Cara Buat Google Form yang Mudah dan Cepat, Bisa Lewat PC atau pun HP

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 6 Oktober 2021 10:00
Cara Buat Google Form yang Mudah dan Cepat, Bisa Lewat PC atau pun HP
Cara buat Google Form ini aslinya mudah banget, hanya butuh tekad yang bulat. Hahaha ya enggak dong, masih butuh HP atau Laptop dan juga koneksi yang bagus dan stabil.

Banyak dari kita yang sudah nggak asing lagi dengan layanan Google Form. Tapi, mungkin masih belum banyak juga dari kita tahu tentang cara cara buat Google Form. Baik itu melalui Laptop/PC atau pun HP.

Cara Buat Google Form itu sangat mudah loh, FYI aja hehe. Selain itu, layanan software administrasi survei dari Google ini juga gratis alias bisa digunakan oleh siapa pun. Cara buatnya pun juga nggak ribet.

Nah, untuk yang belum tahu cara buat Google form baik itu lewat PC atau pun HP, berikut Diadona.id telah merangkum cara-caranya dari berbagai sumber. Jadi yuk simak langkah-langkah di dalam uraian di bawah ini, check this out!

1 dari 5 halaman

Cara Buat Google Form Melalui PC atau Laptop

Cara buat Google Form yang pertama dan sekaligus yang paling umum adalah melalui PC atau laptop. Selain mudah, kamu cara ini juga membuat kamu lebih leluasa nantinya dalam mengedit kebutuhan di dalam Google Form.

Langkah pertama cara membuat Google Form adalah, siapkan PC atau laptop yang kamu punya. Kemudian juga jangan lupa untuk sambungkan dengan koneksi internet yang baik dan stabil. Jika sudah, kamu bisa mengikuti cara-cara di bawah ini yang dirangkum dari Brilio.net hehe.

1. Pertama, login atau masuk dulu ke akun email menggunakan gmail milikmu.

2. Setelah itu, buka halaman www.google.com/form di tab pencarian.

Cara Buat Google Form © Diadona

3. Jika sudah muncul hasil pencariannya, kamu bisa langsung klik atau pilih 'Go to Google Form'.

2 dari 5 halaman

4. Nah, kemudian kamu akan melihat tampilan awal dari laman Google form itu sendiri. Di sana di bawah menu 'start a new Form', kamu bisa memilih sesuai yang kamu butuhkan. Sudah ada beberapa formulir siap pakai yang bisa kamu pilih. Ada formulir event, formulir data pribadi, formulir menjaring karyawan, dan formulir permintaan. Pilih saja sesuai kebutuhan.

Cara Buat Google Form © Diadona

Nah, dari sini kamu sudah bisa mengedit formulir yang kamu butuhkan sesuai dengan yang kamu inginkan. Caranya, pilihan edit terdapat pada bagian samping kanan formulir.

5. Jika beberapa formulir template di atas tersebut belum sesuai dengan keinginanmu, kamu bisa memulai Form baru. Caranya mudah banget, klik atau pilih menu 'blank' di bagian paling pojok.

6. Jadi, itu adalah form kosong yang bisa kamu gunakan untuk merancang sendiri isinya sesuai yang kamu mau, menambahkan tanggal, foto, dan lain sebagainya. Opsi edit ada di bagian samping atau bar sebelah kanan.

Cara Buat Google Form © Diadona

7. Di bar atau tab edit tersebut kamu bisa mengedit formulir yang kamu inginkan sesuai kebutuhan kamu. Caranya juga mudah banget.

8. Setelah fix atau selesai membuat dan mengedit, kamu bisa langsung klik simpan atau 'submit'.

9. terakhir, kamu bisa langsung meng-copy link untuk membagikan formulir ini kepada orang lain melalui sosial media yang kamu punya.

3 dari 5 halaman

Cara Buat Google Form Melalui HP atau Smartphone

Sebelum mengikuti langkah-langkah dari cara buat Google Forms di HP yang sangat mudah ini, pastikan kamu sudah menyiapkan posel serta koneksi internet yang bagus dan stabil. Jadi, nggak usah lama-lama mari kita simak langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Cara membuat Google Forms di HP yang pertama adalah membuka laman atau website https://docs.google.com/forms/. Dalam hal ini sangat direkomendasikan membukanya melalui Google Chrome.

2. Kemudian jika kamu sudah masuk ke website-nya, kamu akan diberi pilihan untuk membuat formulir sendiri atau menggunakan template yang sudah ada.

Cara Buat Google Form © Diadona

3. Pilih opsi yang blank atau kosong dan tap ikon plus untuk membuat formulir milikmu. Mulai dari memberikan judul dan deskripsi pada formulirnya dan kemudian dilaknjutkan dengan pertanyaan yang kamu ingin kamu buat.

4 dari 5 halaman

4. Cara membuat Google Forms di HP jika kamu ingin menambahkan pertanyaan lain adalah dengan cara megetuk ikon (+) yang berada di deratn panel samping. Di deretan panel tersebut kamu juga bisa mengakses fitur lain seperti memasukkan gambar atau pun video.

5. Jika semua apa yang kamu butuhkan sudah kamu masukkan, kamu bisa langsung mengirim formulir dokumen tersebut dengan menekan tombol Send atau Kirim.

6. Jika sudah, kamu bisa langsung menyalin link atau tautan yang ada untuk kamu kirimkan ke responden kamu atau kamu bagikan melalui berbagai platform media sosial yang kamu gunakan.

7. Langkah atau cara membuat Google Forms di HP yang terakhir adalah melihat hasil dari tanggapan atas kuisioner atau pun formulir yang kamu dapatkan. Ini biisa kamu akses di bagian Responds.

5 dari 5 halaman

Oh iya, jika kamu belum terbiasa dengan tampilan Google Forms di HP kamu bisa mengubah tampilan Google Chrome kamu menjadi desktop site. Degan demikian kamu akan mengakses apa pun seperti dari layar PC atau versi Desktop.

Itulah cara buat Google Form baik melalui PC/laptop atau pun HP. Sangat mudah dan nggak ribet kan? Jadi, selamay mencoba dan semoga berhasil, ya!

Beri Komentar