5 Cara Memulihkan Akun Google yang Terkunci, Lupa Password dan Kehilangan Akses

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 10 Januari 2024 12:04
5 Cara Memulihkan Akun Google yang Terkunci, Lupa Password dan Kehilangan Akses
Cara memulihkan akun Google atau Gmail bisa melalui tiga pilihan yakni dengan email pemulihan, nomor pemulihan, dan juga pertanyaan keamanan.

Cara memulihkan akun Google atau Gmail mungkin salah satu hal yang penting untuk diketahui. Apa lagi di zaman serba digital seperti saat ini, akun Google atau Gmail adalah akun yang sangat berguna untuk banyak hal. Maka dari itu, jika akun ini terkunci, hilang akses, dan juga lupa kata sandi maka nggak mau harus dipulihkan.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memulihkan akun Google yang terkunci atau pun kehilangan akses. Caranya bisa dipulihkan lewat email pemulihan, nomor pemulihan, atau pun dengan pertanyaan keamanan akun Google.

Diadona telah merangkum cara memulihkan akun Google atau Gmail yang bisa kamu tiru dari berbagai sumber. Semuanya bisa kamu coba sesuai kebutuhan kamu. Jadi, langsung saja kita simak beberapa cara di bawah ini, check this out!

1 dari 6 halaman

Cara Memulihkan Akun Google dengan Nomor Telepon Pemulihan

Cara Memulihkan Akun Google © Diadona

Cara memulihkan akun Google atau Gmail yang pertama bisa kamu lakukan dengan menggunakan nomor telepon pemulihan. Nomor telepon ini adalah nomor yang kamu gunakan saat daftar atau membuat akun Google pertama kali. Nantinya, kode pemulihan akun akan dikirimkan ke nomor telepon tersebut.

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkahnya. Yuk tengok bareng-bareng.

  • Pertama langsung saja buka halaman pemulihan akun di https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in
  • Kemudian masukan email akun yang akan dipulihkan dan klik Berikutnya.
  • Lalu kamu akan diminta untuk memasukkan password, nah karena sedang lupa passwordnya klik pada pilihan ‘Try Another Way’.
  • Kemudian, nantinya kita akan mendapatkan pemberitahuan kode verifikasi melalui nomor ponsel yang didaftarkan pada akun Google.
  • Nah, kamu pilih salah satu metode yang ingin kamu gunakan. Kamu bisa memilih menerima kode via pesan teks atau pun panggilan telepon.
  • Jika sudah, kamu bisa langsung melihat kode verifikasi yang dikirimkan dan masukkan kodenya ke kolom di laman akun Google.
  • Kemudian, klik Next dan kamu buat saja kata sandi yang baru dan tinggal klik ‘Save Password’ jika sudah selesai.
  • Jika semuanya sudah selesai, masuk lagi ke akun Google dengan kata sandi baru. Selesai deh.

Jadi itu adalah cara memulihkan akun Google atau Gmail dengan menggunakan nomor telepon pemulihan. Ini bisa jadi adalah cara paling cepat dan mudah yang bisa kamu lakukan. Lanjut ke cara yang kedua ya.

2 dari 6 halaman

Cara Memulihkan Akun Google dengan Email Pemulihan

Cara Memulihkan Akun Google © Diadona

Kedua, cara memulihkan akun Google atau Gmail yang kedua adalah dengan menggunakan email pemulihan. Sama seperti nomor pemulihan, pemulihan menggunakan email ini adalah dengan email yang kamu daftarkan saat kamu pertama kali membuat email Google atau Gmail.

Begini caranya Diazens:

  • Pertama langsung saja buka halaman pemulihan akun di https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in
  • Kemudian masukan email akun yang akan dipulihkan dan klik Berikutnya.
  • Lalu kamu akan diminta untuk memasukkan password, nah karena sedang lupa passwordnya klik pada pilihan ‘Try Another Way’.
  • Setelah itu nanti muncul email pemulihan yang sudah pernah kamu daftarkan, selanjutnya masukan kode pada kolom berikut dan pilih Berikutnya.
  • Jika kode pemulihan sudah masuk, maka langsung saja Gunakanlah kode verifikasi tersebut untuk masuk ke akun Google dan klik ‘Next’, pada laman akun Google.
  • Terakhir, teman-teman akan menuju ke laman di mana kita harus membuat kata sandi baru.
  • Kemudian, klik Next dan kamu buat saja kata sandi yang baru dan tinggal klik ‘Save Password’ jika sudah selesai.
  • Jika semuanya sudah selesai, masuk lagi ke akun Google dengan kata sandi baru. Selesai deh.

