Tips Membuat Dodol Durian, Camilan Kenyal dan Legit yang Nagihin Abis

Reporter : Arifina
Rabu, 24 April 2024 18:47
Tips Membuat Dodol Durian, Camilan Kenyal dan Legit  yang Nagihin Abis
Begini tips agar dodol durian kenyalnya pas dan lezat!

Tips membuat dodol durian penting untuk diperhatikan jika kamu ingin membuat kudapan kenyal satu ini. Ya, dodol menjadi salah satu camilan tradisional Indonesia terutama dari daerah Jawa yang difavoritkan banyak orang.

Biasanya, jajanan dodol hadir di acara-acara tertentu, seperti hajatan hingga moment Idul Fitri. Tak hanya itu, di beberapa daerah dodol dihadirkan sebagai oleh-oleh untuk bisa dibeli para pelancong atau wisatawan.

Dodol dibuat dari bahan uutama kelapa parut, gula kelapa, tepung beras, dan tepung ketan yang dimasak dengan bahan lainnya hingga membentuk adonan kenyal. Meski mudah dalam pembuatannya, tapi proses memasak dodol cukup memaakan waktu yang lama.

1 dari 8 halaman

Tips Membuat Dodol Durian © Diadona

Nah, seiring perkembangannya, olahan dodol hadir dengan beragam variasi yang menarik. Mulai dari rasa aneka buah-buahan lezat, seperti dodol kacang hijau, dodol coklat, dodol strawberry, dodol nanas, hingga dodol durian.

Membuat dodol durian tidaklah sulit, bahkan sama saja dengan pembuatan dodol pada umumnya. Hanya saja, ditambahkan bahan daging buah durian yang super lembut dan beraroma.

Perpaduan rasa manis legit durian dan tekstur dodol yang kenyal menjadi daya tarik tersendiri. Buat kamu yang ingin membuatnya sendiri di rumah, perhatikan dulu tipsnya agar hasilnya kenyal sempurna dan legit!

2 dari 8 halaman

Bahan Membuat Dodol Durian

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat durian ini tidaklah banyak. Hanya dengan beberapa jenis saja, kamu sudah bisa menghasilkan camilan super kenyal dan lembut satu ini.

Bahan-Bahan:

  • 500 gram buah durian matang (haluskan)
  • 200 gram tepung beras ketan
  • 400 ml santan kelapa
  • 300 gram gula merah atau gula kelapa (sisir halus)
  • 1 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan

 

3 dari 8 halaman

Tips Membuat Dodol Durian

Tips Membuat Dodol Durian © Diadona

Beberapa tips berikut bisa diikuti untuk menghasilkan dodol durian yang legit dan kenyalnya pas di lidah. Apa saja?

Pilih Durian yang Matang dan Berkualitas

Sesuai dengan namanya, perlu buah durian sebagai bahan utama pembuatan dodol yang satu ini. Nah, agar didapati rasa yang lezat dan legit maka pastikan kamu memilih jenis durian yang sudah matang dan berkualitas baik.

Pilih durian yang aroma dan teksturnya sudah terasa kuat dan lembut. Durian matang akan memberikan rasa dan aroma yang lebih kaya pada dodol.

Kemudian haluskan daging buah durian terlebih dahulu sebelum dicampurkan pada adonan dodol.

 

4 dari 8 halaman

Persiapkan Semua Bahan dengan Tepat

Selain buah durian, bahan-bahan penunjang untuk pembuatan dodol ini juga penting menjadi perhatian. Di antaranya, santan, gula merah atau gula kelapa, tepung beras ketan, sedikit garam, dan daun pandan.

Campurkan semua bahan tersebut dan durian yang sudah dihaluskan ke dalam wajan besar. Aduk-aduk rata semua bahan ya.

Pilih santan yang masih segar, hingga tepung dengan kondisi baik. Sehingga, hasil olahan dodol durian akan lezat sempurna.

 

5 dari 8 halaman

Masak Dodol Durian dengan Konsisten

Tips Membuat Dodol Durian © Diadona

Proses pembuatan dodol durian membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Memang tidak sulit dalam membuatnya, namun butuh waktu yang cukup lama dalam mengolah camilan olahan ketan ini.

Dalam mengolah dodol durian diperlukan proses pengadukan secara konsisten selama memasak. Hal ini agar dodol tidak lengket di wajan dan tidak gosong.

Masak dodol dengan api kecil sambil terus diaduk menggunakan spatula agar tingkat kematangannya merata luar dalam. Biasanya, pengadukan adonan ini membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam.

 

6 dari 8 halaman

Masukkan Tepung Beras Ketan Bertahap

Sambil proses pengadukan adonan, kamu juga perlu menambah tepung beras ketan ke dalamnya. Dalam hal ini, setelah adonan awal mengental sempurna, masukkan tepung beras ketan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.

Tambahkan sedikit garam untuk menyeimbangkan rasa manis dodol. Pastikan tepung beras ketan tercampur sempurna untuk menghindari gumpalan.

Masak terus sambil diaduk sampai mencapai tekstur kekenyalan yang pas hingga dodol berwarna doklat tua. Pastikan dodol tidak menempel pada wajan, angkat dan tiriskan.

 

7 dari 8 halaman

Dinginkan dan Potong Sesuai Selera

Tips Membuat Dodol Durian © Diadona

Setelah adonan dodol mencapai tekstur yang tepat, pindahkan ke loyang yang telah diolesi minyak dan biarkan dingin sebelum dipotong. Setelahnya, potong-potong dodol sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan bungkus dengan kertas minyak untuk menjaga kelembapan.

Kamu juga bisa membuat variasi dodol dengan mencetaknya pada bentuk khusus, misalnya bunga. Cara lainnya, kamu bisa membungkusnya seperti produk dodol pada umumnya dengan plastik bermotif dan diberi pita cantik.

Itulah tips membuat dodol durian agar hasilnya kenyal dan legit sempurna. Tidak ribet bukan? Kamu bisa mempraktikkannya di rumah untuk menyajikan camilan kenyal satu ini. Selamat mencoba!

Beri Komentar