6 Tips Menggoreng Nugget, Anti Hancur dan Dijamin Awet Renyah

Reporter : Arifina
Jumat, 15 Desember 2023 18:47
6 Tips Menggoreng Nugget, Anti Hancur dan Dijamin Awet Renyah
Biar nugget awet renyah dan tidak hancur ada triknya lho! Yuk simak!

Tips menggoreng nugget agar hasilnya kriuk dan renyah perlu dilakukan dengan cara yang tepat. Nugget merupakan salah satu jenis frozen food yang cukup digemari masyarakat Indonesia.

Ada yang terbuat dari daging ayam, ikan, hingga tempe, olahan nugget cocok untuk dijadikan camilan atau lauk makan sehari-hari. Makanan yang satu ini sangat praltis dan cukup mudah pengolahannya.

Kebanyakan orang mengkonsumsi nugget dengan cara digoreng saja hingga matang. Lalu, disajikan dengan cocolan saus dan nasi hangat untuk menu makanan praktis sehari-hari.

1 dari 8 halaman

Tips Menggoreng Nugget © Diadona

Menggoreng nugget sebenarnya cukup mudah, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar menghasilkan tekstur yang renyah dan tidak hancur. Karena itu, cara penggorengannya pun harus tepat.

Nah, berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips menggoreng nugget yang bisa dicoba di rumah!

2 dari 8 halaman

Pastikan Nugget dalam Kondisi Tidak Beku

Sebelum memulai menggorengnya, pastikan kamu sudah menyiapkan nugget dalam kondisi tidak beku. Karena itu, keluarkan terlebih dulu nugget dari kulkas dan biarkan pada suhu ruang.

Bagian nugget yang awalnya beku, jika dibiarkan pada suhu ruang akan leleh sehingga saat digoreng akan matang lebih merata.

Jika nugget digoreng masih dalam keadaan beku, tepung pelapis pada bagian luarnya akan rontok sehingga bisa mengotori minyak. Hal ini justru mengurangi kelezatan dari nugget.

3 dari 8 halaman

Goreng dengan Banyak Minyak

Pastikan nugget digoreng dengan minyak yang banyak. Cara ini untuk menjaga warna nugget agar tetap merata dan matangnya sempurna.

Minyak yang banyak artinya nugget saat digoreng harus tenggelam penuh di dalamnya. Suhu panas dalam minyak akan lebih meratakan proses menggoreng nugget agar merata.

Selain itu, cara ini juga akan membuat nugget lebih tahan lama dan renyah setelah digoreng, bahkan jika sudah dingin. Nugget yang digoreng di minyak yang sedikit, warnanya cenderung kurang merata dan bahkan bisa gosong.

4 dari 8 halaman

Pastikan Minyak Sudah Panas

Tips Menggoreng Nugget © Diadona

Sebelum nugget digoreng, sebaiknya panaskan minyak goreng terlebih dahulu. Dengan begitu nugget akan lebih mudah dan cepat untuk matang dan menjadi lebih renyah diluar dan juicy didalam.

Minyak yang sudah panas juga akan menjadikan warna nugget lebih merata saat matang. Panaskan minyak dalam wajan atau panci dengan api sedang sekitar 170-180 derajat celcius.

Baru setelah itu masukkan nugget yang akan digoreng. Cara ini juga bertujuan untuk mengurangi penyerapan minyak berlebih ke dalam nugget.

5 dari 8 halaman

Pakai Api Sedang

Untuk menghasilkan nugget yang renyah dan tidak hancur cukup digoreng pada api sedang. Usai minyak dipanaskan, maka buat suhu api di antara 60-70 derajat celcius saja.

Suhu tersebut akan membuat nugget matang sempurna dan memiliki tekstur garing bagian luarnya dan juicy pada bagian dalamnya. Jika suhu terlalu rendah dapat membuat makanan lebih banyak menyerap minyak secara berlebih.

Hal ini justru akan membuat hasil gorengan menjadi berminyak, lembek, dan kurang crispy saat dimakan.

6 dari 8 halaman

Kontrol Durasi Menggoreng Nugget

Selain digoreng di suhu yang tepat dengan api yang kecil, jangan lupa juga untuk memperhatikan durasi memasaknya. Biasanya nugget digoreng hingga matang dengan perubahan warna nugget menjadi coklat keemasan.

Untuk mendapatkan warna coklat keemasan yang pas, nugget cukup digoreng sekitar kurang lebih tujuh menit saja. Dengan durasi ini, maka kamu akan menghasilkan nugget yang renyah dan juicy.

Jika proses menggoreng nugget terlalu lama, hal itu justru akan menjadikan teksturnya terlalu kering dan keras.

7 dari 8 halaman

Tiriskan Nugget Setelah Digoreng

Tips Menggoreng Nugget © Diadona

Setelah nugget digoreng, jangan lupa untuk langsung meniriskan pada saringan. Lalu, letakkan di atas kertas minyak atau tisu dapur agar sisa minyak berlebih terserap.

Hal ini akan membuat nugget lebih renyah karena tidak ada sisa minyak berlebih yang menempel. Jika tidak langsung ditiriskan dan langsung dimakan, justru akan didapati rasa yang kurang renyah.

Cara ini juga menjadi langkah penting untuk membuat nugget menjadi lebih lezat dan sehat. Karena membantu mengurangi minyak berlebih pada makanan yang digoreng.

Itulah tips menggoreng nugget, ikuti agar hasil akhir olahan masakan kamu akan lebih renyah juicy tanpa minyak berlebih. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar