12 Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 11 Juli 2020 04:28
12 Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya
Penyebab laptop lemot bisa bermacam-macam. Mulai dari banyaknya program yang sedang berjalan atau mungkin hard drive yang rusak.

Penyebab laptop lemot bukan cuman karena laptop kamu yang udah usang. Ya mungkin benar, tapi ada berbagai masalah lain yang bisa kamu selesaikan sendiri tanpa harus ke tukang servis, atau ke malah beli yang baru.

Laptop yang lemot emang bikin senewen banget kan. Apalagi kalo pas buru-buru dipake. Pas lagi santai tuh laptop baik-baik aja, giliran kita lagi terburu-buru eh ada lemotnya. Ngeselin banget kan?

Coba cari tau dulu yuka ap aja sih kira-kira penyebab laptop lemot dan gimana sih cara mengatasinya?

1 dari 4 halaman

Penyebab Laptop Lemot

Penyebab Laptop LemotPenyebab Laptop Lemot © 2020 hellotech.com

Dengan tahu apa sih penyebab laptop lemot, kamu jadi tahu gimana cara mengatasi dan menghindarinya.

Program di Latar Belakang

Ada beberapa program yang terus berjalan di latar belakang walaupun program tersebut udah ditutup. Program-program ini dapat memakan daya pemrosesan yang bisa menjadi penyebab laptop lemot.

Program Startup Terlalu Banyak

Ada beberapa program yang biasanya bakalan langsung berjalan secara ototmatis begitu kamu menyalakan laptop. Inilah yang disebut dengan program startup dan merupakan penyebab laptop lemot yang paling umum.

Hard Drive Rusak

Harddrive adalah bagian dari laptop dan beputra ribuan kali dalam sehari. Harddrive ini bsia rusak karena umur, berkisar antara dua sampai tiga tahun dnegan pemakaian yang konsisten.

Hard Drive Penuh

Dikutip dari Techlicious, hard drive yang sudah penuh skeitar 95 persen bisa jadi penyebab laptop lemot hingga 50 persen/ Pada itik ini ngak ruang untuk menimpan file sementara untuk proses progarm berjalan, jadi seolah-olah OS nggak tahu cara menjalankan dengan benar lagi.

Coba deh cek dengan cara berikut:

Start -> Computer -> Klik kanan -> Hard Drive Primer

Terlalu Banyak Add-on pada Browser

Memang sih add-on bermanfaat banget untuk menaikkan fitur dari browser, tapi bisa juga jadi penyebab laptop lemot lho.

Beberapa add-n bisa berkedok memblokir popup atau perlindungan, tapi malah mungkin sebagai adware browser yang menjaid penyeba laptop lemot karena mengunduh iklan dan menampilkannya.

Menjalankan Program Terlalu Banyak

kemampuan laptop untuk menajlankan banyak progarm sekaligus bakalan bergantung sebagian pada RAM-nya, yang memungkinkannya buat berpindah dari pemprosesan satu program ke program yang lain. Tapi kalau kemampuannya ngak sesuai dengan jumlah program yang sedang kamu jalankan, wah, ini nih yang jadi penyebab laptop lemot.

Sama kayak cara mengatasi penyebab laptop lemot di mana ada banyak program yang berjalan di latar belakang, yakni dnegan Task Manager.

Terlalu Banyak Membuka Tab Browser

Nggak cuman terlalu banyak program aja, tapi tab yang terbuka terllau banyak juga mungkin banget jadi penyebab laptop lemot. Ini karena browser bakalan memonopoli RAM, sehingga hanya ada sisa sedikti untuk memproses program lain. Makanya laptop jadi lambat deh.

OS Udah Jadul

Kalau kamu belum mengupgradse Os kamu, mungkin ini lho penyebab laptop lemot. Karena bisa saja kamu jadi kehilangan pembaruan driver baru dan tambalan perangkat lunak. Ini bisa membuat laptop jadi lemot dan nggak terlindungi secara keamanan.

 

2 dari 4 halaman

Kenapa Laptop Lemot?

Penyebab Laptop LemotPenyebab Laptop Lemot © 2020 shutterstock.com/carballo

Antivirus

Lho kok bsia ya antivisrus jadi penyebab laptop emot? Ini karena program tersebut melakukan pemindaian latar belakang secar teratur yang menjadi penyebab laptop lemot.

