Tips Menentukan Menu Masakan Harian, Lezat dan Menyehatkan

Reporter : Arifina
Selasa, 22 Agustus 2023 18:17
Tips Menentukan Menu Masakan Harian, Lezat dan Menyehatkan
Membuat menu masakan harian yang sehat memang susah-susah gampang ya!

Menentukan menu masakan harian memang susah-susah gampang. Sebab, masakan harus sehat, bergizi, dan enak terbilang susah-susah gampang. Hal ini berkaitan dengan rasa, dan juga menu yang berbeda agar keluarga tidak merasa bosan.

Apalagi memasak bisa menjadi tugas yang melelahkan dan membosankan, terutama jika kita tidak memiliki banyak waktu atau ide.

Apalagi jika kamu memilih untuk menerapkan pola hidup sehat buat keluarga. Tentunya, perlu untuk membuat menu-menu masakan harian yang enak namun juga sehat.

Karena itu, kamu perlu mencari tahu menu-menu variatif yang menyehatkan untuk masakan harian nih! Berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips untuk membuat menu masakan harian yang mudah. Simak yuk!

 

1 dari 9 halaman

Tips Menu Masakan Harian © Diadona

Buat Rencana Menu Mingguan

Ada baiknya kamu perlu merencanakan membuat menu masakan di setiap minggunya, termasuk resep-resep pilihan. Ini akan membantumu lebih cepat dalam memasak setiap harinya.

Dengan begitu kamu tidak perlu bingung harus memutuskan masak apa setiap harinya. Perlu dipertimbangkan, membuat menu masakan yang sehat untuk selalu menyertakan variasi protein, sayuran, buah-buahan, hingga biji-bijian dalam rencana menu makanan seminggu ke depan ya!

2 dari 9 halaman

Pastikan Memilih Bahan Masakan yang Segar

Tips Menu Masakan Harian © Diadona

Bahan makanan yang masih segar memiliki rasa dan nutrisi yang lebih baik daripada bahan yang sudah terlalu lama disimpan. Cobalah untuk selalu membeli bahan makanan segar sesuai dengan musim agar mendapatkan hasil terbaik.

Bahan-bahan yang segar dan berkualitas tentu saja akan menentukan hasil dari masakan yang kamu buat. Selain lezat, makanan yang kamu masak juga pasti menyehatkan.

3 dari 9 halaman

Pilih Metode Memasak yang Sehat

Metode memasak juga harus diperhatikan untuk membuat menun masakan harian yang sehat. Seperti, merebus, mengukus, atau memanggang, daripada menggoreng.

Dengan melakukan metode ini akan membantu mempertahankan nutrisi dalam makanan tanpa menambahkan banyak lemak.

4 dari 9 halaman

Kurangi Penggunaan Gula dan Garam

Tips Menu Masakan Harian © Diadona

Menerapkan menu makanan yang sehat kamu harus berhati-hati dengan penggunaan gula dan garam berlebih saat proses memasak. Cobalah untuk menggunakan bumbu alami seperti rempah-rempah dan herbal untuk menambahkan rasa pada makanan tanpa harus mengandalkan gula dan garam.

Dengan bumbu-bumbu alami dan sederhana ini masakan kamu tetap sehat tanpa khawatir kelebihan lemak.

5 dari 9 halaman

Coba Resep Internasional

Tidak harus setiap hari, tapi cara ini bisa juga diterapkan dalam membuat menu masakan harian yang sehat lho! Sesekali, carilah resep masakan internasional untuk membuat hidangan yang berbeda.

Dengan begitu, meski memakan makanan sehat tapi menu yang kamu sajikan tetap bervariasi dan menggugah selera.

6 dari 9 halaman

Langganan Majalah atau Blog Masakan

Tips Menu Masakan Harian © Diadona

Mencari-cari ide menu masakan yang nggak cuma itu-itu saja, kamu bisa dengan berlangganan majalah atau blog masakan nih! Pilih saja yang sesuai konsep menu masakan yang diterapkan setiap hari.

Kamu juga bisa memperluas ide-ide variasi menu masakan harian yang akan kamu masak lho!

7 dari 9 halaman

Sajikan Buah dan Sayur

Pastikan kamu selalu menyediakan sayuran dan buah di setiap menu makanan sehari-hari ya. Buah-buahan dan sayur merupakan sumber vitamin, mineral, dan serta yang penting untuk kesehatan tubuh.

Menyediakan menu-menu sehat tentu saja harus dengan optimal dilakukan. Sehingga, pola yang sudah direncanakan untuk menjaga kesehatan keluarga juga bisa maksimal.

8 dari 9 halaman

Contoh Menu Masakan Harian yang Sehat

Tips Menu Masakan Harian © Diadona

Sarapan:

  • Oatmeal dengan buah-buahan
  • Telur dadar dengan sayuran
  • Roti gandum dengan selai kacang

Makan siang:

  • Salad ayam
  • Nasi merah dengan ikan
  • Sup sayuran

Makan malam:

  • Ayam panggang dengan kentang dan sayuran
  • Ikan salmon dengan nasi dan brokoli
  • Daging sapi tanpa lemak dengan pasta dan saus tomat

9 dari 9 halaman

Itulah sederet tips menu masakan harian yang menyehatkan. Selain itu, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut untuk bisa memasak menu makanan sehat dengan cepat dan mudah.

Di antaranya, kamu bisa menyiapkan bahan-bahan memasak di malam hari. Sehingga, saat sarapan akan lebih menghemat waktu. Kamu juga bisa memasak sekaligus dalam jumlah besar yang bisa untuk satu hari sekaligus.

Jangan lupa untuk selalu berkreasi di setiap masakan yang kamu buat ya! Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Beri Komentar