Banyak Fitur Keren, Ini Cara Setting Smartwatch Baru yang Wajib Kamu Tahu

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 12 Oktober 2023 16:14
Banyak Fitur Keren, Ini Cara Setting Smartwatch Baru yang Wajib Kamu Tahu
Wajib tahu cara setting smartwatch biar nggak bingung pakainya!

Kalau kamu baru saja membeli smartwatch untuk kamu gunakan, kamu harus tahu cara setting smartwatch biar tersinkronisasi dengan baik. Smartwatch sekarang bukan hanya menunjukkan jam, terapi juga memiliki fitur-fitur tertentu yang sama canggihnya dengan smartphone kamu.

Beberapa orang mungkin telah sering menggunakan smartwatch dalam keseharian. Namun, apabila kamu pemula, kamu mungkin butuh sedikit panduan tentang cara setting smartwatch yang baru saja kamu beli. 

Artikel ini akan membahas cara setting smartwatch agar fitur yang ada di smartwatch kamu dapat kamu gunakan dengan maksimal. Nggak perlu khawatir, karena setting smartwatch terbilang cukup mudah kok. Simak ulasannya berikut, Diazens!

1 dari 6 halaman

Apa Itu Smartwatch?

Cara Setting Smartwatch © Diadona

Smartwatch atau jam pintar bukanlah sekedar jam tangan biasa. TechTarget menulis smartwatch adalah perangkat komputasi yang sangat mirip dengan jam tangan. 

Jam tangan digital sebenarnya sudah ada sejak lama, namun Lifewire menyatakan bahwa baru pada tahun 2010-an dikembangkannya jam tangan digital berteknologi mirip ponsel pintar. Smartwatch sekarang memungkinkan kita untuk memantau aktivitas fisik, memeriksa pesan, melacak denyut nadi, membalas teks, dan sebagainya.

Saat ini kamu bisa menemukan jenis smartwatch di berbagai merk smartphone yang kita kenal sekarang. Smartwatch ini juga dibandrol dengan harga yang bermacam-macam, tergantung fitur yang ditawarkan. Semakin baik dan canggih fitur sebuah smartwatch, maka cenderung akan semakin mahal.

2 dari 6 halaman

Cara Setting Smartwatch

Cara Setting Smartwatch © Diadona

Setelah mengetahui apa itu smartwatch, selanjutnya adalah cara setting smartwatch. Hal ini perlu kamu ketahui untuk membuat smartwatch kamu bekerja secara maksimal. Simak ulasannya!

1. Charge Baterai Smartwatch Hingga Penuh

Sebelum menggunakan smartwatch, kamu perlu untuk mengisi daya baterai smartwatch kamu hingga penuh. Biasanya, smartwatch yang dibeli tidak diisi baterai yang maksimal. 

Untuk mengisi baterai smartwatch, disarankan untuk menonaktifkannya terlebih dahulu agar pengisian daya maksimal. Mengisi daya smartwatch dalam keadaan menyala cenderung akan mempengaruhi kondisi baterai perangkat tersebut.

2. Download dan Install Aplikasi Pendukung Smartwatch

Biasanya, setiap smartwatch memiliki aplikasi pendukung yang bisa didownload dari HP. Aplikasi pendukung ini berfungsi sebagai panel kontrol fitur-fitur yang ada di smartwatch agar tersinkronisasi dengan data HP kamu. 

Kamu dapat mendownload aplikasi pendukung ini melalui Google Playstore maupun Appstore. Beberapa merk HP mungkin saja telah memiliki aplikasi smartwatch yang terpasang sejak dibeli jika kamu membeli smartwatch di merek yang sama. Pastikan HP kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk mendownload aplikasi smartwatch untuk menghindari terjadinya error.

3 dari 6 halaman

3. Nyalakan Bluetooth dan Hubungkan Smartwatch dengan HP

Setelah kamu berhasil menginstalll aplikasi pendukung smartwatch di HP kamu, kamu perlu menghubungkan HP dan smartwatch kamu. Sebagian besar smartwatch bisa dihubungkan dengan HP melalui fitur bluetooth. 

Cara menghubungkan bluetooth HP kamu ke smartwatch adalah menyalakan bluetooth dan mencari perangkat bluetooth smartwatch kamu yang tampil. Jika kamu belum mengetahui apa nama bluetooth smartwatch kamu, kamu bisa membacanya di buku panduan yang tersedia.

4. Sinkronkan Data 

Beberapa merk smartwatch mungkin secara otomatis akan langsung mensinkronisasikan data smartwatch kamu di aplikasi yang terpasang di HP kamu. Namun, beberapa merk lain bisa saja membutuhkan untuk sinkronisasi secara manual.

Kamu bisa membaca buku panduan untuk mengetahui cara sinkronisasi data smartwatch kamu seperti apa. Melakukan sinkronisasi data membuat kamu dapat mengontrol fitur-fitur di smartwatch melalui HP kamu. 

4 dari 6 halaman

5. Atur Fitur-Fitur Smartwatch

Setelah menghubungkan dan mensinkronisasi data smartwatch di HP kamu, kamu sudah bisa mengatur fitur-fitur yang ada di smartwatch melalui aplikasi pendukung yang tadi kamu download. Ada banyak sekali fitur di smartwatch, yang paling umum adalah indikator cuaca & suhu, deteksi detak jantung, aplikasi pesan & panggilan, pengaturan musik, navigasi, dan lain sebagainya.

Kamu dapat menggunakan aplikasi pendukung tersebut untuk menentukan kira-kira fitur apa saja yang ingin kamu letakkan di bagian beranda smartwatch kamu. Mungkin tampilannya akan berbeda-beda pada setiap merk, namun pada dasarnya serupa. 

Untuk memudahkan, kamu bisa membaca buku panduan pada bagian fitur yang pengaturan apabila kamu kebingungan bagaimana cara setting smartwatch kamu. Jika sudah, maka smartwatch kamu siap digunakan.

6. Pastikan Fitur Sudah Sesuai dan Dapat Digunakan 

Setelah kamu selesai mengatur fitur melalui aplikasi, pastikan fitur yang muncul di smartwatch kamu sudah sesuai dengan settinganmu. Pastikan fitur-fitur di smartwatch kamu tersinkronisasi dengan yang ada di aplikasi HP-mu. 

Begitulah 6 cara setting smartwatch bagi pemula yang baru saja membeli smartwatch. Perlu diingat bahwa setiap merk mungkin saja memiliki cara setting yang berbeda-beda tergantung developernya. Namun, secara dasar hampir mirip. Selanjutnya, Diadona mengulas beberapa fitur yang terkenal ada di smartwatch.

5 dari 6 halaman

Fitur Terkenal di Smartwatch

Cara Setting Smartwatch © Diadona

Adapun fitur-fitur yang terkenal di smartwatch yang nggak bisa kamu lewatin kalau pake smartwatch. Berikut adalah ulasannya.

  1. Fitur reminder dan pengelola waktu, yaitu fitur yang dapat membantu kamu untuk membuat to-do-list kegiatan serta melakukan reminder berupa notifikasi di smartwatch kamu.

  2. Fitur deteksi kesehatan, yaitu fitur pada smartwatch yang bisa mendeteksi detak jantung, kadar oksigen, dan lain sebagainya. 

  3. Fitur kebugaran jasmani, yaitu fitur yang dapat mencatat jumlah langkah kaki, jarang tempuh, total pembakaran kalori, dan lain sebagainya. Ini bisa kamu gunakan untuk berolahraga.

  4. Notifikasi langsung, yaitu fitur yang memungkinkan kamu untuk melihat notifikasi panggilan, teks, ataupun aplikasi melalui pergelangan tangan. Selain itu, kamu juga bisa membalas teks atau mengangkat telepon langsung dari smartwatch.

  5. Fitur GPS dan navigasi, yaitu fitur yang bisa kamu gunakan untuk membantu kamu menavigasi arah saat berada di perjalanan.

Gimana Diazens? Udah paham kan gimana cara setting smartwatch dan apa aja fitur-fitur terkenal yang biasanya ada di smartwatch. Demikian ulasan kali ini, semoga bermanfaat!

Penulis: Starky

Beri Komentar