Di Masa Pandemi, OPPO Berhasil Kuasai Pasar Smartphone Asia Tenggara

Reporter : Yoyok
Rabu, 2 September 2020 19:50
Di Masa Pandemi, OPPO Berhasil Kuasai Pasar Smartphone Asia Tenggara
OPPO menyingkirkan Samsung yang berada di posisi dua

OPPO berhasil menguasai pasar smartphone di Asia Tenggara. Hal ini diketahui dari hasil laporan Counterpoint Research.

Counterpoint Research mengatakan bahwa pengapalan smartphone di Asia Tenggara mengalami penurunan 22 persen pada kuartae kedua tahun 2020. OPPO menjadi pemimpin pasar pada periode kedua tahun 2020.

OPPO pada kuartal kedua tahun ini menguasai pengapalan smartphone di Asia Tenggara dengan 20,3 persen pangsa pasar. Posisi kedua diisi oleh Samsung dengan 19,5 persen.

1 dari 4 halaman

24 Juta Unit

Dari segi harga, rentang harga 150 Dollar hingga 250 Dollar paling terdampak virus corona. Penurunannya sebesar 40 persen YoY.

Sementara tingkat harga di bawah USD 150 turun hanya 10 persen YoY. Data ini menunjukkan bahwa konsumen di pasar Asia Tenggara membeli produk dengan harga yang lebih murah.

Total pengapalan smartphone pada kuartal kedua tahun 2020 adalah 24 juta unit.

Ilustrasi Hape OPPO © Diadona

2 dari 4 halaman

Akibat Pandemi

" Sejak Covid-19 menyebar di beberapa negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Filipina, Myanmar, dan lainnya, akan sulit bagi pasar-pasar tersebut untuk sepenuhnya pulih pada Q3," ucap analis senior Counterpoint Research, Jin Suk Park.

" Namun, di banyak negara yang berusaha untuk tidak memberlakukan lockdown, pasar smartphone pada Q3 diperkirakan akan pulih secara bertahap dibandingkan Q2," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Peringkat

Sementara Oppo dan Samsung berada di posisi pertama dan kedua, di posisi ketiga ada Vivo yang 17,9 persen pangsa pasar.

Disusl Xiaomi di posisi keempat dengan 14 persen pangsa pasar. Dan ada Realme di posisi kelima dengan 12 persen pangsa pasar.

Beri Komentar