Cara Buat Akun Google Buat Kamu yang Belum Tahu, Nggak Ribet dan Mudah Banget!

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 14 Oktober 2021 10:00
Cara Buat Akun Google Buat Kamu yang Belum Tahu, Nggak Ribet dan Mudah Banget!
Cara buat akun Google itu sebenernya mudah banget kok. Tinggal kamu mau atau enggak aja hehe.

Cara buat akun Google adalah hal yang sebenarnya cukup mudah. Apa lagi saat ini kita semua sudah sangat akrab dengan dunia digital di mana nantinya akun Google ini akan berguna untuk kegiatan tersebut. Oh iya, akun Google ini bisa dibuta melalui laptop atau pun HP guys.

Cara buat akun Google ini nampaknya harus kamu kamu ketahui dengan baik. Pasalnya jika kamu nani bisa membuatnya, akun ini akan sangat berguna loh. Contoh kecilnya adalah kamu bisa mendaftar ke berbagai sosial media dengan menggunakan akun ini. Kamu juga bisa memulai berjualan di market place yang daftarnya nanti juga menggunakan akun ini.

Nah, biar kamu nggak bingung kalau mau membuat akun Google, Diadona.id telah merangkum cara-caranya dari berbagai sumber loh. Cara buat akun Google ini tentunya nggak pake ribet dan mudah banget. Jadi, yuk simak cara-caranya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Cara Buat Akun Google di PC atau Laptop

Cara buat akun GoogleCara buat akun Google © Unsplash.com

Cara buat akun Google yang pertama bia kamu lakukan dengan menggunakan PC atau laptop. Caranya juga sangat mudah kok, kamu hanya perlu menyiapkan PC atau laptop dan jangan luap koneksi internet yang baik dan stabil.

1. Masukkan alamat www.gmail.com atau cukup ketikkan 'gmail' pada peramban atau web browser.

2. Kemudian, klik create an account dan kemudian sebuah kotak akan terbuka.

3. Isi data diri dengan lengkap dan benar. Kemudian, pada isian setelah nama, kamu bisa memilih nama untuk username atau alamat email kamu.

4. Jika ternyata terdapat tulisan “ That username is taken. Try another." itu tandanya username yang kamu pilih sudah dipakai atau digunakan oleh orang lain. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka.

2 dari 5 halaman

5. Lalu, isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar.

6. Setelah itu, klik “ Next Step”, akan muncul beberapa poin persyaratan dan persetujuan. JIka sudah kamu baca langsung saja klik pada “ I Agree”.

7. Dan ya, kamu telah memiliki akun Gmail sekarang.

Pastikan passwordnya hanya kamu yang tahu ya, biat nantinya tidak disalahgunakan oleh orang lain.

3 dari 5 halaman

Cara Buat Akun Google di HP atau Smartphone

Cara buat akun GoogleCara buat akun Google © Unsplash.com

Seperti halnya cara buat akun Google di laptop, di cara ini kamu harus menyiapkan smaerphone kamu terlebih dahulu. Jangan lupa juga pastikan koneksi internet kamu aman ya biar proses pembuatan akunnya berjalan lancar.

1. Cari dan buka menu setting atau pengaturan yang berada di HP kamu.

2. Kemudian, cari menu account atau akun. Pilih add account atau tambah akun, tinggal tap atau ketuk aja.

3. Jika sudah, cari ikon Google. Kemudian pasti akan muncul pilihan 'sign in' dan 'create a new account', dan untuk membuat email baru langsung aja pilih create a new account.

4. Isi nama depan dan nama belakang kamu, lalu klik next. Jangan pula juga untuk mengisi tanggal lahir dan jenis kelamin, lalu klik next.

5. Pilih nama sebagai username kamu, lalu klik next.

4 dari 5 halaman

6. Nah, jika ternyata terdapat tulisan “ That username is taken. Try another” itu tandanya username yang kamu pilih sudah dipakai atau digunakan oleh orang lain. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka. Jika sudah, klik next.

7. Selanjutnya adalah menentukan password. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan kombinasi huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Ingat baik-baik dan jangan sampai lupa samakan isian kolom atas dengan bawah. Jika sudah, klik next.

8. Jika sudah akan muncul kotak Privacy and Terms, lalu klik pada tombol 'I Agree'.

9. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password. Klik Next.

10. Aplikasi akan memproses. Setelah itu akan ada pemberitahuan yang mengatakan bahwa kamu telah memiliki akun Gmail baru. Sangat mudah bukan cara membuat email baru di HP. Sepertinya, nggak akan lebih dari 10-15 menit deh hehe.

Nah jika akun Google milik kamu sudah jadi kamu bisa menggunakannya untuk berbagai kepeluan dunia digital kamu loh. Selain itu, kamu juga bisa menikmati beberapa pelayanan Google lainnya seperti YouTube, Google Drive, Google Docs dan lain sebagainya.

Jadi begitu lah cara buat akun Google yang pastinya anti ribet dan mudah banget. Semoga ini bisa membantu kamu ya dan selamat mencoba!

Beri Komentar