Asal-usul 'Friend Zone', Siapa sih yang Pertama Nyiptain Istilah Tersebut?

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 24 Juni 2020 19:40
Asal-usul 'Friend Zone', Siapa sih yang Pertama Nyiptain Istilah Tersebut?
Ternyata gini toh asal mulanya....

Istilah friend zone biasanya kita pakai untuk menggambarkan situasi di mana ada seseorang (bisa diri sendiri atau orang lain) yang cuma dianggap teman biasa oleh orang yang disukai. Itulah kenapa disebut 'friend zone', karena cuma berada di zona pertemanan.

Sebelum istilah friend zone merebak di tahun 2010an berbarengan dengan era media sosial, sepertinya situasi seperti itu digambarkan dengan kalimat 'cuma dianggap temen'. Satu kata lebih boros, tapi punya arti yang sama dengan istilah 'friend zone'.

Yang jadi pertanyaan, siapa sih yang pertama kali memakai istilah friend zone?

1 dari 3 halaman

Meski populer di era modern, ternyata istilah friend zone justru sudah muncul di tahun 90-an lho. Istilah itu bahkan terkandung dalam sebuah sitkom paling populer di era tersebut.

Adalah Joey Tribbiani, salah satu karakter dari sitkom populer Friends yang pertama kali menggunakan istilah 'friend zone'. Joey mengucapkannya dalam season perdana sitkom tersebut, tepatnya pada episode tujuh yang berjudul The One with the Blackout.

Joey mengatakannya saat memberi saran untuk karakter lain, Ross, untuk mengungkapkan perasaannya pada Rachel sebelum dirinya terjebak dalam sesuatu yang disebut sebagai friend zone.

Joey Tribbiani © Diadona

2 dari 3 halaman

Episode Friends tersebut ditayangkan pada tahun 1994, jauh sebelum istilah friend zone kemudian meledak pada medio 2012-an.

Beri Komentar