Cara Membuat Link WA Agar Terhubung Langsung ke Chat, Mulai dari yang Manual hingga Otomatis

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 11 Oktober 2021 09:00
Cara Membuat Link WA Agar Terhubung Langsung ke Chat, Mulai dari yang Manual hingga Otomatis
Simak cara membuat link WA yang mudah di bawah ini ya!

Cara membuat link WA agar bisa langsung terhubung dengan chat tanpa menyimpan nomor adalah cara mudah dan banyak digunakan. Link ini disebut banyak orang sebagai Click to Chat. Tentunya, hal ini akan memudahkan siapa pun untuk berkomunikasi.

Cara membuat link WA dengan memanfaatkan 'Click to Chat' ini sangat lah mudah. Bahkan caranya pun beragam, ada yang menggunakan cara manual atau menggunakan cara yang otomatis. Tergantung krbutuhan dan selera.

Sebenarnya, cara membuat link WA ini adalah kebutuhan krusial buat para pelaku bisnis online atau pun orang yang membuka pekerjaan dalam ranah bidang jasa atau pun yang lain. Pasalnya ini akan memudahkan calon konsumen atau pelanggan untuk berkomunikasi.

Jadi, Diadona.id telah merangkum cara membuat link WA ini dari berbagai sumber. Tentu saja ini semoga bisa bermanfaat buat kalian semua. Oh iya, bagi yang belum tahu apa itu fitur 'Click to Chat' tetep ikutin dan simak uraian di bawah ini ya hehe.

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Link WA Manual

Cara membuat link WA yang pertama bisa kamu lakukan dengan cara manual. Manual di sini berarti bahwa kamu tidak perlu menggunakan aplikasi pembantu lainnya.

Cara membuat link WA manual ini banyak dilakukan mengingat caranya yang mudah dan nggak ribet. Selian itu, kamu jugga nggap perlu install aplikasi lain yang pastinya akan menyita waktu kamu dalam pembuatannya.

Cara Membuat Link WA Manual © Diadona

2 dari 5 halaman

Dengan wa.me atau api.whatsapp

Cara membuat link WA dengan cara manual bisa melalui dua metode ini yaitu bisa dengan wa.me atau pun api.whatsapp. Nantinya, hasil dari pembuatan shortlink ini bisa kamu di profil media sosial bisnis online milikmu.

Caranya mudah banget kok, kamu tinggal membuat formatnya saja. Nah, berikut adalah format dasarnya.

https://wa.me/Nomor WhatsApp Kamu.
https://api.whatsapp.com/send?phone=Nomor WhatsApp Kamu

Jadi, kamu tinggal memasukkan nomor WhatsApp kamu di bagian 'Nomor WhatsApp Kamu' dalam format tersebut. Kemudian link itu bisa kamu tempel di mana kamu ingin membuta komunikasi yang mudah dengan orang lain.

Namun, ada hal yang harus kamu perhatikan. Jadi, nomor telepon harus menggunakan kode internasional, untuk Indonesia menggunakan kode 62 sebagai pengganti 0 di awal nomor telepon. Lalu, Untuk penulisan nomor telepon juga jangan menggunakan spasi atau tanda strip, karena ini tidak akan kebaca oleh server WhatsApp.

Misal nih ya, nomor WhatsApp kamu adalah 08123456789, maka kamu tinggal merubahnya menjadi 628123456789. Jadi misal nomor ini dimasukkan dalam format cara membuat link WA manual tadi adalah seperti berikut:

https://wa.me/628123456789 atau https://api.whatsapp.com/send?phone=628123456789

Nah, sangat mudah bukan cara membuat link WA dengan cara manual ini hehe.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Link WA Otomatis

Jika dibandingkan dengan cara membuat link WA yang manual tadi, cara ini mungkin akan terlihat lebih gampang. Ya bagaimana tidak, dengan cara ini kamu tinggal input-input aja dan shortlink WA akan terbentuk otomatis.

Cara Membuat Link WA Otomatis © Diadona

Dengan wa.wizard.id

- Cara pertama yang harus dilakukan adalah membuka situs wa.wizard.id
- Jika sudah, kamu akan langsung tertuju ke sebuah laman khusus. Setelah itu masukkan nomor telepon yang kamu gunakan untuk akun WhatsApp kamu.

- Pastikan kode negara sudah sesuai dengan nomor telepon yang terdaftar.

- Nah, selanjutnya kamu juga bisa menuliskan pesan otomatis dengan mengisi kolom yang disediakan. Jadi ini nantinya yang akan menjadi pesan template.

- Jika nomor telepon dan pesan otomatis sudah terisi dengan benar, klik tombol ‘generate link’.

4 dari 5 halaman

- Selanjutnya akan ditampilkan link WhatsApp kamu.

- Oh iya, selain menggunakan link, kamu juga bisa mengubahnya menjadi QR code dengan mengklik pilihan QR code di sebelah ikon Link.

- Kamu bisa salin link tersebut dan menempelkannya di platform media sosial yang kamu inginkan.

- Selesai deh. Sepertinya cara membuat link WA secara otomatis ini memang lebih mudah ya hahaha. 

Jadi begitu ya cara membuat link WA baik itu dengan metode manual atau pun otomatis. semoga uaraian sederhana ini bisa bermanfaat buat kamu ya. Selamat Mencoba!

 

Beri Komentar