15 Tips Membersihkan Debu di Rumah yang Benar, Bye Bersin-Bersin!

Reporter : Aditia
Selasa, 6 Juni 2023 12:00
15 Tips Membersihkan Debu di Rumah yang Benar, Bye Bersin-Bersin!
Biar rumah gak kotor dan sesak, lakuin tips ini yuk!

Tips membersihkan debu di rumah sebenarnya cukup mudah dilakukan, kamu hanya membutuhkan ketelatenan dan rutin melakukannya agar debu tidak menumpuk.

Cara membersihkan rumah bisa dilakukan oleh siapa pun karena termasuk perkerjaan yang tidak sulit, karena memiliki rumah yang bersih akan menciptakan kenyamanan bagi pemiliknya, salah satu yang membuat rumah mudah kotor adalah adanya debu. Oleh karena itu, kamu membutuhkan tips membersihkan debu di rumah agar rumahmu tetap bersih.

Tak hanya kotor dengan debu saja, rumah juga bisa menjadi kotor karena sarang laba-laba akibat jarang membersihkan rumah. Tips membersihkan debu di rumah yang satu ini membutuhkan cara yang tepat agar kotoran di rumah tidak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. 

Nah, yuk mulai terapkan tips membersihkan debu di rumah agar tidak menimbulkan efek buruk bagi Kesehatan!

1 dari 15 halaman

1. Bersihkan lantai setiap hari

Tips Membersihkan Debu di Rumah © Diadona

Tips membersihkan debu di rumah yang ampuh adalah rutin mengepel lantai setiap hari. Jangan lupa untuk membersihkan sampai ke sela-sela yang sulit dijangkau.  Tiap sisi lantai perlu dibersihkan karena sudut rumah biasanya menyimpan banyak sekali tumpukan debu yang membuat lantai menjadi kotor.

Pakailah pel yang memiliki kain yang mudah menyerap air dan kotoran agar tidak meninggalkan noda atau bercak di lantai.

2 dari 15 halaman

2. Bersihkan Karpet

Tips Membersihkan Debu di Rumah © Diadona

Cara menghilangkan debu lainnya bisa kamu lakukan dengan mulai membersihkan karpet. Karpet yang kita gunakan sangat mudah menyerap debu, apalagi di bagian bawahnya. 

Tips membersihkan debu yang satu ini juga harus dibarengi dengan mencuci karpetmu. Sebab bisa jadi, karpet juga menyerap debu yang akan membuat lantaimu tetap berdebu meski sudah disapu.

Alih-alih memakai karpet, kamu bisa menggunakan vinyl untuk melindungi lantaimu. Meski ada banyak karpet yang memiliki bahan yang nyaman, namun ini akan menjadi PR ketika membersihkannya. 

3 dari 15 halaman

3. Gunakan air purifier

Tips Membersihkan Debu di Rumah © Diadona

Ada cara lain yang praktis untuk tips membersihkan debu di rumah, yaitu menggunakan bantuan air purifier. Alat ini bekerja dengan cara melembabkan udara ruangan dan menghilangkan debu. 

Untuk kamu yang sibuk bekerja atau kerap meninggalkan rumah di siang hari, kamu bisa nih menggunakan alat yang satu ini untuk membuat rumahmu tetap di suhu yang segar.

 

4 dari 15 halaman

4. Mandikan hewan peliharaan

Tips Membersihkan Debu di Rumah © Diadona

Salah satu yang membuat rumah kerap berdebu adalah hewan peliharaan. Si menggemaskan satu ini biasanya datang dari luar atau sela-sela perabot rumah dan membawa debu di tubuh atau bulunya.

Nah tips membersihkan debu di rumah selanjutnya adalah dengan memandikan hewan peliharaan. Dengan cara ini, debu yang dibawa kucing atau hewan peliharaan lainmu tidak menyebar ke area rumah lainnya.

5 dari 15 halaman

5. Kurangi Perabot Rumah

Tips Membersihkan Debu di Rumah © Diadona

Cara membersihkan debu di rumah selanjutnya adalah dengan mengurangi jumlah perabotan di rumahmu. Ini cara efektif membersihkan debu agar tidak memberikan tempat bagi bagi debu untuk berkumpul. 

Beberapa perabotan yang biasanya menjadi sarang debu adalah lemari, rak, dan juga aksesoris ruangan lainnya. 

6 dari 15 halaman

6. Cuci Sprei

Tips Membersihkan Debu di Rumah © Diadona

Tips membersihkan debu di rumah lainnya adalah dengan mencuci sprei. Sprei terbuat dari kain yang bahannya mudah menyerap benda kecil seperti debu, sehingga akan membuat penumpukkan debu yang bisa mengotori ruangan.

Tak cuma mengotori ruangan, debu di sprei juga bisa mengganggu kesehatanmu. Oleh karena itu, kamu kudu rajin membersihkan dan mencuci sprei ini. 

