10 Tips Menyimpan Popcorn, Renyah Tahan Lama dan Tidak Mudah Melempem

Reporter : Arifina
Senin, 27 November 2023 16:03
10 Tips Menyimpan Popcorn, Renyah Tahan Lama dan Tidak Mudah Melempem
Renyah, gurih, manis, lezatnya popcoirn bisa dinikmti lebih lama jika kamu tepat menyimpannya! Simak tips berikut yuk!

Tips menyimpan popcorn bisa kalian coba praktekkan apabila ingin menyetok camilan satu ini  di rumah. Popcorn merupakan jenis camilan yang terbuat dari biji jagung yang dipanaskan.

Popcorn menjadi salah satu camilan olahan jagung favorit yang populer di seluruh dunia karena rasanya yang lezat, renyah, gurih, dan manis. Biasanya popcorn dinikmati dalam keadaan polos atau diberi tambahan berbagai macam rasa, seperti caramel, mentega, keju, coklat, dan lain-lain.

Popcorn seakan menjadi camilan wajib yang tak terpisahkan ketika sedang menonton film. Bahkan, di setiap bioskop, popcorn adalah camilan utama yng dijual. Selain rasanya yang lezat dan renyah, ternyata popcorn juga merupakan camilan yang rendah kalori lho!

1 dari 11 halaman

Ilustrasi Popcorn © Diadona

Hal ini lah yang kemudian semakin membuat camilan olahan jagung ini digemari oleh masyarakat. Cara membuat popcorn sangatlah mudah, kalian pun bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah.

Namun, untuk menyimpannya, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini karena popcorn merupakan makanan yang mudah melempem jika tidak disimpan dengan baik.

Nah, biar tidak salah, simak yuk beberapa tips menyimpan popcorn berikut yuk!

2 dari 11 halaman

Hindarkan Popcorn dari Paparan Cahaya

Tips utama yng harus diperhatikan saat menyimpan popcorn adalah pastikan berad jauh dari cahaya matahari. Cahaya dapat menyebabkan perubahan kualitas dan kesegaran pada popcorn.

Jika popcorn terpapar langsung oleh cahaya dalam waktu yang lama, maka akan menyebabkan terjadinya oksidasi yang membuat popcorn menjadi tengik. Paparan cahaya juga dapat mempengaruhi rasa, warna, dan aroma popcorn menjadi memudar.

Selain itu, tekstur popcorn juga dapat berubah menjadi lebih lembek jika terpapar langsung oleh cahaya. Menjauhkan popcorn dari paparan cahaya secara langsung, baik cahaya matahari ataupun cahaya buatan akan membuat kualitas dan kelezatannya tetap terjaga.

3 dari 11 halaman

Jauhkan Popcorn dari Paparan Udara

Selain cahaya, ternyata udara juga bisa mempengaruhi kualitas dan kesegaran pada popcorn. Paparan udara yang berlebihan dapat menyebabkan popcorn mengalami perubahan tekstur menjadi lebih lembek dan kehilangan kerenyahannya.

Udara juga dapat menyebabkan popcorn mengalami oksidasi lemak, sehingga dapat merusak nutrisi dan mengakibatkan rasa dari camilan ini menjadi berubah. Dengan cara ini, maka kualitas dan kesegaran popcorn terjaga, sehingga saat dimakan tetap enak dan lezat.

4 dari 11 halaman

Pastikan Menyimpan dalam Wadah Kedap Udara

Tips Menyimpan Popcorn © Diadona

Popcorn merupakan makanan yang memiliki sifat cepat lembek atau melempem apabila tidak disimpan dengan baik. Terutama jika terpapar langsung oleh udara ataupun cahaya, popcorn akan menjadi lebih cepat lembek dan kehilangan kerenyahannya.

Karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, simpanlah popcorn dalam wadah yang kedap udara dan tertutup. Wadah yang kedap udara dapat membantu mencegah popcorn terpapar langsung oleh udara dan cahaya, sehingga kesegaran dan kualitasnya tetap terjaga.

5 dari 11 halaman

Simpan Popcorn di Tempat Sejuk

Simpanlah popcorn di tempat yang sejuk. Popcorn yang disimpan pada suhu rendah cenderung akan lebih lama dalam mempertahankan kerenyahannya.

Pilihlah tempat yang sejuk seperti kulkas atau ruangan yang tidak terpapar cahaya matahari secara langsung. Hindari menyimpan popcorn di tempat yang dekat dengan sumber panas atau sinar matahari agar popcorn tetap terjaga kualitasnya.

Popcorn merupakan makanan yang rentan terhadap suhu panas, meskipun cara pembuatannya dilakukan dengan suhu yang tinggi. Tetapi, ketika popcorn sudah matang, suhu tinggi dapat mempengaruhi tekstur dan kualitasnya.

