Resep Kentang Goreng ala Restoran Cepat Saji yang Renyah Tahan Lama

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 5 Agustus 2022 21:05
Resep Kentang Goreng ala Restoran Cepat Saji yang Renyah Tahan Lama
Dalam resep kentang goreng, selain bahan penting juga memerhatiakn setiap langkah proses memasak.

Namanya memang kentang goreng saja, tapi resep kentang goreng seenak restoran saji dibuat dengan banyak sekali langkah sehingga rasanya gurih dan renyah tahan lama. Salah satunya dengan merendam kentang terlebih dahulu lalu menyimpannya di lemari es selama beberapa waktu.

Perendaman kentang dalam resep kentang goreng akan membantu menghilangkan pati dan bikin kentang jadi lebih renyah. Selain itu perendaman dengan air garam juga akan membuat kadar air dalam kentang keluar trus kentang jadi lebih kriuk ketika digoreng.

Beberapa tips lainnya yang harus kamu perhatikan saat membuat kentang goreng antara lain :

Potong Kentang dengan Ukuran Seragam

Ini dilakukan agar kentang matang merata dengan kecepatan yang sama. Jangan sampai karena ukuranya yang tidak seragam, kentang matang tidak bersamaan.

Keringkan Kentang

Setelah direndam, keringkan kentang dengan tissue makan. Ini dilakukan agar tidak ada air yang tertinggal di kentang dan bikin lapisan tepung jadi menggumpal. Atau ketika tepung digoreng tanpa lapisan, sisa air bisa tertinggal di kentang trus bereaksi dengan minyak panas dan menyebabkan percikan.

Goreng Kentang Sebanyak Dua Kali

Gorengan pertama dilakukan selama 4-5 menit sampai kentang agak lunak dan nggak boleh sampai berwarna kecoklatan. Bila sudah selesai, angkat kentang goreng trus tiriksan di atas kertas atau tissue makan. Lalu panaskan minyak dengan api besar, lalu kecilkan api ketika memasukkan kentang, goreng sampai matang dan garing.

Diadona ngasih kamu resep kentang goreng yang pasti berhasil dari dua sumber berikut ini. Cobain bikin deh!

1 dari 2 halaman

Resep Kentang Goreng Renyah Tahan Lama

Resep Kentang GorengResep Kentang Goreng © cookpad.com/Devina Hermawan

Semua sajian dari Devina Hermawan selalu enak dan tak pernah gagal dibikin. Jadi yuk cobain resep kentang gorengyang renyah tahan lama yang didemonstrasikan di akun Youtube miliknya tersebut.

Bahan :

  • 2 buah kentang ukuran besar
  • 1 sdm garam
  • Air
  • 70 gr tepung maizena
  • Minyak goreng

French fries original (seaweed mayo)

  • 100 gr mayones
  • 5 gr aonori rumput laut
  • sesuai selera garam

Truffle fries

  • 1 sdt keju parmesan bubuk
  • 1 sdt paprika smoked powder
  • 1 sdm minyak truffle
  • Parsley, cincang
  • sesuai selera lada hitam
  • sesuai selera garam

Cara membuat :

  • Kupas kentang, lalu potong-potong
  • Rendam kentang dengan air dan garam, diamkan selama 30 menit
  • Bilas kentang hingga air menjadi jernih
  • Didihkan air, rebus kentang selama 5-6 menit, tiriskan, diamkan sebentar
  • Siapkan baking paper, susun kentang di atasnya, lalu tambahkan maizena, aduk rata
  • Panaskan minyak, goreng kentang dengan api besar selama 1 menit, lalu kecilkan api, goreng selama 5 menit, angkat dan tiriskan
  • Setelah dingin, goreng kembali kentang hingga kuning keemasan, tiriskan, pindahkan ke dalam mangkuk, lalu tambahkan sedikit garam
  • Untuk seaweed mayo, campurkan mayonnaise dengan aonori rumput laut, aduk rata
  • Untuk truffle fries, pindahkan kentang ke mangkuk, lalu tambahkan garam, keju parmesan bubuk, paprika smoked powder, lada hitam, minyak truffle, dan parsley, aduk. Siap disajikan deh!

Lebih lengkap tentang resep kentang goreng tersebut beserta cara membuatnya ada di video di bawah ini.

2 dari 2 halaman

Resep Kentang Goreng ala KFC

Resep Kentang GorengResep Kentang Goreng © Cookpad.com/Wardat El Ouyun

Ada satu lagi nih resep kentang goreng ala KFC dari Wardat El Oyoun yang dijamin anti gagal.

Bahan:

  • 3-4 buah kentang ukuran besar, kupas dan rendam di air
  • 3 sdm tepung yang terdiri dari 1 sdm maizena dan 2 sdm tepung terigu
  • 3 siung bawang putih, geprek
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam halus

Taburan:

  • Bubuk oregano (bisa diskip)
  • secukupnya garam halus atau bubuk kaldu

Cara membuat kentang goreng :

  • Pertama, potong kentang memanjang, usahakan pada ketebalan yang sama.
  • Trus cuci bersih kentang sampai air rendaman kentang jadi bening.
  • Rebus air di wadah terpisah dengan jumlah yang kira-kira cukup untuk merendam seluruh kentang sampai mendidih. Trus masukkan gula pasir, hgaram dan bawang putih yang udah digeprek. Masukkan kentang, rebus sampai 1/4 matang kira-kira selama 3-5 menit. Selanjutnya matikan kompor trus tiriskan.
  • Tempatkan kentang di kulkas sampai dingin sekitar 10-15 menit aja.
  • Kalau udah dingin, taburi kentang dengan tepung sampai merata. Kamu bisa masukkan kentang tersebut dalam toples, disusul dengan tepung, tutup toples trus kocok sampai seluruh kentang dibalut dengan lapisan tepung.
  • Trus simpan kentang di freezer selama 1-2 jam sampai beku. Kentang ini bisa disimpan sampai dua minggu lho seperti kentang siap goreng yang bisa dibeli di supermarket.
  • Untuk mengorengnya pun tak dengan sekali goreng. Pertama, goreng di minyak panas samapi setengah matang dengan minyak merendam keseluruhan kentang. Kalau udah setengah matang, tiriskan, dan biarkan sampai dingin.
  • Nah, baru deh kentang digoreng lagi sampai benar-benar matang. Pertama, panaskan minyak sampai benar-benar panas, trus kecilkan api dan baru deh masukkan kentang. Goreng sampai kentang berwarna kuning kecoklatan, angkat, lalu tiriskan. penambahan bumbu tabur dilakukan dengan menaburkan bumbu selagi kentang goreng masih panas

Resep kentang goreng memang sederhana namun cara membuatnya melalui banyak langkah.  Tapi setara banget dengan hasil pembuatannya yang beneran menyerupai kentang goreng ala KFC atau gerai fast food lainnya.

 

Beri Komentar