8 Tips Menggoreng Kentang agar Crispy Tahan Lama, Dijamin Lezat dan Gurih Banget!

Reporter : Arifina
Jumat, 22 Desember 2023 18:07
8 Tips Menggoreng Kentang agar Crispy Tahan Lama, Dijamin Lezat dan Gurih Banget!
Ternyata begini trik agar kentang goreng crispy lebih lama.

Tips menggoreng kentang agar lebih crispy dan lezat ketika dinikmati bisa menjadi referensi kamu untuk membuatnya di rumah. Kentang goreng banyak menjadi hidangan untuk camilan ketika lagi berkumpul bersama keluarga maupun teman.

Kelezatan kentang yang digoreng dengan tepung yang renyah membuatnya menjadi salah satu olahan camilan yang sulit untuk ditolak. Bagaimanapun, tidak semua kentang goreng memiliki tekstur yang sama.

Ada rahasia khusus untuk membuat olahan camilan kentang goreng agar crispy di luar dan lembut di dalam. Nah, berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips menggoreng kentang agar crispy tahan lama, yuk simak!

1 dari 9 halaman

Pilih Kentang yang Berkualitas Baik

Tips Menggoreng Kentang agar Crispy © Diadona

Semua hidangan akan terasa enak dan lezat jika bahan utama masakan tersebut memiliki kualitas yang baik dan segar. Bahan utama dalam hidangan ini adalah kentang, dimana untuk membedakannya cukup tricky.

Kentang memiliki tampilan yang sama baik pada kentang yang segar atau kurang segar. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perbedaan kentang yang segar atau tidak agar saat diolah memiliki rasa yang lezat.

Cara melihat kentang berkualitas baik, hindari kentang yang memiliki warna hijau dan perhatikan tekstur kentangnya. Kentang yang berwarna hijau cenderung masih muda atau terlalu lama disimpan di bawah sinar matahari yang dapat mempengaruhi kualitasnya ketika diolah.

Biasanya kentang yang berkualitas baik memiliki tekstur permukaan kulit yang halus. Pastikan juga untuk memilih kentang yang cukup berat, tidak memiliki goresan atau lubang yang cukup besar.

2 dari 9 halaman

Potong dengan Ukuran yang Sama

Untuk mempercepat proses memasak dan tingkat kematangan yang matang merata, pastikan kentang dipotong dengan bentuk dan ukuran yang sama. Umumnya, kentang goreng memiliki bentuk yang tipis memanjang, tebal bergerigi, atau tipis seperti keripik kentang

Bentuk dan ukuran kentang yang sama bertujuan untuk menghasilkan tingkat kematangan secara merata. Sehingga, tidak ada bagian kentang yang terlalu matang atau terlalu mentah. Selain itu, bentuk yang sama akan membantu kentang goreng menjadi lebih crispy dan garing.

3 dari 9 halaman

Rendam di Air Dingin dan Garam

Setelah kentang dicuci dan dipotong dengan ukuran atau bentuk yang sama rata, sebaiknya rendam dalam air dingin atau air berisi es. Rendam kentang sekitar 20-30 menit saja.

Jangan lupa tambahkan sedikit garam saat proses perendaman kentang agar warna kentang tetap segar. Dengan merendam dalam air dingin juga dapat menghilangkan kelebihan pati yang membuat kentang menjadi keras.

Cara ini membuat kentang lebih renyah ketika digoreng, dan menjaga kualitas rasanya menjadi lebih baik. Merendam kentang sebelum digoreng adalah salah satu langkah penting untuk menghasilkan hasil akhir kentang goreng yang lebih crispy dan enak.

4 dari 9 halaman

Keringkan Kentang dengan Baik

Ilustrasi Kentang Goreng Crispy © Diadona

Jika kentang telah direndam air dingin selama beberapa menit, sesegra mungkin untuk ditiriskan dan dikeringkan. Hal ini agar kandungan air pada kentang benar-benar hilang atau tidak tersisa.

