7 Alasan kenapa Makanan Mewah Disajikan dengan Porsi Kecil, Udah Pada Tahu Belum?

Reporter : Nasa
Senin, 10 Agustus 2020 06:35
7 Alasan kenapa Makanan Mewah Disajikan dengan Porsi Kecil, Udah Pada Tahu Belum?
Ternyata ada banyak banget faktornya.

Buat kamu para pecinta kuliner, pernah gak sih bertanya-tanya tentang makanan di restoran mewah yang selalu disajikan dalam porsi kecil? Apa ya yang jadi alasan mereka menjadikan sajiannya begitu mahal dengan porsi terbatas?

Nah, menurut info dari laman Times of India, setidaknya ada 7 faktor yang menyebabkan restoran mewah menyajikan hidangan-hidangan mahal dengan porsi yang bisa dibilang sangat sedikit.

1 dari 7 halaman

1. Menjaga Kualitas Standar

Ilustrasi Makanan MewahIlustrasi Makanan Mewah © onehallyu.com

Alasan pertama dan utama kenapa makanan mewah disajikan dengan porsi kecil adalah upaya restoran dalam menjaga kualitas standar makanan yang sudah mereka tentukan. Restoran 'high end' biasanya memang gunakan bahan-bahan terbaik untuk menu mereka.

2 dari 7 halaman

2. Harga Bahan Makanan Mahal

Ilustrasi Makanan MewahIlustrasi Makanan Mewah © timeout.com

Karena mereka hanya menggunakan bahan-bahan terbaik, tentunya berbanding lurus dengan harga bahan makanan yang cukup mahal. Untuk itu, mereka menyajikannya dalam porsi kecil, agar menu makanan mereka bisa disesuaikan.

3 dari 7 halaman

3. Porsi Kecil Dianggap Elegan

Ilustrasi Makanan MewahIlustrasi Makanan Mewah © everypixel.com

Tren minimalis di kalangan restoran-restoran mewah jadi latar belakang kenapa makanan di sana disaikan dengan porsi kecil. Tak heran kalau mereka mengembangkan konsep bahwa porsi makanan kecil adalah hal elegan.

Selain itu, para pengelola restoran mewah percaya kalau para pelanggannya memang datang untuk mencari sensasi makan yang berbeda. Bukan sekadar makan untuk mengisi perut, atau bikin perut kenyang.

4 dari 7 halaman

4. Buat Tamu Fokus dengan Kenikmatan Rasa

Ilustrasi Makanan MewahIlustrasi Makanan Mewah © npr.org

Porsi kecil juga dianggap bisa membuat tamu lebih fokus dengan rasa dari menu makanan yang disajikan. Lagi pula, restoran mewah biasanya memang menyajikan setidaknya 3 hingga 4 menu makanan bagi para tamunya.

5 dari 7 halaman

5. Desain dan Seni

Ilustrasi Makanan MewahIlustrasi Makanan Mewah © businessinsider.com

Kemudian alasan selanjutnya adalah desain dan nilai seni. Porsi makanan kecil dinilai sangat mendukung kreativitas koki untuk membuat desain dan menghasilkan karya seni makanan yang lebih bernilai.

6 dari 7 halaman

6. Porsi Kecil Tingkatkan Daya Tarik

Ilustrasi Makanan MewahIlustrasi Makanan Mewah © martinthornburg.com

Kalau pada poin yang satu ini, konsep 'Less is more' berlaku nih. Jadi restoran mewah biasanya menyajikan makanan dalam porsi kecil, karena yakin bahwan porsi yang tidak berlebih justru makin membuat tamu tertarik.

7 dari 7 halaman

7. Bikin Pelanggan Terngiang dengan Rasa

Ilustrasi Makanan MewahIlustrasi Makanan Mewah © eatdrinkplay.com

Menurut psikologi, rasa makanan akan terasa sangat nikmat pada saat gigitan keempat hingga kelima. Setelah itu, cita rasa makanan bisa makin dinikmati. Jadi lebih dari lima gigitan, katanya kita sudah gak terlalu bisa menikmati cita rasa makanan.

Nah itu dia 7 alasan kenapa makanan mewah selalu disajikan dengan porsi kecil. Gimana nih menurutmu?

Beri Komentar