Identik tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy S23

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 12 Oktober 2023 14:59
Identik tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy S23
Di bawah 10 juta tapi spek mantap? Cek dulu perbedaan Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy S23 sebelum beli.

Baru-baru ini, Samsung resmi merilis salah satu  smartphone terbaru mereka yaitu Samsung Galaxy S23 FE secara global. Smartphone ini melengkapi koleksi Samsung Galaxy S23 yang sudah launching sejak awal tahun. Lalu, apa bedanya Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy S23 yang terkenal premium?

Samsung mengumumkan ponsel fan edition ini yang digadang sebagai saudara dekat Galaxy S23 atau versi murahnya. Tentu ada hal-hal yang harus dipangkas oleh Samsung agar membuat Galaxy S23 FE ini masih worth it untuk dibeli dengan harga rendah.

Berikut Diadona telah mengulas lengkap apa saja perbedaan Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy S23 dilansir dari website Samsung. Simak ya, Diazens.

1 dari 7 halaman

Harga

Perbedaan Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy S23 © Diadona

Sebelum lebih jauh ke spesifikasi dan detail, kita mulai dengan harganya dulu. Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy S23 memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan. 

Samsung Galaxy S23 FE dibanderol mulai harga 9–10 juta di Indonesia. Sedangkan, saat pertama kali rilis, Galaxy S23 dipatok harga 13 jutaan. Perbedaan yang cukup signifikan nggak sih? Kira-kira apa aja ya yang dipangkas oleh Samsung di Galaxy S23 FE ini.

Jadi, kalau kamu sempat tertarik dengan seri S23 namun kamu punya budget di bawah 10 juta? Mungkin Galaxy S23 bisa jadi salah satu opsi terbaik buat kamu.

2 dari 7 halaman

Spesifikasi

Perbedaan Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy S23 © Diadona

Setelah harga, kita lanjut ke spesifikasi. Dari segi layar, Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy 23 ini sama-sama menggunakan layar AMOLED dengan refresh rate di angka 120Hz. Yang membedakan adalah kecerahan maksimum Galaxy S23 FE adalah 1.450 nits, sedangkan Galaxy S23 1.750 nits.

Kemudian, dari segi chipset ternyata berbeda. Galaxy S23 FE menggunakan chipset Exynos 220 dan Galaxy S23 menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2. Keduanya masih terbilang worth it untuk kelas masing-masing.

Lanjut ke kamera, Galaxy S23 FE ini memiliki peningkatan besar dibanding pendahulunya. Galaxy S23 FE ini memiliki kamera utama 50MP sama dengan Galaxy S23. Jadi, kalau dari sisi hasil jepretan, keduanya sama-sama bagus ya Diazens. Galaxy S23 FE juga dilengkapi kamera telefoto 8MP dan ultrawide 12MP, sedikit lebih kecil dari Galaxy S23. Terakhir, kamera selfie memiliki resolusi 10MP. 

3 dari 7 halaman

Selanjutnya soal baterai, Galaxy S23 FE memiliki baterai yang lebih besar dari Galaxy S23. Versi FE memiliki daya baterai 4500 mAh, sedangkan Galaxy S23 hanya 3900 mAh. Hal ini membuat Galaxy S23 FE lebih tahan lama dibanding saudaranya.

Lanjut terkait kualitas audio dan stereo, baik Samsung Galaxy S23 FE maupun Galaxy S23, sama-sama memiliki fitur stereo speaker. Sehingga, soal kualitas audion kedua jenis ini terbilang sama saja.

4 dari 7 halaman

Desain & Warna

Perbedaan Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy S23 © Diadona

Sebenarnya, Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy S23 memiliki tampilan desain yang hampir sama. Hanya saja, Galaxy S23 FE memiliki ukuran yang lebih besar dibanding Galaxy S23, yaitu 6,4 inci. Ukurang ini hampir sampai ukuran layar 6,6 inci pada Galaxy S23+.

Ukuran yang lebih besar ini membuat Galaxy S23 FE sedikit lebih berat dari saudaranya. Sehingga, mungkin Galaxy S23 akan terasa sedikit lebih nyaman di tangan karena lebih kecil. Kalau kamu orangnya detail, kamu juga akan merasa bahwa desain Galaxy S23 teras lebih premium karena menggunakan lapisan matte dibanding versi FE dengan lapisan glossy.

5 dari 7 halaman

Selain itu, desain Galaxy S23 FE memiliki desain yang cukup tebal berbeda dengan Galaxy S23 dengan bezel yang sangat tipis dan simetris. Jadi buat kamu yang suka smartphone tebal, mungkin ini cocok.

Namun, secara keseluruhan, desain kedua smartphone ini sama-sama bagus dan terkesan elegan dengan tiga kamera berjejeran di bagian belakang HP. 

Dari segi warna, Samsung Galaxy S23 FE hadir dalam 6 warna, yaitu mint, cream, graphite, purple, indigo, tangerine. Sedangkan, Galaxy S23 hadir dengan 6 warna yang sedikit berbeda, yaitu phantom black, cream, green, lavender, graphite, dan lime. 

6 dari 7 halaman

Charging & USB

Perbedaan Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy S23 © Diadona

Satu hal yang sama dari Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy S23 FE adalah sistem pengisian dayanya. Sama halnya dengan Galaxy S23, versi FE juga didukung dengan wireless charging. 

Wireless charging memungkinkan kamu untuk mengisi daya baterai tanpa memerlukan koneksi USB-C biasanya. Hanya saja, wireless charging masih dinilai lambat dalam mengisi daya HP Samsung dibandingkan menggunakan USB-C. Tapi tenang aja, kamu tetap bisa mengisi daya Galaxy S23 FE ini menggunakan wireless charging dalam waktu sekitar 1 jam. 

7 dari 7 halaman

Kesimpulan

Perbedaan Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy S23 © Diadona

Itu dia tadi beberapa perbedaan antara Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy S23 yang perlu kamu tahu. Tentu perbedaan harga yang lumayan signifikan pasti Samsung perlu memangkas beberapa fitur di Galaxy S23 FE ini.

Namun, secara keseluruhan, Samsung Galaxy S23 FE terbilang sangat worth it untuk kelas harganya. Menawarkan fitur-fitur yang yang cukup bersaing dengan saudaranya yaitu Galaxy S23, versi FE ini adalah good deal buat kamu yang lagi cari HP dibawah 10 juta dengan spek premium. 

Galaxy S23 FE juga memiliki beberapa fitur yang lebih unggul dibanding Galaxy S23 yang patut kamu pertimbangkan. Ada harga ada kualitas, tapi kalau kamu pengen smartphone murah tapi bisa kasih spek dan pengalaman menggunakan Samsung yang mantap, Samsung Galaxy S23 FE bisa jadi opsi terbaik.

Semoga bermanfaat ya, Diazens!

Penulis: Starky

Beri Komentar