Resep Lupis Ketan Tanpa Kapur Sirih, Kue Jadul yang Kenyal dan Legitnya Nagihin Banget!

Reporter : Arifina
Selasa, 23 April 2024 15:00
Resep Lupis Ketan Tanpa Kapur Sirih, Kue Jadul yang Kenyal dan Legitnya Nagihin Banget!
Rasa kenyal dan legitnya bikin mau mau lagi deh!

Resep lupis ketan tanpa kapur sirih bisa menjadi referensi membuat camilan untuk keluarga di rumah. Kue jadul satu ini cukup populer karena cita rasanya yang legit dengan tekstur kenyal saat digigit.

Kue lupis ketan merupakan jajanan pasar yang banyak difavoritkan. Terkadang, kue satu ini dibuat untuk hidangan acara-acara besar.

Biasanya kue lupis ketan dibuat dengan campuran beras ketan dari air kapur sirih. Kemudian, dibalut daun pisang, dilapisi kelapa parut, dan dinikmati dengan saus gula merah yang lezat.

 

1 dari 8 halaman

Resep Lupis Ketan Tanpa Kapur Sirih © Diadona

Penggunaan kapur sirih pada adonan kue lupis ketan tersebut untuk menjadikan teksturnya lebih kenyal dan tahan lama. Namun, sejatinya olahan kue bahan ketan ini juga bisa dibuat tanpa adanya tambahan kapur sirih lho!

Tak perlu khawatir akan tekstur dari kue yang tidak kenyal. Karena, kamu hanya perlu mengolahnya dengan tepat.

Untuk mendapati cita rasa kue berbahan ketan ini kenyal sempurna tanpa kapur sirih, maka kamu perlu merebus kue lupis sekitar 1-2 jam lamanya. Perebusan inilah nantinya yang akan menjadikan kue tetap terasa lezat. Langsung saja simak resepnya berikut yuk!

 

2 dari 8 halaman

Resep Lupis Ketan Tanpa Kapur Sirih

Selain beras ketan, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan penunjang pembuatan lainnya. Salah satunya, daun pisang untuk membungkus kue lupis ini.

Daun pisang juga berfungsi menambah aroma pada hasil kue lupis buatanmu lebih nikmat lho!

Bahan-Bahan:

  • 800 gram beras ketan
  • 1/2 butir kelapa (parut)
  • 1/2 sdt garam
  • Daun pisang
  • Tusuk gigi

Bahan Saus Gula Merah:

  • 250 gram gula merah (sisir)
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 gelas air
  • Garam

 

3 dari 8 halaman

Cara Membuat Lupis Ketan Tanpa Kapur Sirih

Resep Lupis Ketan Tanpa Kapur Sirih © Diadona

Langkah pertama, buatlah saus gula merah terlebih dahulu. Siapkan panci kecil, sisir halus gula merah ke dalamnya.

Tambahkan air dan sejumput garam, lalu masak saus gula merah sambil terus diaduk. Proses ini agar gula benar-benar mencair dan tidak ada gumpalan.

Kemudian, tambahkan tepung maizena yang sudah dicampur air sedikit. Aduk-aduk terus hingga saus gula merah mengental, matikan api, sisihkan.

 

4 dari 8 halaman

Langkah berikutnya, buat kue lupis ketan. Rendam beras ketan selama kurang lebih 1-2 jam, kemudian cuci bersih.

Siapkan daun pisang, buat menjadi bentuk segitiga. Isi daun pisang dengan beras ketan yang sudah direndam secukupnya saja.

Sematkan tusuk gigi pada daun pisang untuk mengunci agar tidak terlepas saat perebusan. Lakukan proses ini hingga beras ketan habis.

 

5 dari 8 halaman

Resep Lupis Ketan Tanpa Kapur Sirih © Diadona

Siapkan panci kukusan, didihkan. Kemudian, masukkan semua lupis ketan yang sudah dibungkus daun pisang ke dalam kukusan.

Kukus lupis ketan selama kurang lebih 1-2 jam. Ini untuk membuat teksturnya kenyal sempurna karena tidak adanya penggunaan kapur sirih.

Setelah dirasa matang, angkat kue lupis ketan, dan tiriskan terlebih dahulu.

Selanjutnya, buat taburan kelapa parut. Campurkan parutan kelapa dengan 1/2 sendok teh garam, lalu kukus selama 10 menit.

 

6 dari 8 halaman

Penyajian: keluarkan kue lupis ketan dari daun pisangnya. Kemudian, taburi dengan parutan kelapa yang sudah dikukus.

Letakkan kue lupis ketan pada piring saji, dan siram dengan saus gula merah. Kamu juga bisa menyajikan sausnya secara terpisah untuk dimakan dengan cara dicocol ya.

Selain model bentuk segitiga, kamu juga bisa membentuk kue lupis ketan seperti lontong. Sehingga, penyajiannya cukup dipotong bulat-bulat dan disajikan.

 

7 dari 8 halaman

Resep Lupis Ketan Tanpa Kapur Sirih © Diadona

Untuk menambah tampilan lebih menarik, kamu juga bisa membuat kue lupis ketan dengan aneka warna lho! Misalnya, menambahkan pasta pandan agar warna kue menjadi hijau, ataupun warna lainnya.

Itulah resep lupis ketan tanpa kapur sirih yang bisa kamu recook di rumah. Buatnya cukup mudah bukan? Kreasikan saja dengan keinginanmu untuk tampilan kue yang lebih menarik ya. Selamat mencoba!

Beri Komentar