Bosen Sama Nasi Kuning Buat Lebaran? Bikin Nasi Gurih Biru Aja yuk, Pewarnanya Alami kok!

Reporter : Nasa
Selasa, 19 Mei 2020 11:35
Bosen Sama Nasi Kuning Buat Lebaran? Bikin Nasi Gurih Biru Aja yuk, Pewarnanya Alami kok!
Walaupun warnanya beda, tapi rasanya dijamin nggak kalah deh kalau dibanding sama nasi kuning.

Momen lebaran selalu identik dengan makanan-makanan khas yang biasanya sudah menjadi tradisi turun menurun dari setiap keluarga di Indonesia. Beragam menu andalan keluarga biasanya akan terdesia di hari pertama lebaran.

Mulai dari rendang, ketupat, opor, hingga nasi kuning adalah hidangan umum yang biasanya dihidangkan di hari pertama lebaran. Tapi pernah ngerasa bosen nggak sih kalau makanannya itu-itu aja.

Kalau kamu ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda untuk lebaran ini, cobain nasi gurih biru ini aja yuk. Selain warnanya yang unik, nasi biru ini juga cocok kok jadi menu utama yang didampingi lauk pauk favoritmu.

2 dari 4 halaman

Nasi biru ini sebenarnya merupakan kuliner khas dari negeri Jiran Malaysia, tepatnya dari Kelantan. Nasi biru tersebut lazim disebut sebagai nasi kerabu. Uniknya, nasi biru ini menggunakan pewarna alami loh.

Warna biru dari nasi kerabu ini didapat dari bungan telang yang berwarna biru keunguan. Kalau di Malaysia, nasi kerabu biasanya dimakan dengan berbagai jenis sayuran, lauk pauk, hingga sambal.

Namun kamu juga bisa menyesuaikan lauk pauk yang dijadikan sebagai nasi kerabu atau nasi biru. Karena rasanya yang tak jauh berbeda dengan nasi uduk dan nasi kuning, maka kamu bisa perpadukan lauk atau menu lain sesuai seleramu.

3 dari 4 halaman

Nasi Kerabu © Diadona

4 dari 4 halaman

Nah kalau kamu ingin coba bikin nasi kerabu, ini nih resepnya :

500 ml kaldu ayam
300 g beras bulir panjang, cuci bersih
10 lembar bunga telang, rendam air hangat
3 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan
1 sdt garam

Cara Membuat :
Masak kaldu, beras, air bunga telang, dan sisa bumbu hingga mendidih dan tanak. Kemudian angkat. Kukus hingga matang, angkat. Sehingga siap disajikan dan didampingkan dengan lauk pauk yang sudah disediakan.

Beri Komentar