16 Ciri-Ciri Mandul pada Wanita dan Pria, Segera Periksa ya!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 15 Maret 2021 16:38
16 Ciri-Ciri Mandul pada Wanita dan Pria, Segera Periksa ya!
Ciri-ciri mandul pada pria dan wanita umumnya dianggap sebagai kondisi biasa, bukan tanda ketidak suburan. Kadang, ini baru disadari saat melakukan pemeriksaan.

Ciri-ciri mandul sering kali tak terlihat jelas dan bahkan baru disadari ketika melakukan pemeriksaan. Selain itu, kadang ciri-ciri ini berkaitan dengan kondisi lain yang menjadi penyebabnya, misalnya nih penyakit radang pinggul yang membuat saluran tuba menyempit sehingga pembuahan sulit terjadi.

Penyebab kemandulan pada pria dan wania sangat bervariasi, begitu pula ciri-ciri mandul pada keduanya. Namun yang penting adalah bagaimana pasangan mencari jalan keluar dengan konsultasi dan pengobatan.

1 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Wanita Mandul

Ciri-Ciri Mandul © Diadona

Ciri-ciri mandul pada wanita biasanya hadir melalui gejala-gejala tertentu. Tapi hal ini harus dipastikan lagi melalui pemeriksaan ke dokter.

Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

Siklus menstruasi yang nggak teratur di setahun pertama menstruasi adalah sesuatu yang normal. Namun, kondisi ini akan menghilang di tahun berikut. Tapi bila tak kunjung membaik, ini bisa jadi ciri-ciri mandul pada wanita lho.

Menstruasi yang Ringan atau Berat

Umumnya sih menstruasi terjadi selama tiga hingga tujuh hari. Lebih dari itu merupakan kondisi yang membutuhkan perhatian atau malah bisa jadi ciri-ciri mandul pada wanita.

Kondisi lain pada menstruasi yang juga bisa jadi ciri-ciri mandul yakni

  • Perubahan yang signifikan dalam hal berat dan waktu menstruasi
  • Kram menstruasi parah
  • Bercak yang nggak biasa diantara masa selain menstruasi

Warna Darah Menstruasi yang Gelap atau Pucat

Biasanya nih darah menstruasi berwarna merah terang di awal lalu menggelap di waktu selanjutnya. Bila terjadi sebaliknya, ini merupakan tanda yang patut dikhawatirkan.

Nyeri Menstruasi Parah

Sebagian besar wanita mengalami kram perut saat menstruasi. Sebenarnya ini normal. Tapi bisa jadi ciri-ciri mandul bila nyeri tersebut sangat parah dan membaut kehidupan sehari-harinya terganggu.

Fluktuasi Hormon

Hormon yang berfluktuasi pada wanita bisa jadi tanda masalah kesuburan. Gejala yang muncul berupa:

  • Masalah kulit
  • Gairah seks berkurang
  • Bulu tumbuh di rambut
  • Rambut rontok
  • Pertambahan berat badan

Tidak Mentruasi

Ketidak hadiran menstruasi selama beberapa waktu sebenarnya adalah hal yang normal. Penyebabnya bisa karena stres, olahraga berat, dan lainnya. Tapi kalau menstruasi tersebut nggak datang selama beberapa bulan, bisa jadi itu adalah ciri-ciri wanita mandul.

Nyeri saat Berhubungan Seksual

Nyeri saat berhubungan seksual kadang dianggap wajar oleh wanita. Padahal, tidak demikian. Nyeri ini bisa jadi merupakan gejala masalah hormon, endometriosis dan kondisi lainnya yang menjadi gejala wanita mandul.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Pria Mandul

Ciri-Ciri Mandul © Diadona

Setengah dari kasus ketidak suburan pasangan terjadi di sisi pria. Maka bila kehamilan tak segera terjadi setelah rutin melakukan hubungan seksual selama setahun tanpa pengaman, kedua belah pihak harus memeriksakan diri ke dokter.

Mandul pada pria bisa terjadi karena produksi sperma yang rendah, fungsi sperma yang tidak normal atau penyumbatan yang menghalangi mobilitas sperma. Faktor lain bisa karena penyakit, cedera, masalah kesehatan yang kronis, gaya hidup dan juga banyak faktor lainnya.

Ciri-ciri mandul pada pria yang mungkin terlihat antara lain:

Perubahan gairah seksual. Kesuburan pria juga berkaitan dengan kesehatan hormonnya. Nah, hormon ini juga berkaitan dengan gairah seksual pada pria tersebut, sehingga ketika terjadi perubahan seksual maka bisa mengindikasikan masalah kesuburan. Ciri-ciri pria mandul terkait dengan maslaha hormon ini juga berpengaruh pada kesulitan mempertahankan ereksi.
Terdapat nyeri, bengkak dan juga benjolan di area testis
Munculnya infeksi saluran pernapasan berulang
Pertumbuhan tidak normal pada payudara
Rambut wajah atau tubuh yang berkurang, serta keberadaan tanda lain karena kromosom atau hormonal
Ketidak mampuan untuk mencium
Jumlah sperma yang lebih rendah ketimbang biasanya. Bila pria normal biasanya memiliki jumlah sperma total 39 juta per ejakulasi atau lebih, atau 15 juta sperma per mililiter, maka ciri-ciri pria mandul adalah kurang dari nilai tersebut.

Sementara itu bila ditinjau dari fisik, ciri-ciri mandul kurang lebih seperti:

Nyeri atau Bengkak di Testis

Memag ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan testis terlihat bengkak atau terasa nyeri. Namun salah satunya adalah kemandulan.

Testis Kecil

Kesehatan testis adalah hal yang penting banget pada kesehatan reproduksi pria karena peran pentingnya sebagai penampung sperma. Contohnya, kondisi testis yang keras dan kecil harus mendapatkan penanganan dari dokter karena bsia jadi ciri-ciri mandul pada pria.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Orang Mandul

Ciri-Ciri Mandul © Diadona

Sebagian besar penyebab kemandulan pada orang nggak bisa dicegah. Namun risikonya bisa diturunkan dengan:

  • Menghindari paparan radiasii
  • Menghindari penggunaan narkoba atau minuman keras
    Pada pria, usahakan untuk mengurangi paparan suhu tinggi misalnya mandi air panas karena bisa merusakan mobilitas sperma sementara
  • Batasi obat-obatan yang dapat memengaruhi kesuburan
  • Berhenti merokok
  • Batasi kafein
  • Menjaga berat badan berada di angka yang ideal

Ulasan mengenai ciri-ciri mandul yang udah Diadona share barusan nggak boleh dijadikan patokan dalam menentukan kondisi seseorang ya, melainkan harus melewati uji pemeriksaan oleh dokter. Periksakan diri ke dokter bila mendapatakan ciri-ciri di atas.

Beri Komentar