Cara memulihkan akun Google atau Gmail dengan email pemulihan ini sama mudahnya dengan menggunakan nomor telepon di nomor pertama tadi. Kuy ke cara yang ketiga Diazens.

3 dari 6 halaman

Cara Memulihkan Akun Google dengan Pertanyaan Keamanan Akun Google

Cara Memulihkan Akun Google © Diadona

Terakhir untuk cara memulihkan akun Google atau Gmaill adalah dengan menggunakan pertanyaan keamanan yang sudah kamu tentukan saat pertama kali membuat akun Google. Caranya hampir sama dengan dua cara sebelumnya ya.

Begini cara memulihkan akun Google dengan menggunakan pertanyaan keamanan.

  • Langsung saja kamu buka halaman pemulihan akun di sini https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in
  • Kemudian masukan alamat email akun Google kamu yang akan dipulihkan lalu pilih Berikutnya.
  • Jika sudah, masukan kata sandi akun Google, klik Berikutnya.
  • Selanjutnya Google akan memberikan beberapa pertanyaan, pilih pertanyaan yang sekiranya bisa kamu jawab.
  • Apabila jawabannya benar, selanjutnya kamu akan diminta untuk membuat sandi baru untuk login ke akun tersebut.
  • Masuk kembali pada akun Google dengan sandi yang baru.

4 dari 6 halaman

Pemulihan Akun Google yang Terhapus

Pemulihan Akun Google yang Terhapus © Diadona

Melansir dari laman Google Help, akun yang baru saja dihapus masih mungkin untuk dipulihkan. Namun, jika sudah sihapus dalam waktu yang lama, maka kemungkinan besar akun tidak bisa dipulihkan. Bagaimanapun, harus tetap dicoba ya, Diazens.

Google dalam keterangannya menuliskan, jika dalam langkah pemulihan ini kamu akan diberi beberapa pertanyaan untuk mengonfirmasi bahwa akun tersebut benar-benar milik kamu ya, Diazens. Pokoknya, jawab dengan sebaik-baiknya sesuai dengan pertanyaan yang ada.

Kemudian, jika kamu bisa mendapatkan akun kamu, maka segera ganti sandi dengan yang terbaru. Tetapi, jika akun yang kamu cari tidak bisa diakses, maka satu-satunya cara yaitu adalah membuat akun baru.

Jadi, bagi kamu yang belum tahu, akun Google akan otomatis dihapus setelah tidak digunakan dalam jangka waktu dua tahun. Jika selama waktu tersebut tidak ada aktivitas sama sekali, maka Google berhak menghapus akun kamu dan semua file yang ada di dalamnya.

5 dari 6 halaman

Pemulihan Akun Google Lupa Sandi dan Nomor Tidak Aktif

Pemulihan Akun Google © Diadona

Kemudian, bagaimana jika lupa kata sandi sekaligus nomor pemulihan sudah tidak aktif lagi? Tenang, akun kamu masih bisa kamu akses kok meskipun sulit hehehe.

Masih dari laman Google Help, ada satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini. Yaitu memulihkan dengan Dukungan akun yang sudah disediakan oleh Google. Caranya agak rumit sih. Tapi worth to try kok, Diazens.

  • Pelajari Panduan Pemulihan " Lupa Kata Sandi" untuk mengetahui langkah apa saja yang akan kamu lewati dalam formulir tersebut.
  • Pastikan kamu menggunakan koneksi internet, perangkat (tablet, ponsel, atau komputer), dan lokasi yang sering atau pernah kamu gunakan mengakses akun tersebut.
  • Isi seluruh pertanyaan yang ada dalam formulir pemulihan akun (kata sandi yang pernah dipakai, alamat email, atau nomor ponsel). Jika kamu tidak yakin atau tidak mengetahui dengan jawaban tersebut, kamu dapat menebaknya.
  • Tidak melakukan pengisian formulir berkali-kali sebelum kamu mendapatkan jawaban akhir dari Google karena akan menghambat proses pemulihan yang sedang berjalan.

Pokoknya dicoba aja dulu, siapa tahu bisa dan berhasil.

Beri Komentar