Beda Sama yang Lain, Arab Saudi Rayakan Idul Fitri dengan Pertunjukan Tarian Pedang Para Pria

Reporter : Nasa
Minggu, 17 Mei 2020 14:35
Beda Sama yang Lain, Arab Saudi Rayakan Idul Fitri dengan Pertunjukan Tarian Pedang Para Pria
Tarian pedang di Arab Saudi ini memang ditampilkan pada momen-momen besar saja.

Pernah dengan gak sih kalau Arab Saudi punya tradisi tarian unik yang hanya ditampilkan pada momen-momen besar dan penting saja. Tarian tersebut bahkan disebut merupakan salah satu warisan budaya kebanggaan Arab Saudi loh.

Adalah tarian pedang yang biasanya ditampilkan oleh para pria-pria gagah di sana. Tarian pedang ini kabarnya dapat ditemui di hampir seluruh wilayah Arab Saudi loh.

Melansir dari laman Destination Riyadh, tarian pedang Arab Saudi ini disebut merupakan perpaduan dari puisi, musik, lagu, tarian, irama dan juga kostum pakaian.

Tarian pedang yang lazim disebut sebagai Ardah ini lebih tepatnya berasal dari kawasan Najd, Arab Saudi. Para penari Ardah ini biasanya akan menggunakan semacam jubah dengan sulaman khas yang disebut 'Daghla'.

2 dari 3 halaman

Pria-pria penari Ardah biasanya akan diiringi oleh irama tabuhan musik yang disebut dengan 'Tasfiq'. Setiap daerah di Arab Saudi memiliki ciri khas tarian Ardha sendiri-sendiri.

Seperti di daerah Hijaz, tarian Ardah di sana biasanya menampilkan puisi khas Arab Andalusia. Sedang di Mekah dan Madinah, puisi dan lagu yang digunakan adalah tentang sejarah penyebaran Islam ke seluruh dunia.

Tari Ardah ini biasanya menampilkan kombinasi antara tepukan tangan, ketukan drum yang dilakukan secara bergrup. Tarian ini selain dipertunjukkan di momen-momen besar, juga ditampilkan untuk menjamu para tamu penting luar negeri.

Tari Ardah ini juga menjadi pertunjukkan seni yang ditampilkan ketika Arab Saudi kedatangan presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Spesial banget memang tarian pedang atau Ardah dari Arab Saudi ini.

3 dari 3 halaman

Beri Komentar