9 Tips Membersihkan Kaca Jendela yang Buram Agar Kinclong Lagi dengan Bahan Alami

Reporter : Aditia
Senin, 5 Juni 2023 16:15
9 Tips Membersihkan Kaca Jendela yang Buram Agar Kinclong Lagi dengan Bahan Alami
Bersih dan kinclong pakai bahan alami!

Kamu membutuhkan tips membersihkan kaca jendela apabila rumahmu banyak menggunakan material kaca untuk membiarkan cahaya masuk ke rumahmu. Membersihkan jendela tidaklah sulit, kamu hanya membutuhkan beberapa bahan dan tutorial yang tepat agar kacamu tetap terjaga dan terawat.

Memiliki kaca jendela kamu harus kerap membuatnya tetap kinclong untuk mendukung tampilan rumahmu makin indah. Oleh karenanya, kamu membutuhkan tips membersihkan kaca jendela. Cara membersihkan kaca jendela ini juga tergolong mudah, kamu hanya membutuhkan bahan alami yang mudah ditemui di sekitar kamu. 

Kaca yang buram adalah masalah yang dapat mengganggu penampilan rumahmu. Kaca jendela yang bersih menjadi salah satu faktor pendukung keindahan rumah. Oleh karena itu, yuk simak 9 Tips membersihkan kaca jendela yang mudah dan ampuh bikin kinclong.

1 dari 10 halaman

1. Pasta gigi

Tips Membersihkan Kaca Jendela © Diadona

Tips membersihkan kaca jendela yang pertama adalah dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi mengandung zat untuk membersihkan kotoran membandel hingga jamur yang menempel pada kaca yang buram. 

Cara penggunaannya pun cukup mudah, siapkan kain kering yang memiliki tekstur halus, lalu oleskan secukupnya pasta gigi, dan usapkan ke kaca jendela secara merata, bilas dengan air, lalu usap menggunakan alat pembersih kaca dengan menyeluruh. 

2 dari 10 halaman

2. Perasan Jeruk lemon

Tips Membersihkan Kaca Jendela © Diadona

Tips membersihkan kaca jendela selanjutnya adalah dengan menggunakan air perasan jeruk lemon. Air perasan jeruk lemon mengandung asam yang mampu membersihkan kaca secara alami. 

Caranya mudah, peras jeruk lemon secukupnya, kamu bisa menggunakan kapas atau kain pembersih yang dapat menyerap cairan dengan baik untuk membantu mengusapkan air perasan jeruk lemon ke kaca jendela. Mulai dengan menggosok bagian atas dan sudut, lalu usap terus hingga kaca bersih dan kotoran yang membandel di kaca jendela terangkat.

3 dari 10 halaman

3. Alkohol

Tips Membersihkan Kaca Jendela © Diadona

Tips membersihkan kaca jendela yang ketiga bisa kamu lakukan dengan menggunakan alkohol. Pastikan kamu memilih jenis alkohol pembersih yang tepat ya. 

Caranya, tuang alkohol pada kain bersih yang kering, lalu gunakan untuk membersihkan kaca jendela dengan cara digosok dan diusap hingga bersih. Jangkau bagian jendela kaca yang tinggi, pastikan sudut kaca juga dibersihkan terlebih dahulu agar kotorannya tidak mengalir ke kaca bagian bawah saat disemprotkan cairan pembersih. 

4 dari 10 halaman

4. Kaporit

Tips Membersihkan Kaca Jendela © Diadona

Dikenal sebagai pembersih kolam, nyatanya kaporit juga bisa digunakan sebagai tips membersihkan kaca jendela lho. Apalagi jika kaca jendelamu terdapat jamur yang membandel, zat kimia yang satu ini disebut ampuh hilangkan noda yang membuat kacamu jadi buram.

Cara penggunaannya juga sama dengan bahan lainnya, yaitu kamu cukup melarutkan kaporit dengan air, lalu gunakan dengan cara dioles ke kaca yang buram dan kusam, bersihkan dengan pembersih kaca jendela. Usap dengan arah dari atas ke bawah,  agar kotoran yang di atas tidak mengalir ke bagian bawah kaca. 

5 dari 10 halaman

5. Cuka

Tips Membersihkan Kaca Jendela © Diadona

Tips membersihkan kaca jendela selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka. Bumbu dapur yang satu ini dapat membuat kacamu jadi mengkilap lagi. 

Cara membersihkan kaca jendela dengan menggunakan cuka ini cukup mudah, kamu cukup gunakan 5-7 sendok makan cuka putih sebagai cairan pembersih dan usap menggunakan alat pembersih maupun kain. Kamu juga bisa manfaatkan koran bekas untuk digunakan pengganti kain. Semprotkan pada kertas koran, lalu usapkan pada kaca jendelamu. 

Selain itu, cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan benda lainnya yang terbuat dari kaca seperti cermin. 

6 dari 10 halaman

6. Baking Soda

Tips Membersihkan Kaca Jendela © Diadona

Tips membersihkan kaca jendela juga bisa menggunakan bumbu dapur lainnya yaitu baking soda. Baking soda cukup efektif untuk membuat kaca yang buram menjadi kinclong kembali.

Caranya, larutkan baking soda dengan sedikit air atau secukupnya saja, lalu aduk hingga merata. Diamkan selama 30 menit dan aplikasikan dengan kain yang setengah basah terlebih dahulu.

7 dari 10 halaman

7. Lepaskan Gorden Saat Membersihkan

Tips Membersihkan Kaca Jendela © Diadona

Sebelum melakukan beberapa tips membersihkan kaca jendela di atas, lebih baik kamu harus memastikan untuk melepas gorden atau tirai terlebih dahulu sebelum mulai mengaplikasikan cara membersihkan kaca jendela. 

Ini dilakukan agar kotoran maupun jamur yang menempel pada kaca jendela tidak mengenai gorden dan tiraimu. 

8 dari 10 halaman

8. Bersihkan Rutin

Tips Membersihkan Kaca Jendela © Diadona

Tips membersihkan kaca jendela lainnya adalah dengan rutin mengaplikasikan pembersih untuk menghondari penumpukkan kotoran dan noda pada kaca jendelamu. 

Semprotkan cairan dan gunakan pembersih kaca secara merata untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan praktis. Bersihkan kaca secara rutin dua kali seminggu agar tampilan kaca jendelamu tetap bersih.

9 dari 10 halaman

9. Gosok Noda

Tips Membersihkan Kaca Jendela © Diadona

Cara membersihkan kaca jendela rumah yang kamu bisa lakukan adalah dengan menghilangkan goresan atau noda kotoran pada permukaan kaca secara menyeluruh dengan produk penghilang goresan atau noda. 

Dalam membersihkan kaca jendela ini, kamu perlu ketelitian dalam memperbaiki goresan dan noda yang menempel karena resiko kaca akan pecah jika tidak dilakukan dengan benar. 

 

Beri Komentar