Tips Agar Kentang Goreng Tidak Lembek, Simak Juga Resep Terbaiknya ya!

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 7 Juli 2023 10:43
Tips Agar Kentang Goreng Tidak Lembek, Simak Juga Resep Terbaiknya ya!
Ingin menghasilkan kentang goreng yang sempurna dengan tekstur yang renyah dan tak lembek? Begini nih~

Kentang goreng yang renyah dan gurih merupakan salah satu hidangan yang pasti kamu sukai. Tetapi terkadang, saat membuatnya di rumah, kentang goreng bisa jadi lembek dan kurang memuaskan.

Jangan khawatir, berikut Diadona telah merangkum tips agar kentang goreng tidak lembek yang akan membantu kamu menghasilkan kentang goreng yang tetap renyah dan nikmat setiap kali memasaknya. Simak tips-tipsnya di bawah ini ya!

1 dari 4 halaman

Pilih Kentang Berkualitas

Ilustrasi Kentang © Diadona

Kualitas kentang yang Kamu gunakan memainkan peran penting dalam hasil olahan akhir. Pilihlah kentang segar dengan kulit yang halus tanpa tanda-tanda kerusakan. FYI, kentang yang baik untuk digoreng memiliki tekstur yang padat dan kurang mengandung air.

Rendam Kentang dengan Air

Kemudian, setelah kamu memotong kentang menjadi irisan atau kepingan yang kamu inginkan, rendam irisan kentang dalam air dingin selama 30 menit. Proses perendaman ini merupakan salah satu tips bikin kentang goreng yang paling utama sebab membantu menghilangkan kelebihan pati dari kentang. Nah kelebihan pati ini dapat menyebabkan kentang lembek saat digoreng.

Kemudian, pastikan untuk mengeringkan irisan kentang sebelum melanjutkan proses selanjutnya. Tujuannya adalah kadar airnya bisa sedikit berkurang.

2 dari 4 halaman

Rebus Kentang

Setelah selesai direndam, rebus irisan kentang dalam air mendidih selama beberapa menit hingga sedikit empuk. Jangan memasaknya terlalu lama, karena tujuan dari langkah ini adalah untuk mempercepat proses memasak, bukan memasak kentang secara sempurna.

Kentang yang kamu rebus sebentar ini akan membantu menjaga tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam saat digoreng. Intinya jangan sampai terlalu tanak aja kalau merebus ya Diazens.

Tambahkan Adonan Tepung

Lanjut ya Diazens, sebelum menggoreng kentang, taburi irisan kentang dengan adonan tepung atai maizena. Campurkan tepung serbaguna dengan bumbu favorit Kamu, seperti garam, merica, atau paprika.

Nantinya, adonan tepung ini akan membentuk lapisan luar yang renyah saat digoreng tapi tetap lembut di bagian dalamnya. Pastikan kentang terlapisi dengan merata sebelum dimasukkan ke dalam minyak panas.

3 dari 4 halaman

Goreng dengan Minyak Panas

Panaskan minyak hingga benar-benar panas, ini sangat penting dalam proses menggoreng kentang. Oh iya jangan gunakan minyak bekas gorengan lain ya karena akan mengubah rasa kentang itu sendiri.

Jadi, panaskan minyak dalam jumlah yang cukup banyak agar kentang tergoreng dengan sempurna. Goreng kentang dikit-dikit aja dulu agar suhu minyak tetap stabil. Kentang akan menjadi lebih renyah jika digoreng pada suhu yang cukup tinggi.

Masukkan ke Freezer

Terakhir nih, jika ada kentang yang sudah kamu bumbui dan belum sempat digoreng, sebaiknya simpan di wadah tertutup lalu masukkan ke freezer.

Nantinya, saat ingin menggoreng kembali sisa kentang ini, biarkan kentang di suhu ruang selama beberapa waktu agar kentang tidak basah dan menggumpal. Balut lagi dengan adonan tepung sebelum menggorengnya.

4 dari 4 halaman

Resep Kentang Goreng Anti Lembek

Tips Agar Kentang Goreng Tidak Lembek © Diadona

Bahan:

  • 2 Buah kentang ukuran besar
  • 1/2 Sendok teh kunyit bubuk
  • 1 Sendok makan tepung terigu/maizena
  • 2 Gelas air untuk merebus
  • 2 Gelas air es
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Kupas dan potong-potong kentang, kemudian iris dengan bentuk stik setebal 0,5 cm sampai 1 cm. Segera masukkan ke dalam air setelah kentang diiris agar tidak berubah warna.
  • Didihkan air rebusan, kemudian tambahkan 1/4 sendok teh kunyit bubuk agar kentang tidak terlalu pucat. Rebus kentang selama 3 atau 4 menit.
  • Tiriskan kentang dan segera masukkan ke dalam air es.
  • Campur terigu atau maizena dan garam, kemudian gulingkan kentang di atasnya. Aduk hingga seluruh bagian kentang terlumuri tepung dan garam.
  • Panaskan minyak secukupnya, kemudian goreng kentang hingga berwarna kekuningan. Setelah itu angkat dan tiriskan minyaknya di atas kertas minyak atau kertas tisu.
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Dengan mengikuti resep dan beberapa tips di atas, Kamu akan membuat kentang goreng yang tidak lembek dengan tekstur yang renyah dan menggoda setiap saat. Rasakan kelezatan kentang goreng yang sempurna dan nikmati hidangan yang memuaskan ini bersama saus favorit Kamu atau sebagai pendamping hidangan utama.

Selamat mencoba dan selamat menikmati, Diazens!

Beri Komentar