Berbagai Macam Cara Membuat TikTok Kamu Jadi Lebih Asik dan Menyenangkan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 7 November 2022 10:57
Berbagai Macam Cara Membuat TikTok Kamu Jadi Lebih Asik dan Menyenangkan
TikTok menjadi aplikasi paling favorit di dunia saat ini. Cari tahu cara membuat Tik Tok agar lebih menyenangkan!

Siapa yang tidak kenal Tik Tok? Yap, aplikasi pemutar video pendek asal Tiongkok ini menjadi salah satu aplikasi paling favorit di dunia. Ayo cari tahu cara membuat tik tok menjadi asik versi kamu!

Tak heran banyak content creator baru yang lahir akibat munculnya tik tok. Jadi ayo simak cara membuat tik tok kamu bisa jadi lebih menyenangkan untuk dimainkan!

 

1 dari 4 halaman

Cara Membuat TikTok Baru

Ilustrasi TikTok © Diadona

Pertama-tama kamu perlu membuat akun tik tok baru. Dilansir dari tiktok berikut cara membuat tik tok baru!

1. Unduh TikTok dari Google Play atau App Store.

2. Buka aplikasi.

3. Ketuk Profil di kanan bawah.

4. Pilih metode untuk mendaftar.

Untuk menambah atau mengubah foto profil atau video:

1. Ketuk Profil di kanan bawah.

2. Ketuk Edit Profil.

3. Ketuk Ubah Foto atau Ubah Video.

4. Untuk foto, pilih Ambil foto atau Pilih dari Galeri. Untuk video, pilih dari galeri Anda.

Catatan: Foto profil tidak akan terlihat di profil Anda setelah video profil ditetapkan. Foto harus minimal 20x20 piksel agar dapat diunggah.

Cara mengganti nama pengguna Anda:

1. Di aplikasi TikTok, ketuk Profil di bagian bawah.

2. Ketuk Edit profil.

3. Masukkan nama pengguna yang ingin Anda gunakan.

4. Ketuk Simpan.

Catatan: Nama pengguna Anda hanya dapat diubah satu kali setiap 30 hari. Nama pengguna hanya boleh berisi huruf, angka, garis bawah, dan titik. Namun, titik tidak boleh diletakkan di akhir nama pengguna.

Untuk menambah akun media sosial lain ke profil TikTok:

1. Ketuk Profil di kanan bawah.

2. Ketuk Edit profil.

3. Pilih Tambah Instagram ke profil Anda atau Tambah YouTube ke profil Anda untuk menautkan akun media sosial Anda.

Untuk mengubah preferensi bahasa:

1. Ketuk Profil di kanan bawah.

2. Ketuk ikon 3-garis di kanan atas untuk membuka pengaturan.

3. Ketuk Pengaturan dan Privasi.

4. Ketuk Basa Apl.

5. Pilih bahasa pilihan Anda dari daftar tersebut.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat TikTok Shop

Cara Membuat TikTok Shop © Diadona

Nyatanya kamu nggak hanya bisa cari hiburan tapi juga bisa cari cuan di tiktok! Dilansir dari dewa web, berikut cara membuat tik tok shop biar makin cuan!

1. Kunjungi situs Tik Tok Shop Seller

Langkah pertama untuk mengaktifkan TikTok Shop yaitu buka laman situs TikTok Shop Seller Center di perangkat yang kamu gunakan. Setelah itu, kamu perlu mendaftarkan akun sebagai seller TikTok. 

2. Login/daftar akun TikTok Seller

Cara selanjutnya untuk mengaktifkan TikTok Shop adalah mendaftar akun seller. Jika kamu belum pernah mendaftar sebagai seller, kamu dapat mendaftar menggunakan akun TikTok yang kamu miliki dengan mengklik opsi Sign up with TikTok Account. Kalau kamu sudah pernah terdaftar sebagai seller, kamu tinggal melakukan login ke akun tersebut.

3. Lengkapi informasi toko

Setelah berhasil login dan mendaftar akun seller, tahap selanjutnya adalah melengkapi informasi toko untuk memaksimalkan penjualanmu. Isi lokasi toko dan nomor kontak yang bisa dihubungi, setelah itu klik Start to add products.

4. Verifikasi TikTok Shop

Sebelum produk kamu bisa dijual di TikTok Shop, kamu harus memverifikasi dokumen terlebih dahulu. Klik Verify documents pada homepage, kemudian klik Upload Documents.

Lengkapi data-data yang dibutuhkan mengenai penjual. Isi jenis bisnis, apakah korporat atau perorangan. Jika perorangan, kamu perlu memverifikasi data pribadi seperti KTP atau passport. Kemudian, kamu harus mengupload foto KTP dalam format .pdf, .jpeg, .jpg, atau .png. Pastikan foto menampilkan KTP dengan jelas dan ukuran file tidak melebihi 10 MB ya.

