Cara Memotong Wortel Bentuk Bunga untuk Sayur dan Garnish

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 24 Desember 2022 23:26
Cara Memotong Wortel Bentuk Bunga untuk Sayur dan Garnish
Dengan sedikit ketrampilan, kamu bisa memotong wortel bentuk bunga untuk membuat sajian makin menarik

Memotong wortel dalam bentuk bunga adalah salah satu cara untuk menghadirkan sayuran tinggi gizi ini dalam sajian yang menarik. Terlebih untuk anak-anak yang harus dirayu agar mau makan sayur nih!

Dalam sebuah sajian, wortel ngasih tekstur dan warna yang menarik. Ditambah dengan manfaat kesehatannya yang tidak diragukan lagi. Jadi nggak ada salahnya sih mengambil beberapa menit eksra untuk memotong wortel dalam bentuk bunga atau lainnya untuk meningkatkan tampilan hidangan. Seperti apa caranya? Ribet nggak sih?

1 dari 2 halaman

Cara Memotong Wortel Bentuk Bunga

Cara Memotong Wortel Bentuk Bunga © Diadona

Pertama, kupas dan cuci wortel hingga bersih. Beberapa sayur memang lebi baik dikonsumsi dalam keadaan mentah untuk menjaga kandungan gizinya. Tapi untuk wortel nih, proses pemasakan akan meningkatkan jumlah betakaroten yang bisa diserap oleh tubuh.

Siapkan talenan, letakkan wortel dalam posisi horizonta lalu potong jadi dua bagian sama panjang. Jangan lupa potong bagian ujungnya ya!

Selanjutnya buatlekukan berbentuk V dengan menggunakan mata pisau. Potong dengan hati-hati dengan sudut V sebesar 45 derajat. Jangan buat lekukan terlalu dalam ya karena bisa membuat kelopak wortel jadi teralu persegi.

Bikin empat atau lima buah V dalam satu potong wortel tergantung pada berapa jumlah kelopak bunga yang ingin terbentuk.

Selanjutnya letakkan wortel secara mendatar di atas talenan lalu potong tipis-tipis. Dan jadi deh!

2 dari 2 halaman

Cara Memotong Wortel Bentuk Bunga untuk Garnish

Cara Memotong Wortel Bentuk Bunga © Diadona

Cara memotong wortel bentuk bunga seperti di atas cocok banget bila wortel akan diolah menjadi sup atau tumis. Namun wortel juga bisa digunakan sebagai garnish atau hiasan lho! Begini carnya :

Ambil wortel segar dan potong 4 cm dari atas. Biasanya bagian wortel ini dibuang, tapi sekarang kita akan menggunakannya untuk membuat bunga mawar.

Kupas menggunakan pisau tajam. Kupas tipis aja yaa

Mengupasnya tidak diperlukan untuk memakan wortel. Ini terutama untuk membuat hasil akhir terlihat lebih baik. Setelah dikupas, potong kecil-kecil dari atas.

Oke kita mulai dengan kelopak pertama. Dengan menggunakan pisau ukir, tusukkan pisau sekitar 1 cm ke dalam wortel, tepat di bawah bagian atasnya. Miring ke bawah, potong semacam bentuk gelombang dengan panjang seperempat keliling wortel. Buat potongan yang sama sedikit di bawah yang ini dan keluarkan daging yang ada di antara potongan ini. Sekarang buat kelopaknya setipis mungkin dengan memotong daging di atas potongan pertama yang baru kamu buat.

Ulangi prosedur tersebut sampai kamu punya banyak kelopak di sekeliling wortel. Sekarang trus pastikan kelopaknya melengkung ke dalam dengan memotong daging dari atas dengan sudut 45 derajat. Lakukan ini di sekitar bagian atas. Selanjutnya nih dengan menggunakan potongan bentuk gelombang yang sama, buat kelopak terakhir.

Pantengin video di bawah ini aja deh biar lebih jelas.

Beri Komentar