8 Tips Menyimpan Bubuk Matcha, Awet Lebih Lama, Segar, Nikmat, dan Nutrisinya Tetap Terjaga

Reporter : Arifina
Senin, 11 Desember 2023 20:07
8 Tips Menyimpan Bubuk Matcha, Awet Lebih Lama, Segar, Nikmat, dan Nutrisinya Tetap Terjaga
Bubuk matcha harus disimpan dengan tepat agar tetap nikmat tahan lama ya!

Tips menyimpan bubuk matcha agar lebih awet ketika akan digunakan bisa kamu terapkan di rumah. Bubuk matcha yang sering digunakan dalam hidangan makanan maupun minuman ini perlu dilakukan penyimpanan yang tepat agar tidak bau apek dan awet lebih lama.

Matcha berasal dari Jepang yang terkenal karena memiliki rasa yang khas. Maka dari itu, bubuk matcha ini harus disimpan dengan baik untuk mempertahankan kualitas dan rasanya.

Banyak makanan dan minuman dengan menggunakan bubuk matcha sebagai campurannya, seperti matcha latte, muffin matcha, matcha lava cake, dan masih banyak lainnya. Hal ini karena matcha memiliki rasa yang khas dan dapat memikat banyak orang dengan rasanya yang khas dan unik.

1 dari 8 halaman

ilustrasti matcha © Diadona

Bubuk matcha memiliki sifat yang sangat mudah mengalami oksidasi jika salah dalam penyimpanannya. Matcha yang sudah teroksidasi akan semakin rentan terhadap perubahan rasa maupun warna.

Hal ini akan menjadikan makanan olahan matcha menjadi kurang nikmat untuk disantap. Nah, agar bubuk matcha tetap awet kualitas dan rasanya, simak tips penyimpanan yang tepat berikut dilansir dari berbagai sumber!

2 dari 8 halaman

Perhatikan Penggunaan Wadah Penyimpanan

Hal paling penting dan utama dalam menyimpan bubuk matcha adalah bergantung dengan wadah yang digunakan. Pastikan kamu menggunakan wadah yang kedap udara dan tertutup rapat.

Salah satu yang direkomendasikan untuk menyimpan bubuk matcha adalah jenis wadah yang menggunakan seal bag. Penyimpanan dengan cara ini dapat mencegah agar tidak ada udara luar yang masuk. Sehingga, bubuk matcha tidak teroksidasi dan lebih awet.

3 dari 8 halaman

Jauhkan dari Paparan Cahaya Matahari

Langkah berikutnya, pastikan bubuk matcha yang sudah kamu masukkan di wadah tertutup dan kedap udara jauh dari paparan sinar matahari. Alangkah baiknya untuk meletakkan wadah tersebut di suhu ruang yang sejuk dan gelap.

Sehingga bubuk matcha akan terhindar dari paparan udara berlebih yang menyebabkan proses oksidasi. Jangan meletakkan bubuk matcha di tempat yang panas karena dapat mempengaruhi rasa dan kualitasnya. Kamu bisa memilih untuk meletakkan bubuk matcha di rak atau lemari penyimpanan khusus bahan makanan.

4 dari 8 halaman

Hindari Tempat yang Panas

Tips Menyimpan Bubuk Matcha © Diadona

Tak hanya menjauhkan dari paparan sinar matahari, dalam menyimpan bubuk matcha juga harus terhindar dari tempat yang panas. Seperti area panas di dekat kompor atau oven sangat perlu dihindari.

Alasannya, suhu panas dapat merusak tekstur dan kualitas bubuk matcha sehingga aroma dan rasanya bisa cepat memudar bahkan menghilang. Sangat penting untuk menghindari tempat-tempat tersebut agar bubuk matcha tetap terjaga kualitas dan rasanya.

5 dari 8 halaman

Simpan di Kulkas

Bubuk matcha memang bisa disimpan di suhu ruang asalkan tempat tersebut sejuk dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Namun, akan lebih baik jika bubuk matcha disimpan di dalam kulkas.

Meski begitu, tetap perhatikan dengan tepat agar saat disimpan bubuk matcha tetap terjaga kualitasnya. Pastikan menggunakan wadah penyimpanan tertutup rapat ya, untuk mencegah serapan aroma dari lingkungan kulkas.

6 dari 8 halaman

Jauhkan dari Bahan Makanan Lain

Walaupun bubuk matcha disimpan di kulkas, tidak menjamin kualitasnya akan tetap terjaga. Hal itu tergantung dari cara penyimpanannya.

Salah satu yang harus diperhatikan, letakkan bubuk matcha jauh dari bahan makanan yang beraroma tajam. Jauhkan dari bahan-bahan seperti bumbu-bumbu masakan, rempah-rempah yang memang beraroma kuat.

Jenis bahan makanan ini justru akan mempengaruhi kualitas dan rasa dari bubuk matcha.

7 dari 8 halaman

Hindari Tempat yang Lembab

Tips Menyimpan Bubuk Matcha © Diadona

Hal lain yang juga harus diperhatikan, hindarkan penyimpanan bubuk matcha di ruangan yang lembab. Ternyata tempat dengan suhu lembab tinggi dapat mempengaruhi kualitas bubuk matcha.

Kelembapan dapat merusak bubuk matcha dan membuatnya menggumpal. Tempat yang lembab juga dapat mempercepat bakteri dan jamur untuk tumbuh dalam bahan makanan tersebut ketika disimpan.

Namun, jika kamu tinggal di lingkungan yang lembap, pertimbangkan untuk menambahkan kantong silika atau benda pengering ke dalam wadah penyimpanan. Sehingga, bubuk matcha akan lebih terjaga dengan baik.

8 dari 8 halaman

Simpan di Freezer

Cara ini menjadi pilihan terakhir untuk menyimpan bubuk matcha. Kamu bisa melakukan penyimpanan di freezer, namun perlu diperhatikan caranya dengan tepat.

Pastikan kamu menggunakan wadah yang kedap udara dan tertutup rapat jika menyimpan bubuk matcha dalam freezer agar tidak bocor. Selain itu, disarankan menyimpan bubuk matcha yang sama sekali belum dibuka untuk disimpan di dalam freezer.

Hal ini dapat membantu bubuk matcha tidak terkontaminasi air ataupun es yang dimungkinkan masuk ke dalam wadah penyimpanan. Bila bubuk matcha terkontaminasi air, maka justru akan menggumpal dan merusak kualitasnya.

Itulah beberapa tips menyimpan bubuk matcha yang bisa kamu terapkan. Dijamin bubuk matcha kamu tetap terjaga kualitas dan rasanya ketika akan digunakan. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar