Tufahija, Dessert Manis Asal Bosnia yang Jadi Makanan Khas Lebaran Idul Adha

Reporter : Nasa
Jumat, 17 Juli 2020 16:35
Tufahija, Dessert Manis Asal Bosnia yang Jadi Makanan Khas Lebaran Idul Adha
Ada resepnya juga nih kalau kamu pengen nyobain.

Hari raya atau lebaran Idul Adha menjadi salah satu hari penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Momen Idul Adha biasanya juga akan dihabiskan bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Gak heran kalau di biasanya Idul Adhan juga lekat dengan berbagai tradisi unik. Salah satunya dalah tradisi kuliner yang harus ada di kala perayaan lebaran. Nah, kali ini kita mau bahas satu dessert unik dari Bosnia.

1 dari 4 halaman

Tufahija Bosnia © Diadona

2 dari 4 halaman

Cara Membuatnya Sangat Sederhana

Dessert ini, adalah makanan yang biasanya dihadirkan di tengah momen-momen hari besar. Seperti halnya perayaan Idul Adha. Namanya adalah tufahija. Dessert ini unik banget. Menurut info dari laman Food, dessert ini jadi favorit masyakat Bosnia.

Soalnya tufahija ini menggunakan satu buah apel utuh untuk tiap porsinya. Sebenernya tufahija ini dibuat dengan cara yang sangat sederhana. Jadi buah apel utuh yang sudah dikupas dan dipersihkan direbus.

Nah, spesialnya di sini nih, merebusnya harus menggunakan air gula loh ya. Terus setelah direbus, apel itu dipanggang sebentar di dalam oven. Kemudian dihias dengan cream dan kacang-kacangan.

3 dari 4 halaman

Tufahija Bosnia © Diadona

4 dari 4 halaman

Ada juga tufahija yang dalamnya diisi berbagai jenis kacang-kacangan. Jadi sebelum dierbus, buah apel dilubangi bagian tengahnya dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Lubang tersebut lalu dipenuhi dengan kacang-kacangan.

Biasanya, tufahija ini juga disajikan dengan sirup gula. Gak heran deh kalau tufahija ini jadi makanan favorit masyarakat Bosnia. Konon, Tufahija ini adalah makanan yang dulunya dibawa oleh pedagang dari Persia ke Bosnia loh.

Sampai sekarang dessert ini masih menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat Bosnia. Tufahija ini biasanya disajikan dalam gelas kaca berukuran sedang, atau juga di atas piring, jika dalam jumlah banyak.

Nah itu dia tufahija beserta cara membuatnya.. Boleh tuh kamu coba di rumah untuk varian menu pas hari raya Idul Adha nanti. Selamat mencoba ya.

Beri Komentar