7 Tips Menggoreng Kentang Spiral, Renyah dan Garing Banget!

Reporter : Arifina
Jumat, 6 Oktober 2023 20:47
7 Tips Menggoreng Kentang Spiral, Renyah dan Garing Banget!
Kentang spiral yang gurih dan renyah yang biasa dijual di abang-abang, bisa dibuat sendiri di rumah lho! Yuk simak tips berikut!

Tips menggoreng kentang spiral yang biasa kamu temui di tempat wisata kuliner ternyata mudah lho untuk dibuat sendiri di rumah. Salah satu jajanan ini cukup populer dan digemari oleh seluruh kalangan.

Kentang spiral memiliki bentuk unik dengan tusuk bambu membuat semakin praktis untuk menikmati jajanan ini dimana saja dan kapan saja. Hanya bermodal kentang, tepung, dan bumbu variatif yang enak dapat menarik minat masyarakat.

Dilansir dari alodokter.com, banyak kandungan gizi kentang yang terdiri dari nutrisi makro maupun mikro. Nutrisi makro yaitu nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah besar oleh tubuh, seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Jika nutrisi mikro, artinya nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit oleh tubuh, seperti vitamin dan mineral.

1 dari 9 halaman

Ilustrasi Kentang © Diadona

Perlu diketahui juga, kentang juga dapat mengenyangkan perut, sehingga mengonsumsinya dapat menahan diri untuk makan dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, orang yang dalam program diet biasanya menjadikan kentang menjadi menu karbohidrat utama.

Nah, membuat kentang spiral mungkin kelihatannya susah ya karena harus membentuk kentang berlekuk-lekuk dan proses menggorengnya terkadang tidak berhasil. Tapi, jika tahu tekniknya, kamu bisa mendapati camilan gurih satu ini dengan nikmat.

Berikut tips menggoreng kentang spiral agar renyah walau sudah dingin. Simak tipsnya yuk!

2 dari 9 halaman

Pilih Kualitas Kentang

Kunci utama untuk membuat kentang spiral adalah pemilihan kentang dengan kualitas terbaik.  Jika kentang memiliki warna kehijauan atau ada tanda-tanda tumbuh tunas, sebaiknya tidak digunakan.

Karena kentang yang bertunas atau yang berwarna kehijauan itu mengandung racun yang dapat membahayakan tubuh.

Selain itu, setelah kulit kentang dikupas, jika beberapa bagian ada yang menghitam, sebaiknya tidak digunakan atau baiknya buang saja bagian hitam tersebut. Selain beresiko, bagian hitamnya disertakan ini akan membuat penampilan kentang spiral menjadi kurang menarik.

3 dari 9 halaman

Perhatikan Ketebalan Kentang

Ilustrasi Kentang © Diadona

Kentang spiral yang memiliki tekstur renyah dan garing perlu memperhatikan tingkat ketebalannya. Untuk mendapat tekstur yang baik dan pas, potongan yang diperlukan tidak terlalu tebal tetapi jangan juga yang terlalu tipis agar bentuk kentang spiral tidak gampang putus.

Kamu bisa menggunakan alat khusus yang biasa digunakan untuk membuat kentang spiral ini. Namun, jika tidak mempunyai alatnya,  gunakan pisau dapur saja untuk membuat bentuk spiral.

Tapi, pastikan pisau dapur yang digunakan benar-benar tajam dan tidak tumpul. Karena pisau tumpul dapat merusak tekstur kentang.

4 dari 9 halaman

Beri Tepung Terigu atau Maizena

Tahap ini wajib untuk dilakukan agar tekstur kentang spiral tidak lembek. Sebelum digoreng, kamu bisa melumuri kentang spiral dengan larutan tepung terigu atau maizena, atau bisa menggunakan campuran keduanya.

Caranya, larutkan tepung terigu atau maizena, atau keduanya dengan air. Buatlah adonan tepungnya yang cair dan jangan terlalu kental. Karena jika adonan terlalu kental, akan membuat kentang spiral lebih lama saat digoreng dan hasilnya akan malah menjadi keras dan tidak renyah.

5 dari 9 halaman

Jangan Menggoreng Kentang Terlalu Banyak

Tips Menggoreng Kentang Spiral © Diadona

Pastikan untuk tidak terlalu banyak mengisi penggorengan dengan kentang spiral. Untuk mendapatkan hasil yang renyah dan warna yang cantik, pastikan posisi kentang di penggorengan tidak terlalu padat dan tidak saling bertumpukan.

Karena jika bertumpuk, adonan tepung di setiap kentang spiral akan saling menempel sehingga kentang spiral tidak mudah matang dan akan lebih banyak memakan waktu jika akan menggorengnya sampai kering.

6 dari 9 halaman

Gunakan Teknik Deep Frying

Gunakan teknik deep frying untuk menghasilkan kentang spiral yang renyah. Teknik ini mengandalkan kentang spiral yang digoreng akan tenggelam di lebih banyak minyak dengan suhu yang cukup tinggi sekitar 175-190 derajat celcius.

Minyak yang cukup panas itu akan membantu menghasilkan kentang yang renyah karena proses menggorengnya cepat. Teknik ini akan membantu kamu untuk memperoleh kentang spiral yang renyah saat akan dinikmati. Jadi, jika kamu membuatnya sendiri dirumah tidak kalah enak dengan kentang spiral yang dijual diluar sana.

7 dari 9 halaman

Gunakan Api Sedang

Tips Menggoreng Kentang Spiral © Diadona

Untuk menjaga kestabilan suhu antara minyak dan kentang spiral, gunakan api sedang untuk menggorengnya. Jika menggunakan api terlalu besar, kentang spiral akan mudah gosong dan tekstur kentang masih basah atau belum matang.

Mengingat ketipisan kentang spiral, justru akan lebih mudah cepat gosong karena api yang besar. Jadi, jaga kestabilan api saat menggoreng kentang spiral agar tekstur renyah dan matang merata.

8 dari 9 halaman

Tiriskan dengan Baik

Setelah kentang spiral digoreng, tiriskan dengan baik agar tidak menyerap minyak berlebih. Cara ini akan mengurangi minyak berlebih dan membuat rasanya lebih enak dan renyah saat dimakan nanti.

Kamu juga bisa menyajikan kentang spiral di atas piring ataupun wadah yang sudah disiapkan.

Itulah beberapa tips menggoreng kentang spiral yang cocok dijadikan camilan di rumah. Caranya sangat mudah bukan? Semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar