Wajib Hadirkan Hidangan Serba Gula-Gula, Ini loh Tradisi Manis Idul Fitri di Negeri Dua Benua!

Reporter : Nasa
Selasa, 19 Mei 2020 19:35
Wajib Hadirkan Hidangan Serba Gula-Gula, Ini loh Tradisi Manis Idul Fitri di Negeri Dua Benua!
Tradisi unik ini katanya dilakukan agar orang-orang juga berbincang-bincang tentang hal manis jika sudah banyak makan manisan.

Gak hanya Indonesia aja yang memiliki beragam tradisi Idul Fitri yang seru dan juga semarak. Sejumlah negara dengan maoritas penduduk muslim lainnya juga punya tradisi semarak nan unik.

Salah satunya tradisi unik dari negeri dua benua, Turki. Sebagai negara denga penduduk mayoritas beragama Islam, Turki memang memiliki tradisi dan adat budaya yang berhubungan erat dengan agama Islam.

Salah satunya adalah budaya spesial ketika momen lebaran atau hari raya Idul Fitri. Tradisinya agak berbeda ya dengan tradisi lebaran di Indonesia pada umumnya.

Sebenernya tradisi perayaan Idul Fitri di Turki juga ada beberapa yang sama dengan di Indonesia. Seperti sholat Idul Fitri pada pagi hari, namun hanyadiikuti oleh para pria.

Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi sanak keluarga menggunakan pakian-pakaian terbaik yang dimiliki. Lalu mereka juga akan berziarah ke makan mending keluarga mereka yang telah meninggal.

 

2 dari 4 halaman

Hari raya Idul Fitri yang lazim disebut sebagai Bayram di Turki ini juga menjadi libur nasional layaknya di Indonesia. Namun perbedaan yang paling mencolok dari tradisi lebaran di Indonesia dan Turki adalah makanan yang dihidangkan.

Kalau di Indonesia biasanya terdiri dari berbagai menu dan kudapan yang sangat beragam, di Turki biasanya justru harus didominasi dengan makanan-makanan berbahan gula yang tentunya manis-manis.

Makanan manis yang wajib ada ketika Idul Fitri atau Bayram ini adalah baklava yang dikenal bercitarasa khas dan manis. Baklava sendiri merupakan manisan yang terbuat dari lapisan pastry dan kacang kenari hijau yang disiram dengan sirup gula.

Katanya nih ya, alasan utama adanya hidangan manis-manis di momen bayram, adalah agar sanak saudara yang berkumpul untuk bersilaturahmi bisa saling berbincang-bincang tentang hal-hal yang manis saja.

 

3 dari 4 halaman

Tradisi Bayram Turki © Diadona

4 dari 4 halaman

Selain baklava, berbagai jenis manisan biasanya juga akan disediakan pada momen bayram tersebut. Bahkan kabarnya, bayram di Turki juga memiliki tradisi layaknya perayaan Halloween di Eropa.

Jadi anak-anak kecil akan berkeliling mengunjungi rumah-rumah disekitarnya untuk mendapatkan permen dan juga manisa. Namun kabarnyya tradisi ini hanya berlaku di daerah-daerah kecil saja.

Wahh menarik banget ya tradisi manis dari Turki ini.

Beri Komentar