal Kulon Progo yang terbuat dari tepung tapioka. Meski terlihat seperti makanan sederhana, proses pembuatan geblek membutuhkan waktu yang cukup panjang loh.

Bahan pembuatan geblek terdiri dari tepung tapioka, bawang putih, dan juga garam. Pertama-tama tepung tapioka dikukus, kemudian dicampur dengan bahan-bahan lain sampai membentuk adonan.

Setelah itu, adonan geblek dibentuk seperti angka delapan, lalu digoreng. Geblek biasanya akan dimakan selagi hangat, dengan tekstur krispi di bagian luar. Namun dengan bagian dalam yang lembut.

Kemudian bahan baku pembuatan tempe benguk adalah kacang koro, yang ukurannya lebih besar dibanding dengan kacang kedelai. Proses pembuatan tempe benguk tak jauh berbeda dengan pembuatan tempe kedelai.

Namun pembuatan tempe benguk membutuhkan proses peragian yang lebih lama, dan bentuknya yang unik karena langsung dikemas menggunakan daun yang dilapisi oleh kertas koran.

Seperti halnya geblek, tempe benguk ini biasanya juga digoreng sebelum disantap. Sehingga sensasi rasanya makin terasa saat dikonsumsi dalam keadaan masih hangat.

3 dari 4 halaman

Geblek dan Tempe Benguk © Diadona

4 dari 4 halaman

Cara Makan Unik

Nah, bagian paling menarik dari geblek dan tempe benguk adalah cara makannya yang terbilang unik. Masyarakat Kulon Progo biasanya memakan geblek dan tempe benguk secara bersamaan.

Jadi geblek dan tempe benguk ini lazim dimakan bak 'sandwich'. Yakni dengan menumpuk geblek dan tempe benguk, baru kemudian menggigitnya secara bersamaan. Duh jadi penasaran sama rasanya.

Kalian udah ada yang pernah nyobain belum?

Beri Komentar