Sebab air yang masih menempel pada kentang akan menyebabkan minyak panas bereaksi pada proses penggorengan sehingga mengeluarkan percikan. Kamu bisa meniriskan kentang dengan saringan dan lap perlahan menggunakan tisu makan.

Pastikan kentang benar-benar kering ketika akan digoreng pada minyak panas agar hasil kentang bagian luar crispy dan bagian dalamnya lembut.

5 dari 9 halaman

Goreng Kentang dalam 2 Tahap

Proses menggoreng kentang dengan hasil cripsy sempurna perlu diperhatikan dengan tepat. Tahapan penggorengan kentang dengan hasil sempurna harus dilakukan dalam dua tahapan.

Tahap pertama, goreng kentang pada suhu yang lebih rendah sampai matang atau tidak perlu dengan api besar. Hal ini agar bagian dalamnya matang terlebih dahulu. Setelah seluruh bagian kentang matang, angkat dan dinginkan.

Tahap kedua. goreng kembali kentang yang sudah didinginkan pada suhu yang lebih tinggi hingga warna kentang menjadi coklat keemasan dan bagian luarnya crispy. Biasanya, untuk tahap kedua kentang digoreng dengan api sedang-besar untuk menghasilkan tekstur luar kentang yang crispy.

Dengan menggoreng kentang secara dua tahap akan menghasilkan kentang goreng dengan tekstur, rasa, dan tampilan yang lebih baik dibandingkan dengan melalui satu tahap penggorengan.

6 dari 9 halaman

Pastikan Minyak Sudah Panas

Dengan dua tahap diatas, pastikan saat memasuki tahap kedua kamu menggunakan api yang panas dengan suhu tinggi. Cara ini dapat mengubah tekstur kentang menjadi lebih crispy diluar.

Minyak panas dapat memicu permukaan kentang menghasilkan lapisan luar yang kering dan renyah. Selain itu, ketika kentang dimasukkan dalam minyak panas akan membantu menjaga kentang goreng tetap renyah dan tidak terlalu berminyak saat disajikan.

Dengan suhu tinggi juga memungkinkan proses perubahan pada permukaan kentang yang lebih cepat dan merata. Hal ini memberikan ciri khas dan warna coklat keemasan pada kentang goreng.

7 dari 9 halaman

Goreng Secara Bertahap

Tips Menggoreng Kentang agar Crispy © Diadona

Usahakan saat menggoreng kentang dengan jumlah yang cukup banyak untuk tidak langsung menggoreng atau memasukkan semua kentang pada penggorengan. Sebab, menggoreng kentang dalam jumlah yang terlalu banyak dapat menurunkan suhu minyak. Sehingga kentang yang digoreng menjadi lebih berminyak dan kurang renyah.

Sebaiknya goreng kentang sedikit demi sedikit atau secara bertahap. Cara ini agar kentang matang secara merata karena tidak saling menumpuk. Cara ini juga memungkinkan untuk setiap potongan kentang mendapatkan paparan minyak panas yang cukup, sehingga menghasilkan kentang goreng yang lebih renyah dan lezat.

8 dari 9 halaman

Tiriskan dengan Tepat

Kentang goreng yang sudah matang harus sesegera mungkin untuk ditiriskan. Kamu bisa meniriskan kentang di atas saringan atau kertas minyak untuk menyerap minyak berlebih pada.

Cara ini dapat membantu kentang goreng mendapat hasil yang lebih crispy dan tidak terlalu berminyak sehingga lebih nikmat saat dimakan. Setelah itu, kamu bisa menikmati kentang goreng lebih lezar dengan taburan garam di atasnya. Tidak hanya itu, sajikan kentang goreng dengan saus cocolan favorit kamu.

Dengan mengikuti beberapa langkah menggoreng kentang agar crispy di atas, kamu dapat menghasilkan hasil akhir yang lezat abis. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar