Semua Hal Tentang Android 14 yang Baru Rilis, Makin Upgrade kah?

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 17 Oktober 2023 11:10
Semua Hal Tentang Android 14 yang Baru Rilis, Makin Upgrade kah?
Masih anget, cari tahu fakta Android 14 yang baru aja rilis.

Baru-baru ini, Google resmi meluncurkan sistem Android 14 dimulai pada semua ponsel Pixel yang didukung. Dilansir dari Wired, Android 14 menjanjikan privasi, keamanan, dan kinerja yang lebih maksimal dari pendahulunya.

Android adalah salah satu sistem operasi yang sangat terkenal di seluruh dunia. Berdasarkan Statista, jumlah pengguna Android mencapai 2 trilliun di seluruh dunia. Itulah mengapa Android perlu untuk selalu mengupgrade sistemnya demi kenyamanan pengguna.

Google setiap tahun selalu memberikan peningkatan-peningkatan tertentu pada sistem operasi Android. Tahun ini, Android 14 dirilis di akhir tahun. Kabarnya, sistem Android 14 akan segera tersedia di seluruh HP Android yang mendukung.

Banyak orang tentu menunggu fitur-fitur terbaru dari Android 14, mengingat Android 14 punya fitur yang sangat menarik perhatian. Tentu saja Android 14 mengalami perubahan besar dari Android 13. 

Lalu, apa yang baru dari Android 14? Berikut adalah ulasan lengkap terkait segala hal yang perlu kamu tahu tentang Android 14. 

1 dari 6 halaman

Apa Nama Android 14 dan Kapan Rilisnya?

Ilustrasi Android 14 © Diadona

Dari tahun ke tahun, Google sering menamai Android dengan nama belakang makanan. Misalnya, Android 8 Oreo, Android 9 Pie, Android 11 Red Velvet Cake, Android 12 Snow Cone, hingga Android 13 Tiramisu. Itulah mengapa nama versi Android terbaru jadi hal yang cukup ditunggu-tunggu.

Nah, versi Android 14 yang terbaru dijuluki memiliki nama belakang dessert, yaitu Android Upside Down Cake atau Android U. Nama ini cukup mengejutkan karena banyak yang tidak familiar dengan desser yang satu ini. Tapi, tetap lucu nggak sih, Diazens?

Dilansir dari Lifewire, Google merilis Android 14 setelah event Pixel 8/8 Pro dan Pixel Watch 2 pada Rabu, 4 Oktober 2022. Android 14 debut pertama kali tersedia di smartphone Google Pixel buatan Google. Wired menjelaskan bahwa kalau kamu punya Google Pixel 4A 5G atau yang lebih baru, kamu sudah bisa mendownload Android 14 sekarang.

Buat merk smartphone lain yang menggunakan sistem Android, seperti Samsung, Asus, Realme, Xiaomi, Oppo, dan lain-lain diharap menunggu sebentar untuk mendapatkan pembaruan Android 14 akhir tahun ini. 

2 dari 6 halaman

Fitur Unggulan Android 14

Ilustrasi Android 14 © Diadona

Mengalami berbagai peningkatan dari Android 13, versi Android 14 memiliki berbagai fitur unggul yang cukup membanggakan. Fituf-fitur baru dan meningkat ini dinilai membuat Android 14 menjadi lebih unggul lagi.

Berikut beberapa fitur unggulan Android 14 yang menarik perhatian kami dilansir dari web Developer Android:

Font Lebih Besar & Penskalaan Lebih Mudah

Salah satu fitur Android 14 yang menyita perhatian adalah mendukung penskalaan font hingga 200%. Meningkat drastis dari Android 13 yang memiliki penskalaan font maksimal 130%. Fitur ini digadang sebagai aksesibilitas yang ramah difabel atau orang-orang yang mempuan gangguan penglihatan.

Sistem Android 14 menggunakan penskalaan non-linier, yaitu kata apapun yang sudah diperbesar nggak bakal bertambah besar. Sehingga, teks akan lebih mudah dibaca.

Preferensi Bahasa Diperluas

Kemudian, Android 14 juga memperluas fitur bahasa per aplikasi yang diperkenalkan di Android 13. Memperkenalkan fitur Grammartical Inflection API, Android 14 meningkatkan penggunaan bahasa berdasarkan gender. 

Preferensi Daerah / Regional

Sangat menarik, Android 14 memungkinkan kamu untuk mempersonalisasi suhu, sistem penomoran, hingga hari pertama dalam seminggu. Android Developer  menjelaskan bahwa Orang Eropa yang tinggal di AS bisa memilih satuan suhu dalam Celcius daripada Fahrenheit dan mengatur hari Senin sebagai awal minggu dibanding yang berlaku di AS. 

 

3 dari 6 halaman

Lebih Banyak Kustomisasi 

Sudah lama Google dan Android meramaikan sistem mereka untuk memungkinkan pengguna menyesuaikan layar smartphone mereka. Misalnya dengan animasi, wallpaper, widget, dan pengaturan kustom lainnya. Dengan Android 14, kamu dapat lebih banyak tools buat menyesuaikan lockscreen, tema monokromatik, gambar ultra HDR, dan lain sebagainya.

Ultra HDR Untuk Gambar

Android 14 meningkatkan dukungan gambar dengan resolusi HDR (High Dynamic Range) 10-bit. Ini membuat perangkat bisa menyimpan lebih banyak informasi dari sensor saat memotret. Android menggunakan format ultra HDR yang sepenuhnya kompatibel dengan gambar JPEG.

Itu beberapa fitur unggulan dari Android 14. Sebenarnya masih banyak peningkatan fitur di Android 14 ini, seperti Health Connect, flash notification, alat bantu dengar, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengecek secara keseluruhan melalui website Android Developer.  

4 dari 6 halaman

Android 14 di HP Apa Saja?

Ilustrasi Android 14 © Diadona

Setelah panjang membahas Android 14, kamu mungkin penasaran kira-kira smartphone kamu kebagian nggak ya sama versi Android terbaru ini. Android 14 sendiri dari awal sudah bisa digunakan di smartphone Google Pixel mulai 4A 5G ke atas.

Untuk smartphone Samsung, ada banyak jenis HP Samsung yang dikonfirmasi kompatibel dengan sistem Android 14. Baik S Series, Z Series, A Series, M Series, F Series, Xcover Series, hingga Tab Series. Lebih detail, kamu bisa mengecek melalui website Samsung.

Merk Xiaomi juga beberapa HP yang sudah tersedia Android 14, yaitu Xiaomi 13 Pro, Xiaomi 13, dan Xiaomi 12T. Sedangkan, untuk merk Realme memiliki jadwal ketersediaan Android 14 di smartphone mereka secara bertahap hingga awal tahun 2024. 

5 dari 6 halaman

Untuk memastikan apakah merk HP kamu sudah tersedia versi Android 14, kamu bisa mengunjungi website resmi developer smartphone kamu untuk melihat pengumuman resminya.

Yap, segitu dulu ulasan dan rangkuman terkait Android 14 yang baru saja resmi rilis oleh Google. Versi Android 14 ini mengalami berbagai perbaikan yang cukup signifikan dibanding generasi sebelumnya. 

Walaupun Android secara resmi mengumumkan beberapa situs penyedia Android 14 versi Beta. Diadona tidak menyarankan kamu untuk mendownload versi Beta karena rawan sekali akan bug dan malware yang bisa saja merusak smartphone kamu. Jadi, sabar aja dan tunggu Android 14 tersedia resmi di smartphone kamu. 

Penulis: Starky

Beri Komentar