14 Macam Penyakit Kelamin pada Pria dan Wanita, Bisa Muncul Karena Kebersihan yang Tak Terjaga

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 15 Maret 2021 16:55
14 Macam Penyakit Kelamin pada Pria dan Wanita, Bisa Muncul Karena Kebersihan yang Tak Terjaga
Ada macam penyakit kelamin yang berpengaruh pada kesuburan penderitanya

Macam penyakit kelamin muncul karena hubungan seksual yang tidak aman. Tapi tak menutup kemungkinan juga bisa terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan di area genital

Macam penyakit kelamin pada pria dan wanita hampir serupa, misalnya genore, sipilis, herpes, klamidia hingga HIV. Sebagian besar terjadi karena hubungan seksual yang tidak aman dan kurangnya kesadaran kesehatan seksual.

Penyakit kelamin kerap dikaitkan dengan penggunaan jasa prostitusi dan infeksi menular seksual. Padahal, tak memungkinkan ini juga terjadi pada seorang yang melakukan hubungan monogami yang tak mengetahui riwayat aktivitas seksual pasangan atau pasangan monogami namun tak memerhatikan kesehatan area genital. Ada macam penyakit kelamin yang terjadi karena kelembaban area genital hingga simenstruasi. Uraian lengkap mengenai penyakit ini yuk simak artikel di bawah ini!

1 dari 3 halaman

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Penyakit Kelamin Pria

Macam Penyakit Kelamin © Diadona

Beberapa macam penyakit kelamin pria terjadi melalui kontak seksual. Diantaranya:

Gonore

Adalah macam penyakit kelamin pria yang membuat penderitanya mengalami rasa terbakar atau nyeri saat buang air kecil. Gonore atau kencing nanah terjadi akibat infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae.

Penyakit ini nggak cuman menginfeksi area genital, tapi juga bisa menyerang area lain seperti anus, tenggorokan atau uretra. Sama halnya dengan yang lainnya, penularan dilakukan dengan kontak seksual.

Sipilis

Adalah salah satu macam penyakit kelamin pria yang paling diketahui. Pada awal kemunculannya, sipilis akan berbentuk seperti bulatan kecil yang disebut chancre pada alat kelamin, dubur, atau mulut. Nggak bikin sakit sih, tapi sangat menular.

Herpes

Herpes adalah salahs atu macam penyakit kelamin yang terjadi karena infeksi virus herpes simplek. Seseorang yang menderita penyakit ini bakalan merasakan luka lepuh pada organ genital atau mulut

HPV

Meski nggak umum terjadi, tapi HPV adalah salah satu macam penyakit kelamin yang berkaitan dengan kemunculan kanker genital di kemudian hari. Infeksi HPV juga berkaitan dengan kemunculan penyakit kutil kelamin pada pria

Klamidia

Klamidia terjadi karena infeksi bakteri yang ditularkan melalui kontak seksual. Klamidia adalah macam penyakit kelamin yang cenderung muncul tanpa gejala. Bila muncul, penderita baru merasakannya beberapa minggu setelah infeksi terjadi. Gejalanya adalah nyeri dan keluarnya cairan dari area genital.

Candidiasis

Jamur ini biasanya dikaitkan sebagai penyebab keputihan pada wanita. Tapi ini juga bisa muncul pada pria lho. Bukan dalam bentuk keputihan, namun biasanya muncul dengan gejala yang kurang pasti seperti infeksi di ujung penis.

Macam penyakit kelamin ini terjadi karena infeksi jamur (candida) pada kulit yang lembab. Risikonya semkain diperparah dengan hubungan seksual tanpa kondom dengan pasangan yang telah mengalami infeksi jamur ini.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Penyakit kelamin Wanita

Macam Penyakit Kelamin © Diadona

Sama halnya dengan macam penyakit kelamin pria, penyakit yang munculpada wanita ini juga mungkin terjadi karena kebersihan, penuaan, konsumsi obat hingga siklus menstruasi.

Keputihan yang Tidak Normal

Keputihan yang normal umumnya berwarna bening hingga putih, sedangkan warna hijau atau kuning yang diiringi dengan bau busuk adalah salah satu macam penyakit kelamin. Bila terjadi, maka hal ini harus segera diobati.

Kutil Kelamin

Adalah macam penyakit kelamin yang terjadi dengan tumbuhnya kutildi area kelamin. Penderita bakalan merasakan rasa yang nggak nyaman, sakit, juga gatal-gatal.

Sipilis

Adalah macam penyakit kelamin yang telah ditemukan berabad lalku dan sangat menular. Tak hanya kepada seorang kepdada pasangan seksualnya, melainkan pada ibu dan anaknya. Gejala sipilis berupa luka tanpa rasa sakit pada alat kelamin, dubur, atau mulut. Tahap selanjutnya adalah kemunculan ruam, lalu tiba-tiba menghilang sampai beberapa tahun kemudian. Namun di tahap akhir, penyakit sipilis bisa menyebabkan kerusakan otak, saraf, mata, atau jantung

Herpes

Baik pada laki-laki atau perempuan, penyakit ini terjadi karena infeksi virus herpes simpleks (HSV). Secara umum, penularannya terjadi lewat kontak seksual, baik oral, anal, atau kelamin.

Gonore

Atau yang sering disebut dengan kencing nanah. Bila gejala pada pria meliputi keluarnya nanah dari penis dan buang air kecil yang terasa sakit, beda dengan yang terjadi pada wanita. Ini adalah macam penyakit kelamin yang tak memunculkan gejala pada wanita.

Tapi bila nggak diobati, infeksi bisa naik ke saluran produksi wanita dan melibatkan rahim, saluran tuba, dan ovarium.

Klamidia

Infeksi penyakit ini pada 50 persen pria dan 75 persen wanita terjadi tanpa gejala. Bila muncul, itu terjadi pada 1-3 minggu setelah infeksi berupa:

  • Keputihan yang berbau tajam
  • Rasa terbakar saat buang air kecil
  • Rasa sakit saat berhubungan seksual
  • Mual, demam atau sakit di di perut bagian bawah bila infeksi sudah menyebar

Sedangkan gejala pada pria meliputi

  • Penis mengeluarkan cairan
  • Rasa gatal dan terbakar pada luka di penis
  • Bengkak atau skait di satu atau dua buah zakar
  • Saat telah menginfeksi dubur, penderita bakala ngerasain rasa sakit dibarengi dengan keluarnya darah atau cairan

Salpingitis

Adalah salah satu jenis penyakit radang panggul yang terjadi karena infeksi bakteri penyebab penyakit kelamin. Contohnya, klamdia atau gonore. Bakteri penyebab infeksi tersebut nggak hanya menyerang organ genital tapi masuk ke dalam organ reproduksi.

Kanker Serviks

Kanker ini terjadi karena infeksi Human Pappiloma atau HPV. Saat seseorang terinfeksi HPV, sistem kekebalan tubuh bakalan menghalangi virus buat melakukan kerusakan lebih lanjut. Tapi ada sebagian orang, virus situ bertahan bertahun-tahun pada tubuh mereka dan berperan membentuk sel kanker di leher rahim.

Macam penyakit kelamin bisa dicegah dengan melakukan seks aman yang mencegah kebersihan area genital. Jangan sepelekan ya!

Beri Komentar