Resep Madu Mongso Tape Ketan Putih, Jajanan Tradisional Khas Jawa Timur yang Legit dan Kenyal

Reporter : Arifina
Kamis, 18 April 2024 16:47
Resep Madu Mongso Tape Ketan Putih, Jajanan Tradisional Khas Jawa Timur yang Legit dan Kenyal
Gak cuma tape ketan hitam ya, pakai tape ketan putih pun rasanya tak kalah lezat lho!

Resep madu mongso tape ketan putih bisa dijadikan referensi membuat olahan camilan buat keluarga di rumah. Ya, madu mongso merupakan salah satu jajanan tradisional khas Jawa Timur yang banyak dijadikan suguhan di moment acara tertentu, seperti, pernikahan, khitanan, hingga perayaan  Hari Raya Idul Fitri.

Umumnya, jajanan jadul ini terbuat dari tape katan hitam sebagai bahan dasarnya. Dari bahan tersebut akan dihasilkan warna tampilan kehitaman yang menggoda.

Namun, selain tape ketan hitam, madu mongso juga bisa dibuat dari tape ketan putih lho! Tentunya, hasil tampilannya akan berwarna lebih terang, seperti kecoklatan.

 

1 dari 6 halaman

Resep Madu Mongso Tape Ketan Putih © Diadona

Biasanya, madu mongso dibungkus kertas bermotif atau warna-warni untuk mempercantik tampilannya. Teksturnya yang kenyal seperti dodol membuat camilan tradisional satu ini banyak difavoritkan oleh hampir semua kalangan.

Membuat madu mongso sendiri di rumah sebenarnya tidaklah sulit. Apalagi, kamu cukup menyiapkan bahan yang tak begitu banyak.

Hanya saja, proses pembuatan dari jajanan olahan ketan ini cukup memakan waktu. Hal ini karena, cara membuatnya yang harus terus dilakukan pengadukan hingga semua campuran bahan menyatu dan membentuk adonan seperti dodol.

Nah, ingin menyajikan kudapan tradisional ini buat keluarga? Cobain buat sendiri di rumah yuk!

2 dari 6 halaman

Resep Madu Mongso Tape Ketan Putih

Tekstur madu mongso yang mirip dengan olahan dodol kenyal ini terbuat dari bahan utama tape ketan. Khusus resep kali ini, tape ketan putih yang akan menjadi dasarnya.

Kemudian, dicampurkan dengan bahan lainnya hingga membentuk adonan kenyal. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat madu mongso ini cukup simple dan tidak banyak lho!

Bahan-Bahan:

  • 2 Kg tape ketan putih
  • 500 gram gula merah (sisir halus)
  • 250 gram gula pasir
  • 1 liter santan
  • 2 lembar daun pandan

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Madu Mongso Ketan Putih

Resep Madu Mongso Tape Ketan Putih © Diadona

Langkah awal membuat madu mongso ketan putih, siapkan wajan besar yang sekiranya bisa menampung semua bahan. Kemudian, nyalakan kompor dengan api sedang.

Tuangkan terlebih dahulu santan, gula pasir, gula merah yang sudah disisir halus ke dalamnya. Aduk-aduk hingga tercampur rata, dan tambahkan daun pandan agar lebih beraroma.

Masak terus campuran santan dan gula dengan diaduk-aduk terus menerus sampai berubah warna menjadi kecoklatan.

 

4 dari 6 halaman

Selanjutnya, masukkan perlahan tape ketan putih yang sudah disiapkan ke dalam campuran santan dan gula. Lalu proses masak dengan diaduk-aduk sampai semuanya tercampur sempurna.

Aduk terus adonan hingga mengental, kemudian kecilkan api. Terus lakukan pengadukan hingga madu mongso matang dan kalis (tidak menempel pada wajan). Proses ini butuh kesabaran hingga beberapa jam sampai benar-benar didapati adonan yang sempurna.

Setelah adonan kalis, angkat madu mongso dari wajan dan tiriskan di wadah. Dinginkan, lalu mulai bentuk adonan menjadi madu momgso bulat ataupun berwarna-warni.

 

5 dari 6 halaman

Resep Madu Mongso Tape Ketan Putih © Diadona

Ambil adonan secukupnya saja, lalu letakkan di plastik bungkus bermotif. Bulatkan dan ikat dengan tali atau pita warna-warni, sehingga tampilannya lebih cantik.

Cara lainnya kamu bisa memanfaatkan kertas berwarna-warni untuk membungkusnya sesuai selera. Bisa dimodel tampilan seperti dodol atau permen yang cantik ya!

Nah, madu mongso siap disajikan dan diletakkan dalam toples khusus aagr lebih awet ya!

Bagaimana? Sangat mudah membuatnya bukan? Itulah resep madu mongso tape ketan putih yang bisa kamu recook di rumah. Perlu kesabaran dalam mengolahnya untuk hasil camilan yang lezat dan legit ya! Selamat mencoba!

Beri Komentar