Cara Setting TV Digital tanpa Set Top Box dengan Mudah

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 7 November 2022 11:00
Cara Setting TV Digital tanpa Set Top Box dengan Mudah
TV digital cara settingnya gimana sih?

Cara setting TV digital tanpa set top box akan lebih mudah daripada TV yang masih membutuhkan tambahan STB. Ya, kamu hanya membutuhkan TV yang sesuai dengan spesifikasi khusus yang bisa menangkap siaran TV digital.

Cara setting TV digital tanpa set top box ini ramai dibicarakan saat pemerintah resmi menyuntik mati layanan TV analog sejak awal bulan November 2022. Bagi yang ingin tetap menikmati TV pilihannya ada dua, yakni menggunakan TV digital atau tetap menggunakan TV analog tapi harus menambahkan set top box atau STB.

Untuk cara setting set top box ada beberapa hari yang lalu sudah dibahas di artikel berikut. Nah, kali ini akan membahas sedikit tentang cara setting TV digital tanpa set top box. Yuk simak caranya bareng-bareng.

1 dari 4 halaman

1. Cek Merek TV

Cara Setting TV Digital tanpa Set Top Box © Diadona

Cara setting TV digital tanpa set top box yang pertama adalah dengan mengecek merk TV. Karena memanga da beberapa TV yang belum terdafrtar di situs Kominfo. Tapi, jika sudah terdaftar dan memenuhi spesifikasi, maka kamu tidak memerukan STB lagi.

Caranya gampang banget, langsung saja kunjungi https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/perangkat-televisi

Kemudian pilh kategori televisi dan masukkan binformasi merek dan tipe TV kamu.

Jika terdaftar, maka TV kamu akan secara otomatis bisa mendapatkan layanan siaran TV digital.

2 dari 4 halaman

2. Cek Fitur HDTV

Selanjutnya untuk cara setting TV digital tanpa set top box adalah dengan mengecek Fitur HDTV terlebih dahulu. Ini bisa kamu cek di Google apakah TV kamu tersebut mempunyai fitur HDTV atau pun DTV.

Jika tidak, kamu bisa mengeceknya di bagian body TV. Jadi, akan terlihat semacam label atau jack input built-in yang menyatakan kalau TV sudah memiliki fitur HDTV, DTV, Digital Ready, HD Ready, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In dan Digital Receiver.

Jika TV kamu sudah dibekali beberapa spesifikasi tersebut maka akan bisa mendapatkan siaran TV digital.

3 dari 4 halaman

3. Smart TV atau pun Android TV

Cara setting TV digital tanpa set top box yang selanjutnya adalah dengan menggunakan Smart TV atau pun Android TV. karena keduanya bisa langsung mendapatkan saran TV digital melalui sambungan internet.

Bahkan, dengan Android TV, televisi bisa terhubung ke Google Plasystore dan bisa digunakan untuk streaming di berbagai platform.

Namun, jika kamu tidak memiliki Smart TV ataupun Android TV dan TV kamu belum memenuhi spesifikasi, kamu langsung bisa menggunakan tambahan Set Top Box. dan pastikan Set Top Box yang kamu gunakan sudah diseritifikasi oleh Kominfo.

Jadi itu ya guys beberapa cara setting TV digital tanpa set top box. Selamat mencoba ya Diazens!

Beri Komentar