5 Kasta Play Button, Penghargaan yang Diberikan untuk Para Youtuber

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 3 Juni 2020 10:40
5 Kasta Play Button, Penghargaan yang Diberikan untuk Para Youtuber
Berniat jadi Youtuber? Kenali dulu dong macam-macam penghargaan Play Buttonnya.

Youtube saat ini sudah menjadi platform berkarya nomor wahid untuk karya audio visual. Nggak cuma oke untuk memajang karya, untuk menghasilkan duit dari Youtube pun sangat mungkin dilakukan.

Untuk memancing semangat berkarya dari para Youtuber, pihak Youtube pun memberikan beberapa penghargaan atas pencapaian yang mereka raih dari segi subscriber.

Setiap pertumbuhan subscriber yang mencapai angka tertentu, Youtube akan memberikan penghargaan berupa Play Button. Sejauh ini, ada lima kasta penghargaan Play Button yang berlaku. Apa aja sih?

1 dari 6 halaman

Silver Play Button

Silver Play Button © Diadona

Kasta pertama adalah silver play button. Penghargaan ini akan diberikan untuk Youtuber yang telah memiliki 100.000 subscriber.

Penghargaan dengan warna perak ini berbentuk logo Youtube yang terbuat dari bahan tembaga, nikel, seng, dan karbon. Logo tersebut diletakkan di dalam bingkai yang dilapisi kaca. Desain ini adalah versi terbaru yang berlaku sejak 1 Maret 2017.

2 dari 6 halaman

Golden Play Button

Golden Play Button © Diadona

Satu tingkat di atasnya, terdapat golden play button yang diberikan kepada channel dengan sejuta subscriber.

Bentuknya hampir mirip dengan silver play button, sedikit perbedaan dari logo Youtube yang berwarna emas. Diperkirakan golden play button tersebut memiliki kandungan emas sebesar 15% dan sisanya merupakan campuran dengan nikel, besi, dan tembaga.

3 dari 6 halaman

Diamond Play Button

Diamon Play Button © Diadona

Salah satu penghargaan prestisius untuk Youtuber. Diamond play button diberikan hanya kepada mereka yang sudah meraih sebanyak sepuluh juta subscriber.

Berbeda dengan dua penghargaan sebelumnya, diamond play button punya bentuk yang sedikit lebih eksklusif. Masih berbentuk logo Youtube, hanya saja dengan warna mengkilap dan motif bersudut ala berlian. Diamond play button juga tidak ditempatkan di dalam bingkai melainkan dikirim dalam sebuah koper.

4 dari 6 halaman

Custom Play Button

Custom Play Button © Diadona

Lebih tinggi lagi, ada penghargaan Ruby Diamond Play Button atau yang lebih umum disebut sebagai Custom Play Button. Disebut demikian karena bentuknya dapat menyesuaikan dengan keinginan pemilik channel Youtube yang bersangkutan. Ketimbang plakat, custom play button lebih mirip dengan bentuk dari trophy.

Custom play button akan diberikan kepada mereka yang sudah meraih 50 juta subscriber. Berdasarkan Fandom.com, sejauh ini custom play button hanya dimiliki oleh dua channel yakni PewDiePie dan T-Series.

5 dari 6 halaman

Red Diamond Play Button

Red Diamond Play Button © Diadona

Penghargaan tertinggi dari Youtube sejauh ini adalah red diamond play button yang akan diberikan kepada channel channel dengan 100 juta subscriber.

Bentuk penghargaan ini mirip dengan diamond play button, hanya saja terdapat perbedaan dari bahan yang terbuat dari inset logam berlapis perak dan aksn merah tua di tengah logo. Lagi-lagi, hanya PewDiePie dan T-Series yang memilikinya sejauh ini.

Beri Komentar