Pengertian Web Browser dan Contohnya Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 8 Juli 2020 10:43
Pengertian Web Browser dan Contohnya Menurut Para Ahli
Pengertian web browser adalah perangkat lunak yang memiliki fungsi sebagai penyaji informasi di jaringan internet.

Pengertian web browser ialah sebuah program yang dirancang untuk menjelajah dan menyajikan berbagai konten dari berbagai sumber yang bisa dicari di internet.

Sedangkan menurut sumber lain menjelaskan, pengertian web browser merupakan software yang digunakan untuk mencari dan mengakses pada halaman web di internet.

Dilihat dari frasa katanya, web merupakan singkatan dari website, sedangkan browser adalah media penjelajah. Jadi, singkatnya definisi web browser ialah alat penjelajah halaman situs website di internet.

Nah, supaya kamu lebih paham dengan pengertian web browser, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Pengertian Web Browser dan Contohnya

Pengertian Web Browser © Diadona

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pengertian web browser adalah perangkat lunak untuk mengidentifikasi sumber informasi, yang berupa halaman website, gambar, video atau jenis konten lainnya.

Dengan begitu, adapun fungsi dari web browser adalah sebagai berikut, diantaranya:

1. Membuka suatu halaman website di internet.

2. Menerjemahkan script menjadi tampilan yang menarik.

3. Mendukung penyimpanan data halaman secara offline.

4. Memberikan dukungan untuk akses ke mesin-mesin pencari seperti google, yahoo dll.

Sedangkan, manfaat dari web browser ialah untuk menyimpan file-file yang di cari saat menjelajah internet, serta sebagai media untuk berjejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Google Plus.

2 dari 5 halaman

Pengertian Web Browser Menurut Para Ahli

Pengertian Web Browser © Diadona

Merujuk dari penjelasan di atas, adapun pengertian web browser menurut para ahli berikut ini yang bisa menambah wawasanmu:

1. Lia Kuwayatno

Menurut Lia Kuwayatno, web browser ialah perangkat lunak yang fungsinya untuk membuka website dengan cara menuliskan alamat situs yang dituju pada kotak address.

2. Smitdev Pahala

Sedangkan Smitdev Pahala berpendapat bahwa web browser merupakan lawan kata dari server yang tugasnya untuk menampilkan halaman website.

3. Ali Zaki

Web browser adalah sebuah program yang dijalankan untuk mengakses website dengan komputer dan jaringan internet, guna menjadi sebuah sambungan yang bisa dioperasikan.

3 dari 5 halaman

4. Rachmad Hakim

Menurut Rachmad Hakim, web browser merupakan aplikasi untuk menjelajahi di internet yang fungsinya guna menampilkan halaman web dengan dokumen yang disediakan oleh server.

5. Yuhevizar

Web browser adalah metode untuk menampilkan informasi di internet yang berupa gambar, terks, atau suara guna menghubungkan satu dokumen dengan dokumen lainnya.

6. Gutsav Pahala Frans

Pengertian web browser adalah aplikasi yang digunakan untuk mengoperasikan internet sebagai media browsing, serta menjelajahi dunia maya.

4 dari 5 halaman

Pengertian Web Browser dan Search Engine

Pengertian Web Browser © Diadona

Pengertian search engine merupakan program komputer yang khusus difungsikan untuk membantu pengguna dalam mencari berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan World Wide Web. Contohnya seperti Bing, MSN, Yahoo, dan Baidu.

Manfaat dari search engine sendiri ialah membantu menemukan informasi tertentu dari laman website serta meningkatkan branding melalui konten yang dikemas menggunakan Search engine optimization (SEO).

5 dari 5 halaman

Sedangkan, web browser adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyajikan sebuah informasi yang ada didalam jaringan internet.

Contoh web browser yang sering digunakan oleh pengguna internet, diantaranya, Mozilla Firefox, Safari, Opera, Google Chrome, dan UC Browser.

Itulah pengertian web browser dan beberapa contoh peramban web yang banyak digunakan saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu!

Beri Komentar