Tips Menyimpan Sayuran Tanpa Kulkas Agar Tetap Segar Berhari-Hari, Life Hack Banget nih!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 23 November 2022 18:49
Tips Menyimpan Sayuran Tanpa Kulkas Agar Tetap Segar Berhari-Hari, Life Hack Banget nih!
Dengan tips berikut ini kamu tetap bisa menyimpan sayuran selama beberapa hari walautanpa kulka, mulai dari merendam akarnya di air dan masih banyak lagi

Dalam urusan memasak dan menyajikan makanan, kulkas memgang peran sangat penting. Kulkas membuat bahan makanan segar lebih lama sehingga tak perlu berbelanja di pasar terlalu sering. Namun tentu ada kondisi di mana kulkas tak selalu tersedia dan penghuni rumah harus memutar otak bagaimana agar bisa menyimpan makanan tanpa kulkas namun tetap segar lebih lama.

Secara umum, cara menyimpan sayuran hijau tanpa kulkas bisa dengan cara berikut ini :

1 dari 4 halaman

Bungkus dengan Paper Towel

Tips Menyimpan Makanan Tanpa Kulkas © Diadona

Untuk semua sayuran hijau yang tidak bisa kamu simpan di kulkas, cara yang tepat untuk menyimpannya yaitu dengan melapisinya dengan paper towel. Paper towel tersebut dapat menyerap kelembaban dengan maksimal. Tapi ini nggak berlaku untuk semua jenis sayuran ya!

Singkirkan Bagian yang Membusuk

Sebelum disimpan, petik bagian sayuran yang busuk sebab keberadaan mereka bisa menular ke sayuran yang segar. Untuk wortel misalnya, potongbagiannya yang sudah mulai layu.

Tempatkan di Ruangan Berventilasi

Pergantian udara di sekitar sayuran yang disimpan membuat sayuran jadi tahan lebih lama. Jangan simpan di ruang yang lembab ya karena kandungan air di udara bakalan bikin sayuran cepat busuk tpi juga jangan terkena sinar matahari.

2 dari 4 halaman

Tips Menyimpan Makanan Tanpa Kulkas © Diadona

Tahu dan Tempe

Kedua jenis bahan makanan fermentasi ini mudah sekali rusak bila tidak disimpan di kulkas. Tapi tenang aja, ada cara untuk membuatnya awet dan tahan lama walau di simpan di suhu ruang kok.

Caranya menyimpannya tanpa kulkas yakni dengan memasukkan tahu dan tempe ke dalam panci berisi air lalu masak sampai mendidih. Selanjutnya angkat dari kompor dan jangan ditiriskan atau pindah ke wadah. Biarkan tahu dan tempe terendam air rebusan tadi dan bar tiriskan serta bumbui ketika akan dimasak.

Daging Ayam

Tanpa kulkas, kamu tetap bisa menyimpan bahan makanan ini selama kurang lebih dua hari. Bukan, bukan digoreng dulu nih melainkan dengan cara 'dihilangkan' kandungan airnya.

Caranya yakni cuci bersih ayam laluberi sedikit perasan jeruk nipis. Selanjutnya rebus ayam hingga sedikit empuk. Angkat, tiriskan, siapkan wadan dengan api sedang dan sangrai ayam sampai kandungan airnya berkurang. Beri sedikit garam dan angkat ayam lalu simpan di wadah tertutup.

3 dari 4 halaman

Cara Menyimpan Makanan Tanpa Kulkas © Diadona

Kubis

Sama seperti cabe, simpan kubis di wadah berongga untuk menjamin sirkulai udara bisa berlangsung dengan baik.

Wortel

Sebelum disimpan, jangan potong kedua ujung wortel ya! Tempatkan wortel di wadah dengan dialasi kertas. Mekipun agar lunak, wortel masih bissa diolah setelah lima hari disimpan tanpa kulkas.

Sawi Putih

Tips menyimpan sawi putih ini juga bisa kamu lakukan seperti wortel yakni di wadah beralaskan kertas.

Kembang Kol dan Brokoli

Kembang kol atau brokoli disimpan dengan merendam batangnya di air atau melapisinya dengan handuk basah. Berbeda dengan jenis sayuran hijau lainnya, dalam cara menyimpannya tanpa kulkas, kedua jenis sayuran ini membutuhkan kelembaban.

4 dari 4 halaman

Kemangi

Bila tak disimpan dengan benar, kemangi akan cepat busuk yang ditandai dengan menghitamnya bagian daun. Agar lebih tahan lama tanpa kula, simpan kemangi dengan cara berikut ini : bungkus daunnya dengan menggunakan plastik dan tempatkan batang kemangi di wadah berisi air.

Tomat

Pilih tomat yang masih segar. Bila kamu berencana tak memasaknya di waktu dekat, pilih tomat yang masih muda. Saat menyimpannya tanpa kulkas, tempatkan tomat di tempat tembuka di suhu ruang.

Kangkung dan Bayam 

Bila kedua sayur ini masih berakar, simpan dengan merendam bagian akar di air seperti menanamnya. Dengan cara demikian, kangkung dan bayam akan segar lebih lama.

Tahu gimana tips menyimpan makanan tanpa kulkas sungguh life hack banget kan?

Beri Komentar