Untuk cara mengatasi penyebab laptop lemot ini, coba deh atur antivirus biar melakukan pemindaian pada waktu tertentu, misalnya di malam hari. Meski saynagnya kadang fitur ini nggak tersedia pada antivirus gratisan.

Ada Virus

Kalau nggak antivirus, ya virusnya nih yang bisa jadi penyebab laptop lemot. Virus, spyware, dan malware lainnya membuat laptop jadi lemot dengan mengacaukan sistem perambah dan lainnya.

RAM Penuh

Penyeba komputer lemot bisa juga karena beberapa program yang menggunakan banyak RAM. Misanya nih kayak program edit foto atau video.

Terlalu Banyak File Sementara

Jadi file disimpan di laptop setiap kali kamu membaut atau memodifikasi file. Tandanya adalah file dengan namaberakhiran '.tmp'. Fiel ini biasanya bakalan hilang atau dihapus setelah kamu menutup program atau aplikasi.

Namun, ada saatnya laptop kamu nggak secara otomatis menghapus file-file ini. Akibatnya, file tersebut bisa mengambil ruang pada hard drive dan jaid penyebab laptop lemot.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Penyebab Laptop LemotPenyebab Laptop Lemot © 2020 shutterstock.com/sinara

Kalau laptop kamu lemot, jangan panik dulu. Coba deh beberapa trik ampuh berikut:

Menghentikan Program di Background

Gunakan Windows Task Manager untuk menutup program yang berjalan di latar belakang, yang menjadi penyebab laptop lemot. Untuk melakukannya, lakukan langkah berikut:
Ctrl + Alt + Delete
Task Manager

Coba deh lihat detail di sudut kiri bawah untuk tahu program mana sih yang menggunakan CPU dan memory banyak yang jadi penyebab laptop lemot. Kalau kebetulan program tersebut nggak sedang kamu gunakan dan nggak penting untuk fungsi jalan laptop kamu saat ini, maka bisa kamu akhiri.

Ganti HHD dengan SSD

Kalau penyebab laptop lemot memang dar hadisk, langkah pertama yang bsia kamu lakukan yakni dengan melakukan proses defrag.

Masih lemot juga? Coba ganti handsik kamu dengan Solid State Drive (SSD). SSd ini punya performa yang lebih kencang sehingga proses boting jadi lebih cepat.

Dan ya, harganya memang lebih mahal tapi sangat ampun untuk mengatasi penyebab laptop lemot.

Menghapus Add-on yang Tidak Dibutuhkan

Periksa browser trus trus nonaktifkan atau hapus ekstensi yang nggak benar-benar dibutuhkan.

Firefox : Tekan ombol menu yang terletak paling kanan, pilih Add-ons / Extensions, trus ketik disable atau remove.

Chrome : Klik kanan pada tombol ekstensi mana aja -> Manage Extensions.

Trus hapus centang pada kotak untuk menonaktifkan item tertentu, atau klik tempat sampah untuk membuangnya.

Update OS

Pastikan sistem operasi yang berjalan di laptop kamu selalu mutakhir biar laptop kamu nggak lemot dan bisa terlindungi.

Upgrade RAM

Beberapa laptop biasanay dibekali RAM berkisar antara 2 - 4 GB. Wah, nggak cukup banget dong itu karena untuk menjalankan software dnegan mulus dan licin kamu butuh paling enggak RAM sebesar 8 GB.

Trus gimana? Kamu bisa menambahkan RAM di slot yang tersedia.

Hapus File .tmp secara Manual

Kayak yang udah Diadona ulas, file ini umumnya bakalan terhapus secara otomatis. Tapi ada kalanya mereka bakalan tetap di laptop dan jadi penyebab laptop lemot.

Untuk mengatasinya, hapus secara manual. Klik ikon kaca pembesar di sudut kiri bawah layar, ketik Disk Cleanup, trus Open.

Di jendela pop-up yang muncul, pilih drive yang ingin kamu bersihkan dan klik OK . Terakhir, centang kotak di sebelah File sementara dan klik OK.

Tapi pastikan kamu hanya menghapus file yang nggka terpakai ya!

 

Beri Komentar