6 Aplikasi Bayar Zakat Online Terpercaya, Bisa Tetap Tunaikan Kewajiban di Tengah Pandemi Corona

Reporter : Firstyo M.D.
Minggu, 17 Mei 2020 09:40
6 Aplikasi Bayar Zakat Online Terpercaya, Bisa Tetap Tunaikan Kewajiban di Tengah Pandemi Corona
Pandemi nggak menghalangimu menunaikan kewajiban. Aplikasi zakat online terpercaya berikut bisa kamu manfaatkan kok!

Bulan Ramadan tiba. Di samping puasa, salah satu kewajiban yang juga harus dipenuhi adalah berzakat.

Situasi pandemi memang sedikit menghambat karena sebisa mungkin kita harus mengurangi kontak langsung dengan banyak orang, meski begitu, zakat tetap bisa dilakukan karena sekarang banyak bermunculan layanan zakat online yang terpercaya.

Apa sajakah layanan zakat online tersebut? Yuk simak di bawah!

1 dari 7 halaman

1. Amalin

Amalin (amalin.id) adalah sebuah wadah penyalur bantuan sosial. Namun saat ini mereka juga menerima penyaluran zakat. Nantinya zakat yang dibayarkan akan disalurkan ke sejumlah organisasi pemberdayaan masyarakat, pelayanan untuk dhuafa, dakwah, dan advokasi zakat.

Amalin juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh di PlayStore maupun AppStore. Amalin juga menyediakan pilihan zakat seperti zakat pertambangan, zakat emas, zakat perdagangan, zakat pertanian atau perkebunan, zakat harta, dan zakat profesi.

Lewat aplikasi, penghitungan zakat juga akan lebih mudah karena ada fitur Kalkulator Zakat yang akan membantu. Setelahnya pengguna bisa langsung membayar dengan berbagai metode.

2 dari 7 halaman

2. Kitabisa

Selama ini Kitabisa terkenal sebagai sarana fundraising untuk membantuk saudara-saudara yang terkena musibah. Semangat tersebut masih senada dengan tujuan zakat.

Terdapat pilihan menu yang bertuliskan 'Tap Zakat' dan pilih lembaga mitra zakat yang diinginkan. Zakat tersebut nantinya akan disalurkan ke sejumlah mitra seperti Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Dompet Dhuafa, Global Zakat-Aksi Cepat Tanggap, LAZISNU-NU CARE, serta Rumah Zakat.

3 dari 7 halaman

3. Tokopedia Zakat

Beberapa e-commerce menyediakan layanan untuk membayar zakat di aplikasi dan websitenya. Salah satunya adalah Tokopedia. Dalam menyalurkan zakat, Tokopedia bekerja sama dengan sejumlah badan zakat terpercaya seperti BAZNAS, Rumah Zakat, LAZISNU-NU CARE, serta Dompet Dhuafa.

Pengguna bisa langsung pilih menu zakat lalu masukkan jumlah zakat dan nomor NPWP, dan klik Bayar Zakat di akhir.

4 dari 7 halaman

4. Bukalapak BukaZakat

Bukalapak juga menyediakan layanan membayar zakat lewat fitur bernama BukaZakat.

Bukalapak menyediakan kalkulator zakat untuk pengguna yang belum benar-benar memahami cara penghitungannya.

Untuk pembayaran zakat, Bukalapak menyediakan berbagai macam metode seperti transfer bank, BukaDompet, atau pembayaran tunai melalui Alfamart, Indomaret, dan Pos Indonesia.

5 dari 7 halaman

5. Shopee Barokah

Shopee menyediakan fitur bernama Shopee Barokah. Pengguna bisa memilih untuk berapa orang zakat tersebut dibayarkan, kemudian mengisi nomor telepon, alamay email, dan nama pemberi zakat. Selanjutnya pengguna bisa melakukan pembayaran dengan berbagai metode.

6 dari 7 halaman

6. DANA

Zakat online lewat DANA © Diadona

Layanan dompet digital DANA memiliki fitur khusus untuk membayar zakat atau sekedar berdonasi. Fitur tersebut merupakan bentuk kerja sama antara DANA dengan Yayasan Dompet Dhuafa untuk menghadirkan layanan berzakat dan berdonasi secara digital.

Dalam penyaluran donasi, DANA dan Dompet Dhuafa menyediakan beberapa opsi, antara lain donasi untuk sekolah tanpa batas, 10.000 bingkisan lebaran, air untuk kehidupan, beasiswa untuk negeri, pembebasan gizi buruk, serta membantu kalangan difabel.

Pengguna DANA bisa dengan mudah melakukan zakat dan donasi karena cukup melakukannya lewat scan QR code dan zakat serta donasi akan tersampaikan.

7 dari 7 halaman

Berbagai pilihan aplikasi untuk membayar zakat secara online di atas harusnya nggak menghalangi kita untuk tetap menunaikan kewajiban. Terlebih aplikasi-aplikasi zakat online di atas sudah terpercaya, jadi tidak usah ragu karena yang kita beri pasti akan tersampaikan. Tinggal pilih deh aplikasi mana yang cocok denganmu.

Beri Komentar