Cara Membuat Kentang Goreng KFC dan 4 Tips Anti Gagal

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 21 Desember 2020 09:05
Cara Membuat Kentang Goreng KFC dan 4 Tips Anti Gagal
Cara membuat kentang goreng KFC ternyata punya beberapa tahapan lho, misalnya kudu didinginkan sebentar dan digoreng sebanyak dua kali.

Cara membuat kentang goreng KFC punya banyak tips dan trik untuk menghasilkan kentang yang renyah dan kriuk. Misalnya nih, kentang kudu digoreng dalam keadaan kering tanpa air trus di minyak dengan suhu yang pas, dan masih banyak lagi deh!

Kentang goreng adalah kentang yang dipotong dalam bentuk stik trus digreng sampai berbentuk coklat lalu ditaburi berbagai bumbu. Makanan ini kerap tersaji sebagai camilan, dipasangkan dengan burger atau steak daging sebagai karbohidrat pengganti nasi.

Dan salah satu produk kentang goreng yang paling banyak disukai adalah kentang goreng dari gerai fast food KFC. Rasanya renyah banget dipadu dengan bumbu yang pas di lidah. Kentang goreng KFC biasanya ditawarkan sebagai pelengkap menu pesanan kamu dan tersedia dalam kemasan medium atau large dengan harga sekitar Rp. 20.000.

Tapi sayang banget kan kalau kamu lagi ngidam kentang goreng KFC dan cuman beli produknya satu itu doang? Pasti kamu jadi tertarik membeli makanan yang ditawarkan lainnya. Lagipula kalau hanya membeli kentang saja dengan menggunakan layanan ojek online, tentu lumayan berat di ongkos.

Nah biar nggak demikian, gimana kalau kamu belajar gimana cara membuat kentang goreng KFC sendiri di rumah? Cuman dengan beberapa butir kentang, bumbu sederhana yang pasti tersedia di dapur dan beberapa tips, jadi deh kentang goreng dengan balutan tepung bumbu yang renyah. Tertarik mencobanya?

Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara membuat kentang goreng KFC.

1 dari 2 halaman

Cara Membuat Kentang Goreng ala KFC

Cara Membuat Kentang Goreng KFCCara Membuat Kentang Goreng KFC © 2020 menuandprice.com/

Nggak cuman asal menggoreng kentang doang nih, cara membuat kentang goreng KFC harus penuh kesabaran karena proses yang berulang. Dan Wardat El Ouyun membagikan salah satu resep andalannya dalam membuat kentang goreng KFC yang bisa kamu simak dalam uraian berikut ini:

Bahan:
- 3-4 buah kentang ukuran besar, kupas dan rendam di air
- 3 sdm tepung yang terdiri dari 1 sdm maizena dan 2 sdm tepung terigu
- 3 siung bawang putih, geprek
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdt garam halus

Taburan:
- Bubuk oregano (bisa diskip)
- secukupnya Garam halus atau bubuk kaldu

Cara membuat kentang goreng KFC
- Pertama, potong kentang memanjan, usahakan pada ketebalan yang sama. Mengapa demikian? agar kentang memiliki kmatangan yang sama saat digoreng.

- Trus cuci bersih kentang sampai air rendaman kentang jadi bening.

- Rebus air di wadah terpisah dengan jumlah yang kira-kira cukup untuk merendam seluruh kentang sampai mendidih. Trus masukkan gula pasir, hgaram dan bawang putih yang udah digeprek. Masukkan kentang, rebus sampai 1/4 matang kira-kira selama 3-5 menit. Selanjutnya matikan kompor trus tiriskan.

- Tempatkan kentang di kulkas sampai dingin sekitar 10-15 menit aja. Kalau udah dingin, taburi kentang dengan tepung sampai merata. Dalam cara membuat kentang goreng KFC dengan tepung yang merata, kamu bisa masukkan kentang tersebut dalam toples, disusul dengan tepung, tutup toples trus kocok sampai seluruh kentang dibalut dengan lapisan tepung.

- Trus simpan kentang di freezer selama 1-2 jam sampai beku. Kentang ini bisa disimpan sampai dua minggu lho seperti kentang siap goreng yang bisa dibeli di supermarket.

- Untuk mengorengnya pun tak dengan sekali goreng. Pertama, goreng di minyak panas samapi setengah matang dengan minyak merendam keseluruhan kentang. Kalau udah setengah matang, tiriskan, dan biarkan sampai dingin.

- Nah, baru deh kentang digoreng lagi sampai benar-benar matang. Pertama, panaskan minyak sampai benar-benar panas, trus kecilkan api dan baru deh masukkan kentang. Goreng sampai kentang berwarna kuning kecoklatan, angkat, lalu tiriskan. penambahan bumbu tabur dilakukan dengan menaburkan bumbu selagi kentang goreng masih panas.

Cara membuat kentang goreng KFC ini emang memerlukan banyak proses, tapi setara banget dengan hasil pembuatannya yang beneran menyerupai kentang goreng ala KFC atau gerai fast food lainnya.

2 dari 2 halaman

Tips dalam Cara Membuat Kentang Goreng KFC

 

Cara Membuat Kentang Goreng KFCCara Membuat Kentang Goreng KFC © 2020 instagram.com/constantine_spy/

Untuk mendapatkan kentang goreng atau gerai fast food yang renyah, gurih, dan kriuk, ada beberapa tips yang nggak boleh kamu lewatkan. Dikutip dari Dinner at The Zoo, ada beberapa trikdi balik kentang goreng yang berhasil, antara lain:

Merendam Kentang di Air

Air ini akan membantu menghilangkan sisa pati. Ini menghindari kentang saling menempel saat digoreng dan membantu mencapai kerenyahan maksimal.

Memotong Kentang dengan Ukuran yang Seragam

Nggak cuman demi estetika aja nih, tapi memotong kentang dengan ukuran yang sama dalam cara membuat kentang goreng KFC penting banget agar kentang matang merata dengan kecepatan yang sama. Jangan sampai deh karena ukuran kentang yang berbeda-beda, ada kentang yang masih belum matang sementara kentang yang lain sudah gosong ketika digoreng.

Dalam cara membuat kentang goreng KFC dengan ukuran yang seraga, kamu bisa memotongnya dengan pemotong khusus kentang goreng. Atau bila kamu nggak memilikinya, lakukan dengan cara berikut ini: potong kentang secara horizontal menjaid irisan yang rata, kemudian potong secara horizontal ke bawah irisan tersebut untuk membentuk kentang stick.

Mengeringkan Kentang

Setelah direndam, pastikan kentang benar-benar kering ya. Kamu bisa mengeringkannya dengan menggunakan tissue makan. Ini penting lho karena air yang tertinggal di kentang bakalan bikin lapisan tepung jadi menggumpal, atau bila tanpa pelapis, sisa air bisa tertinggal di kentang trus bereaksi dengan minyak panas dan menyebabkan percikan.

Tips Menggoreng Kentang

Pada penggorengan pertama, lakukan prosesnya selama 4-5 menit sampai kentang agak lunak. Kentang nggak boleh sampai berubah warna menjadi kecoklatan dalam tahapan ini. Bila sudah selesai, angkat kentang goreng trus tiriksan di atas kertas atau tissue makan.

Kalau semua kentang udah tergoreng, besarkan api sampai minyak mencapai suhu pasn, trus kecilkan api. Masukkan kentang, goreng sampai matang dan garing.

Cara membuat kentang goreng memerlukan banyak langkah dan kesabaran, tapi worthy banget dengan kelezatannya.

Beri Komentar