Rajin Sikat Gigi tapi Tetap Kuning, Kenapa Ya?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 15 Maret 2021 08:25
Rajin Sikat Gigi tapi Tetap Kuning, Kenapa Ya?
Ternyata ini lho penyebab gigi menguning..

Gigi merupakan salah satu hal yang penting untuk penampilan. Karena itu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi jadi hal yang dilakukan banyak orang. Namun terkadang, meski udah di sikat gigi, nyatanya gigi masih bisa dapat menguning. Kenapa ya?

Email gigi secara alami akan terkikis dan dengan demikian dentin menjadi semakin tampak. Dentin adalah bagian gigi yang terdapat di bawah email gigi dan secara alami berwarna kuning.

 

1 dari 2 halaman

Tiga Lapisan Gigi

Ilustrasi Gigit Kuku © Diadona

Gigi manusia terdiri dari beberapa bagian lapisan. Bagian terluar gigi namanya email gigi atau enamel. Nah, email gigi berwarna putih.

Selanjutnya, pada lapisan kedua, ada bagian dentin. Bagian dentin gigi ini berwarna kuning.

Di lapisan terakhir ada pulpa. Pulpa adalah bagian gigi yang di dalamnya terdapat pembuluh darah dan saraf.

Ketika kita mengonsumsi berbagai makanan atau minuman yang bersifat asam, ternyata bagian gigi kita terpengaruh, lo.

2 dari 2 halaman

Gigi Menguning

Ilustrasi Gigi dan Mulut Sehat © Diadona

Gigi yang menguning disebabkan karena rusaknya email gigi. Hal ini dikenal dengan masalah gigi intrinsik, seperti halnya gigi kuning karena efek samping pengobatan. Meski dapat dilakukan dengan pemutihan gigi, sebenarnya masalah ini tidak dapat diatasi.

Dalam beberapa kasus, pasien akan memilih labial veneer atau dental crown untuk menutupi giginya yang bermasalah.


Di lain sisi, gigi menguning juga dapat diakibatkan karena konsumsi makanan tertentu yang disebut masalah ekstrinsik gigi. Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan prosedur pemutihan gigi, seperti bleaching.

Selain itu, faktor genetik juga merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya gigi kuning. Memiliki gigi kuning tidak selalu menunjukkan bahwa gigi tidak sehat, terutama bagi yang memiliki genetik gigi yang relatif lebih kuning.

Beri Komentar