Waspada! Apa itu Spin Maze yang Terinstall Sendiri di HP? Begini Cara Hapusnya yang Ampuh

Reporter : Aditia
Jumat, 4 November 2022 16:18
Waspada! Apa itu Spin Maze yang Terinstall Sendiri di HP? Begini Cara Hapusnya yang Ampuh
Aplikasi Spin Maze mengandung Malware yang membahayakan pengguna, ini fakta dan cara mudah menghapusnya

Aplikasi Spin Maze menghebohkan pengguna Android khususnya Vivo dan Oppo. Kedua merk smartphone ini gempar dengan adanya aplikasi Spin Maze yang tiba-tiba terinstall sendiri di HP tanpa persetujuan pengguna.

Pasalnya, aplikasi Spin Maze ini tidak diinstall dengan kemauan pengguna melainkan terinstall dengan sendirinya. Aplikasi Spin Maze juga diduga mengandung Malware yang dapat membahayakan pengguna HP.

Diketahui aplikasi ini berasal dari aplikasi TouchPal yang tertaut pada HP Vivo dan Oppo. Kedua merk HP ini memang menggunakan keyboard TouchPal yang tak bisa diuninstall dan diberhentikan.

Pengguna kedua merk HP ini pun menyayangkan dan resah dengan kebijakan yang tak bisa menghapus dan menghentikan notifikasi dari TouchPal sampai terinstall dengan sendirinya aplikasi Spin Maze tersebut.

1 dari 4 halaman

Apa itu Spin Maze?

Aplikasi Spin Maze merupakan aplikasi yang akan mengarahkan pengguna ke sebuah website yang mengandung Malware. Malware “ clicker" akan mengirimkan permintaan HTTP untuk mengunduh konfigurasi jarak jauh.

Konfigurasi tersebut dikatakan akan tersambung dengan FCM (Firebase Cloud Messaging), guna menerima push notification.

Pengguna yang menjadi korban installasi tanpa izin akan sulit menghapus aplikasi ini. Biasanya, setelah menghapus, aplikasi, Spin Maze akan kembali terinstall dengan sendirinya. Bahkan, aplikasi ini bisa terinstall hingga lebih dari 2 aplikasi yang sama.

2 dari 4 halaman

Berawal dari TouchPal

Pengguna smartphone khususnya Vivo dan Oppo mengaku aplikasi Spin Maze ini didapat dari aplikasi TouchPal sebagai aplikasi yang menyediakan dan tertaut di dua merk HP tersebut.

Apabila pengguna melihat pengaturan aplikasi, TouchPal mengakses beberapa izin seperti notifikasi produk, kontak HP, Penyimpanan, hingga SMS dan telepon.

Sayangnya, aplikasi TouchPal tidak dapat dihapus bahkan dihentikan notifikasinya. Aplikasi TouchPal yang terinstall di kedua merk HP ini tersedia dalam beberapa versi negara.

Bahkan, salah satu pengguna mengaku sebelum aplikasi Spin Maze terinstall, terdapat beberapa notifikasi judi online hingga game online dengan bahasa Hindi hingga bahasa yang tidak dimengerti pengguna.

3 dari 4 halaman

Bahaya Aplikasi Spin Maze

Aplikasi seperti Spin Maze dengan Malware ini cukup berbahaya dan tidak aman sebab skema konfigurasi dan FCM kerap dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan, penipuan, hingga iklan yang tidak diinginkan muncul di notifikasi HP.

Apabila pelaku kejahatan berhasil membuat aplikasi Malware terinstall di HP pengguna, pelaku kejahatan tersebut akan mengakses dan menjelajahi satu per satu konten seperti kontak HP, Penyimpanan, Galeri, SMS, hingga Telepon.

Kemudian, aplikasi ini akan mengakses data pribadi, kebiasaan pengguna, dan penyimpanan guna dipelajari untuk dijadikan tindak kejahatan seperti menaruh iklan yang berbahaya atau mungkin mengganggu sistem yang berjalan, malware juga dapat mencuri data-data yang penting, mengubahnya, dan bahkan mengendalikan sistem yang ada.

Aplikasi Malware tersebut akan membangun sebuah lalu lintas jaringan dan menggunakan banyak daya smartphone serta pencurian data seperti di atas tanpa sepengetahuan korban.

4 dari 4 halaman

Cara Mudah Menghapus Spin Maze

Salah satu yang dapat pengguna lakukan adalah dengan menghapus Spin Maze atau menghentikan tindakan menginstall sendiri di HP pengguna. Nah, berikut cara mudah dan ampuh untuk menghapus aplikasi Spin Maze tanpa terinstall lagi.

  • Install aplikasi Google Board (Gboard) di Playstore
  • Masuk dan buka pengaturan setting di dalam HP
  • Pilih pengaturan bahasa dan masukan atau tempat pengaturan keyboard
  • Pilih Gboard sebagai keyboard utama HP

Cara menghentikan aplikasi Spin Maze Terinstall:

  • Buka setting dan masuk ke pengaturan aplikasi
  • Pilih Touchpal kemudian hapus data aplikasi
  • Pada menu izin aplikasi, matikan semua izin
  • Terakhir, paksa berhenti aplikasi Touchpal

Berikut tadi informasi mengenai apa itu Spin Maze, cara mudah menghapus Spin Maze, dan langkah-langkah agar Spin Maze tidak terinstall lagi. Silahkan dicoba ya Diazens.

 

Beri Komentar