7 dari 15 halaman

7. Jemur Bantal dan Kasur

Tips Membersihkan Debu di Rumah © Diadona

Tips membersihkan debu di rumah selanjytnya adalah dengan mencuci sarung bantal beserta bantalnya. Tak terkecuali untuk menjemur peralatan tidur lainnya seperti kasur serta dipukul-pukul untuk mengeluarkan kotoran dan debu yang menumpuk.

Debu yang bersarang pada kasur dapat membuatmu mengalami gangguan pernafasan, ruangan yang sesak, dan aroma kamar yang tidak sedap.

8 dari 15 halaman

8. Pilah Barang yang Tidak Terpakai

Tips Membersihkan Debu di Rumah © Diadona

Salah satu hal yang membuat penumpukkan debu makin banyak adalah kebiasaan menyimpan barang yang sudah tidak terpakai. Apalagi jika kamu hanya menaruhnya sembarangan dan jarang membersihkannya. 

Tips membersihkan debu di rumah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mulai memilah barang yang tidak perlu untuk disingkirkan.

9 dari 15 halaman

9. Jangan Memakai Kemoceng

Tips Membersihkan Debu di Rumah © Diadona

Alat kebersihan yang cukup sering digunakan untuk membersihkan debu adalah kemoceng. Namun siapa sangka, kemoceng bulu justru membuat debu semakin banyak dan menumpuk di sela-sela perabotan rumah. Ini kena kemoceng tidak bisa membersihkan debu tanpa membuatnya menumpuk di sudut perabotan.

Ada beberapa jenis kemoceng berdasarkan bahannya, misalnya bulu, kain, microfibe. 

Ada baiknya gunakan kemoceng dengan bahan microfibe yang lembut dan mampu menyerap debu dengan partikel kecil sekalipun.

10 dari 15 halaman

10. Jangan Lupa Tutup Jendela

Tips Membersihkan Debu di Rumah © Diadona

Cara menghilangkan debu di ruangan lainnya adalah dengan menutup jendela. Apalagi jika kamu tinggal di pinggir jalan raya dengan banyak kendaraan lalu lalang. Ini tentunya akan membuat rumahmu mudah dimasuki oleh debu. 

Tak hanya itu, menutup jendela untuk tips membersihkan debu di rumah ini juga perlu dilakukan saat musim angin yang deras, partikel yang dibawa angin bisa saja membuat rumahmu jadi kotor dan berdebu.

11 dari 15 halaman

11. Bersihkan Gorden

Tips Membersihkan Debu di Rumah © Diadona

Gorden juga membuat debu bisa menumpuk lho, apalagi jika gordenmu terbuat dari kain yang mudah menyerap kotoran. 

Tips membersikan debu di rumah yang perlu kamu lakukan adalah dengan rutin membersihkan gorden rumahmu. 

12 dari 15 halaman

12. Letakkan Keset di Pintu Depan

Tips Membersihkan Debu di Rumah © Diadona

Salah satu yang bisa menghalangi debu masuk rumah adalah meletakkan keset di pintu depan rumahmu. Tips membersihkan debu di rumah yang satu ini bisa menghalangi debu dari kaki mengotori lantaimu. 

13 dari 15 halaman

13. Jangan  Pakai Sepatu dalam Rumah

Tips Membersihkan Debu di Rumah © Diadona

Banyak orang yang masih menggunakan sepatu di rumah untuk melindungi kaki mereka. Namun cara ini justru membuat rumahmu mudah kotor dan tidak higenis, lho. 

Kita menginjak lantai rumah dengan alas kaki yang kotor akan meninggalkan flek hingga tumpukkan kotoran lainnya, belum lagi jika kotoran tersebut mengandung kuman atau bakteri yang bisa mengganggu kesehatan dan membuat ruangan jadi kotor.

Nah, tips membersihkan debu di rumah ini agar dengan tidak membiasakan menggunakan sepatu di dalam rumah, apalagi jika sepatu tersebut habis kita pakai dari luar rumah.

14 dari 15 halaman

14. Bersihkan Plafon atau Langit Rumah

Tips Membersihkan Debu di Rumah © Diadona

Tips membersihkan debu di rumah selanjutnya adalah dengan membersihkan plafon atau langit-langit rumah. Biasanya, plafon kerap kali digunakan serangga seperti laba-laba untuk membangun sarangnya. Sarang Laba-Laba ini bisa membuat penumpukkan debu di rumah semakin parah. Dengan membersihkan plafon rumah ini bisa mengangkat debu sampai tuntas. 

 

15 dari 15 halaman

15. Alat Pembersih Elektronik

Tips Membersihkan Debu di Rumah © Diadona

Cara yang lebih praktis adalah dengan menggunakan alat elektronik. Peralatan elektronik ini bisa dipakai untuk tips membersihkan debu di rumah karena kamu tak perlu menggunakan alat manual untuk memastikan rumah kembali bersih. 

Peralatan elektronik yang bisa kamu pakai misalnya seperti vacum cleaner, penyedot debu, dan sebagainya yang efektif menghilangkan kotoran dari rumahmu secara otomatis. 

 

Beri Komentar