5. Menambahkan produk ke TikTok Shop

Kamu bisa mulai menambahkan produk yang akan dijual ke TikTok. Caranya, kembali ke homepage, kemudian klik opsi Add First Product lalu Add Product (Untuk mengupload produk ke TikTok Shop, lengkapi dulu deskripsi produk yang akan kamu jual. Isi nama produk, kategori, dan pilih brand atau tambahkan brand baru ke TikTok Shop)

3 dari 4 halaman

Cara Membuat TikTok Foto Galeri

Cara Membuat TikTok foto galeri © Diadona

Nah ini jadi hal fundamental kalau mau jadi content creator tik tok, yaitu cara membuat tik tok foto galeri dari rancah post!

  • Buka aplikasi TikTok yang terinstall di HP-mu.

  • Klik icon tambah (+), lalu klik Unggah > Gambar. Tandai foto mana saja yang akan ditambahkan. Jika sudah, klik Berikutnya.

  • Membuat video TikTok dengan cara ini bisa juga menambahkan foto dan video.

  • Dilanjut ke proses pengeditan untuk menambahkan musik, efek, teks, dan stiker atau tools pengeditan lainnya. Klik Berikutnya.

  • Terakhir, tambahkan caption dan kamu bisa mengatur privasi pada slide foto tersebut. Klik Posting untuk mengunggah. Selesai!

 

4 dari 4 halaman

Cara Membuat TikTok FYP

Ilustrasi TikTok © Diadona

Dilansir dari tokopedia ada cara membuat tik tok fyp agar engagement kamu meningkat dan bisa cari cuan dari sponsor juga! Yuk simak caranya!

1. Jangan Berpatok pada Kuantitas

Kamu tidak perlu terus-terusan meng-upload video yang kamu sebenarnya tidak terlalu puas akan kualitasnya, hanya karena merasa harus banyak publikasi konten!

2. Buat Konten yang Berkualitas

Hindari mengunggah video dengan kualitas gambar rendah dan buram. Kamu juga meningkatkan kualitas konten dengan editing. Bereksperimen lah dengan filter atau teknik transisi agar konten lebih menarik untuk ditonton. 

3. Buat Video dengan Durasi Pendek

Karena TikTok merupakan platform video pendek, pengguna akan lebih tertarik dengan video yang berdurasi kurang dari 1 menit. 

4. Gunakan Sound yang Trending

Sama seperti hashtag, penggunaan sound atau lagu yang trending juga dapat membantu kontenmu dilihat oleh lebih banyak orang. Kamu bisa mencari sound yang sedang trending di menu “ Discover” atau menggunakan sound yang sedang banyak digunakan di konten unggahan followers kamu.

5. Pakai Sound yang Followers Suka

Jika kamu menggunakan akun TikTok Pro (gratis) dan memiliki 100 followers, kamu bisa mendapatkan analytics tentang pengikut kamu, dan sounds yang ada di video yang mereka tonton selama satu minggu terakhir.

6. Manfaatkan Hashtag dengan Tepat

Banyak orang yang mengira #ForYou, #FYP dan sebagainya akan memperbesar angka penonton. Namun, cara tersebut belum tentu efektif untuk membuat suatu konten viral di TikTok.

7. Ikuti Tren Terkini

Kamu perlu memperhatikan, tren apa sih yang sedang naik belakangan? Bagaimana cara tahunya? Kamu bisa lihat saja di For You Page kamu sendiri.

8. Berinteraksi dengan Followers

Berinteraksi dengan followers seperti memberi like, atau membalas comments dapat meningkatkan engagement kamu.

9. Bangun Engagement

Strategi lain dalam membangun engagement adalah untuk menulis pertanyaan di caption video kamu. Pertanyaan di dalam caption seperti, “ kalau menurut kalian bagaimana?” mengajak orang untuk turut menulis comments  dan berinteraksi dengan konten kamu.

10. Gunakan Caption yang Menarik

Selain durasi video yang pendek, penggunaan caption yang pendek dan menarik juga akan membantu kontenmu untuk FYP.

11. Unggah Konten Saat Prime Time

Unggahlah konten di sela-sela waktu jam kerja istirahat antara pukul 12.00 hingga 13.00 dan waktu pulang kerja sekitar pukul 16.00 atau 17.00.

Jadi begitu berbagai macam cara membuat tik tok kamu jadi lebih asik dan bermanfaat tentunya! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Penulis: Akhiroel Mohammad Effendi

Beri Komentar