Sehingga, popcorn menjadi kehilangan kelembaban dan menjadi tidak renyah.

6 dari 11 halaman

Jauhkan dari Bahan Berbau Tajam

Ketika menyimpan popcorn, perhatikanlah sekitarnya. Jauhkan popcorn dari bahan makanan yang memiliki bau tajam, seperti bawang putih, bawang bombay, atau rempah-rempah. 

Simpan popcorn dalam wadah yang kedap udara dan jangan dicampur dengan makanan lain agar popcorn tetap lezat dan tidak terpengaruhi oleh aroma dari bahan lain.

Popcorn salah satu jenis makanan yang mudah menyerap aroma karena memiliki struktur pori-pori pada bagian permukaannya. Pori-pori ini dapat menyerap aroma dengan mudah karena memiliki kadar air yang rendah. 

7 dari 11 halaman

Hindari Menyentuh Popcorn Langsung dengan Tangan

Tips Menyimpan Popcorn © Diadona

Menyentuh popcorn langsung dengan menggunakan tangan dapat menyebabkan camilan ini menjadi lebih cepat kehilangan tekstur renyahnya. Hal ini karena tangan manusia yang mengandung minyak alami di dalamnya.

Minyak ini dapat menyebar ke seluruh permukaan popcorn dan membuatnya menjadi lebih lembek, sehingga tekstur popcorn tidak renyah lagi. Hindari menyentuh langsung popcorn dengan tangan ketika akan menyimpannya. Sebaiknya gunakan sarung tangan, spatula, dan sendok agar kebersihan dan kehigienisan popcorn tetap terjaga.

8 dari 11 halaman

Perhatikan Penyimpanan Popcorn dalam Kulkas

Perhatikan barang-barang di sekitar popcorn saat akan menyimpannya di dalam kulkas. Jangan simpan popcorn dengan bahan lain yang memiliki bau tajam agar tidak menyerap bau dan aromanya.

Jika ingin popcorn menjadi lebih awet dan tahan lama, sebaiknya simpan  dalam wadah yang tertutup dan kedap udara. Masukkan popcorn dalam kulkas dengan suhu rendah.

Kondisi tersebut akan membantu popcorn menjadi awet lebih lama dalam mempertahankan kerenyahannya dan tidak mudah lembek.

9 dari 11 halaman

Simpan dalam Freezer

Dilansir dari tastingtable.com, menyimpan popcorn dalam freezer dapat membantu menjaga kesegarannya agar tidak mudah lembek. Hal ini mungkin terlihat aneh, karena popcorn mungkin bisa menjadi beku saat disimpan dalam freezer.

Akan tetapi, kunci untuk menjaga kesegaran popcorn adalah dengan menjaga tingkat kelembapannya. Jika ingin menyimpan popcorn dalam waktu yang lama, masukkan popcorn dalam kantong plastik, tutup rapat, kemudian simpan dalam freezer.

Pastikan sebelum disimpan popcorn sudah dalam keadaan benar-benar dingin agar saat disimpan tidak mudah lembek nantinya.

10 dari 11 halaman

Tambahkan Silica Gel

Ilustrasi Popcorn © Diadona

Silica gel rupanya sangat berpengaruh untuk penyimpanan popcorn. Siloga gel merupakan bahan yang sering digunakan untuk menjaga kelembapan dan mencegah terjadinya kondensasi dalam wadah penyimpanan.

Biasanya, silica gel digunakan dalam produk-produk seperti pakaian dan barang elektronik. Namun, tidak ada salahnya mencoba menggunakan silica gel sebagai pengawet ketika menyimpan popcorn.

Tambahkanlah silica gel dalam wadah penyimpanan popcorn agar kelembapan di dalamnya terserap. Sehingga kualitas popcorn tetap terjaga.

Pastikan silica gel tidak bersentuhan langsung dengan popcorn saat ditambahkan dalam wadah penyimpanan ya. Hal ini untuk menghibdari rasa dan aromanya trercampur pada popcorn.

11 dari 11 halaman

Perhatikan Waktu Penyimpanan Popcorn

Seiring berjalannya waktu, popcorn bisa mengalami perubahan tekstur, rasa, dan kualitas meskipun sudah disimpan dengan cara yang benar. Karena itu, sebaiknya popcorn jangan disimpan terlalu lama.

Popcorn lebih baik dinikmati dalam waktu yang relatif singkat setelah dibuka dari kemasan ataupun setelah matang jika membuatnya sendiri. Sehingga, rasa, tekstur, dan kualitas popcorn tetap lezat serta renyah ketika dinikmati.

Itulah tadi sederet tips menyimpan popcorn agar tidak mudah melempem dan tahan lama. Apabila ingin menyetok popcorn sebagai camilan di rumah, coba praktekkan tips di atas agar camilanmu tetap terjga kualitasnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar