Cara Membuat Blog Pribadi di Blogspot atau Blogger, Gratis dan Lengkap untuk Pemula

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 30 September 2021 10:00
Cara Membuat Blog Pribadi di Blogspot atau Blogger, Gratis dan Lengkap untuk Pemula
Mudah banget guys caranya, yuk simak bareng-bareng.

Cara membuat blog pribadi baik itu melalui Blogger atau pun yang lainnya adalah hal yang cukup banyak dicari di era yang sudah serba digital ini. Di platform ini, siapa pun bisa berbagi informasi tentang apa pun kepada siapa pun. Bahkan, kalau sudah terpelihara dengan baik bisa juga menghasilkan uang loh.

Salah satu platform blog yang cukup banyak digunakan adalah Blogspot dari Google. Selain gratis, melalui platform ini kamu bisa tahu dan belajar cara membuat blog pribadi. Tentu saja dan bagaimana cara merawatnya dengan mengisinya dengan berbagai konten.

1 dari 5 halaman

Lantas bagaimana sih cara membuat blog melalui blogger ataupun blogspot tersebut?

Nah biar kamu nggak bingung, berikut Diadona.di telah merangkum sebuah ulasan cara membuat blog pribadi dari berbagai sumber. Pastinya ini mudah banget dan juga gratis, ya sangat cocoklah buat pemula. Jadi, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Pada dasarnya, ada dua hal yang harus dipersiapkan sebelum kamu memulai mempraktikkan cara membuat blog pribadi yakni adalah koneksi internet yang ngebut dan stabil serta gadget baik laptop atau pun smartphone.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Blog Pribadi Melalui PC atau Laptop

Cara Membuat Blog Pribadi © Diadona

Cara membuat blog pribadi yang pertama adalah dengan melalui laptop atau PC. Berikut adalah caranya yang melansir dari laman Merdeka.com.

1. Buka browser

Cara membuat blog melalui PC atau laptop yang pertama adalah, kamu perlu membuka halaman browser pada PC atau laptop. Kemudian, ketikan alamat www.blogger.com pada kolom alamat website.

2. Klik create your blog

Setelah muncul dan masuk ke laman blogger.com, Kamu bisa mengklik pada tombol create your blog untuk memulai membuat blog baru. Nggak usah basa-basi, langsung tap aja ikon 'create your blog'.

3. Buat akun dengan email

Jika sudah kamu bisa melanjutkan cara membuat blog melalui PC atau laptop yang selanjutnya yakni menuliskan alamat email dan juga password untuk membuat akun baru pada blogspot. Ini adalah langkah yang paling mudah. Jadi, meskipun kamu membuat akun baru, tapi kamu nggak perlu untuk daftar. Hal ini dikarenakan, blogspot akan langsung menghubungkan dengan data yang ada pada akun gmail yang kamu punya.

3 dari 5 halaman

4. Lengkapi profil

Setelah masuk pada akun di blogger.com, kamu pastiu langsung akan diarahkan untuk mengisi profil pada blog milikmu. Tapi melengkapi profil ini bisa di-skip dan diisi di lai hari kok. Jadi, ya, santai.

5. Settingan dasar pada dashboard

Jadi ini adalah bagian di mana kamu akan memberi nama blog yang kamu buat serta deskripsi singkatnya. Yap, di halaman profil, kamu bisa langsung menuju dashboard untuk mengatur tampilan awal pada blog yang akan kamu buat. Di bagian ini kamu bisa menuliskan nama Blog serta alamat blog dan juga tema yang kamu inginkan. Dan, jika semuanya sudah terisi sesuai keinginan klik create blog.

Pada titik ini blog kamu sebetulnya sudah jadi dan sudah siap digunakan untuk postingan atau unggahan kamu yang pertama. Sangat mudah bukan cara membuat blog melalui PC atau laptop ini?

 

6. Post blog

Selanjutnya, kamu akan menuju dashboard untuk mengatur blog dan juga menuliskan isi blog untuk unggahan pertama. isi postingan atau unggahan yang kamu kehendaki denbgan berbagai karya kamu dan jika sudah kamu bisa mengklik publish. Dan unggahan pertamamu pun sudah mengudara.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Blog Pribadi Melalui Smartphone

Cara Membuat Blog Pribadi © Diadona

Cara membuat blog pribadi yang kedua adalah dengan melalui smartphone. Jika dibandingkan dengan PC, membuat blog melalui smartphone harusnya lebih mudah karena dibantu dengan adanya aplikasi.

1. Jadi, cara membuat blog pribadi melalui samrtphone yang pertama adalah dengan mengunduh aplikasi Blog melalui Google Playstore atau pun Apple Store.

2. Jika sudah diinstall, cara selanjutnya adalah dengan masuk ke dalam aplikasi tersebut. Caranya, adalah dengan memasukan alamat email untuk membuat akun. Jika sudah, sign up dengan memasukan alamat email dan juga password yang kamu miliki.

3. Cara membuat blog melalui smartphone yang selanjutnya adalah mengedit profil. Pada langkah ini, sebetulnya tidak beda jauh dengan ketika membuat blog di PC atau pun laptop. Jika sudah mengedit dan jangan lupa untuk memilih buat blog baru.

4. Jika sudah, kamu bisa mengedit beberapa bagian seperti template tampilan blog. Dan selanjutnya kamu sudah bisa menggunakan blog milikmu untuk berbagai berbagai kesukaan atau pun informasi.

Jadi, itu lah cara membuat blog pribadi melalui PC atau pun smartphone. Semoga ulasan sederhana ini bisa bermanfaat bermanfaat buat kamu ya.

Beri Komentar