6 Cara Menyimpan Biskuit, Dijamin Anti Melempem dan Tetap Renyah Tahan Lama

Reporter : Arifina
Senin, 4 Desember 2023 20:17
6 Cara Menyimpan Biskuit, Dijamin Anti Melempem dan Tetap Renyah Tahan Lama
Jangan sampai cemilan biskuit kamu lembek dan tidak renyah lagi, simak tipsnya berikut ini!

Cara menyimpan biskuit agar tetap renyah dalam jangka waktu yang lumayan lama bisa kamu terapkan nih! Biskuit akan tetap renyah jika disimpan dengan cara yang tepat dan benar.

Biskuit menjadi salah satu makanan ringan yang banyak digemari orang dari semua kalangan. Biasanya, biskuit menjadi camilan ringan karena dikemas untuk siap dimakan. Serta, mknan satu ini banyak dibuat dari campuran tepung, gula, susu, dan sebagainya.

Umumnya, biskuit memiliki tekstur yang renyah. Namun,  jika salah cara penyimpanannya akan menjadikan camilan satu ini mudah lembek dan melempem.

Banyak faktor yang menyebabkan biskuit bisa melempem atau lembek. Biasanya berasal dari cara penyimpanannya yang tidak benar hingga tempat penyimpanannya yang lembab. Hal ini menjadikan biskuit terkena suhu yang lembab dan teksturnya menjadi lembek.

Nah, berikut ini cara menyimpan biskuit agar renyah tahan lama!

1 dari 7 halaman

Simpan Biskuit dalam Kaleng Bawaan

Cara Menyimpan Biskuit © Diadona

Cara yang paling aman untuk mempertahankan tekstur biskuit tetap renyah adalah jangan memindahkannya ke wadah lain. Tetap simpan biskuit dalam kaleng bawaan saat kamu membelinya.

Biskuit yang dikemas dengan kaleng bawaan biasanya memang sekalian untuk wadah tetapnya sehingga tidak perlu dipindahkan ke wadah lain. Kaleng memiliki ketahanan yang pas.

Tapi pastikan setelah mengambil biskuit untuk menutupnya kembali dengan pas dan tidak ada bagian atau celah menyebabkan biskuit terpapar udara dari luar. Sehingga produk tetap bertahan lama.

Dengan menyimpan biskuit dalam kaleng dengan benar dan tepat, biskuit dapat dinikmati dengan tekstur dan rasa yang pas tanpa khawatir jika biskuit akan berubah tekstur menjadi lembek.

 

2 dari 7 halaman

Pindahkan ke dalam Wadah Kedap Udara

Biskuit biasanya banyak dikemas dengan kemasan plastik. Jika biskuit akan dimakan untuk beberapa hari ke depan dan kemasan plastik terus dibuka, pasti akan merubah tekstur dan ketahanannya.

Jadi, lebih baik jika biskuit dipindahkan ke dalam wadah yang tepat atau wadah yang kedap udara, seperti toples atau yang lainnya.

Wadah yang tertutup rapat dan kedap udara akan membantu biskuit untuk tidak terapar udara berlebih. Biskuit yang terlalu banyak terkena paparan udara akan lebih mudah untuk terkontaminasi sehingga dapat menurunkan kualitas biskuit serta merubah teksturnya menjadi melempem atau lembek.

Hal inilah yang membuat biskuit tidak lagi nikmat dimakan karena tekstur kurang renyah tidak seperti saat awal membelinya.

3 dari 7 halaman

Gunakan Plastik Ziplock

Jika ingin praktis dan tidak ingin memakan banyak tempat, kamu bisa menggunakan plastik ziplock untuk menyimpan biskuit. Cara ini cukup mudah dan simpel untuk menjadikan biskuit tetap renyah tahan lama.

Tetapi, sebelum direkatkan pastikan tidak ada udara didalam plastik ziplock yang kamu gunakan untuk menyimpan biskuit. Sebab, jika masih terdapat udara di dalamnya justru akan membuat biskuit lebih cepat lembek dan melempem.

4 dari 7 halaman

Simpan di Dalam Kulkas

Cara Menyimpan Biskuit © Diadona

Setelah biskuit dimasukkan dalam plastik ziplock, langkah selanjutnya agar kebih tahan lama kamu bisa menyimpannya di kulkas. Cara ini akan menjadikan biskuit memeprtahankn tekstur renyah yang dimiliki.l

Namun, biskuit yang disimpan dalam kulkas sebaiknya dikonsumsi dalam waktu dekat atau jangan terlalu lama menyimpannya. Meski tetap renyah, penyimpanan di dalam kulkas yang terlalu lama masih dapat menurun kualitas baik dari sisi rasa dan tekstur.

5 dari 7 halaman

Pastikan Disimpan dalam Wadah Kering

Sebelum memulai proses penyimpanan, pastikan wadah yang kamu gunakan benar-benar kering. Baik itu menggunakan wadah kedap udara, hingga plastik ziplock.

Wadah penyimpanan yang kurang atau tidak kering, bisa menyebabkan biskuit tidak renyah kembali karena udara yang lembab bertemu dengan permukaan wadah yang dingin. Kelembaban dalam wadah juga dapat memicu adanya pertumbuhan jamur pada biskuit sehingga tekstur biskuit bisa rusak, bahkan busuk.

6 dari 7 halaman

Hindarkan dari Panas Matahari

Biskuit yang sudah disimpan dalam wadah atau plastik sebaiknya tetap dihindarkan dari paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari yang langsung mengenai wadah penyimpanan akan meningkatkan suhu dalam wadah sehingga biskuit menjadi lembab.

Suhu panas matahari dapat membuat biskuit menjadi lembek atau melempem sehingga kerenyahan biskuit menjadi lebih mudah hancur. Selain itu, suhu panas pada matahari dapat menyebabkan lemak dalam biskuit mencair sehingga dapat mengubah tekstur biskuit menjadi berminyak dan lembek. Hal itu akan mempengaruhi rasa, aroma, dan warna pada biskuit.

7 dari 7 halaman

Simpan di Suhu Ruang yang Stabil

Cara Menyimpan Biskuit © Diadona

Akan lebih baik jika biskuit disimpan ditempat yang sejuk dengan suhu ruang yang stabil. Suhu yang stabil membantu mempertahankan tekstur biskuit yang renyah.

Selain itu, suhu yang stabil juga membantu biskuit mempertahankan rasa dan aroma yang lebih baik. Menyimpan biskuit pada wadah yang kering dan sejuk membantu menjaga kualitas biskuit menjadi lebih baik.

empat sejuk yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung dan suhu yang stabil akan membantu biskuit memperpanjang umur simpan sehingga kerenyahan biskuit tetap terjaga.

Dengan mengikuti beberapa cara menyimpan biskuit di atas, dapat dipastikan jika biskuit tetap renyah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar