Resep Apem Empuk Berserat, Camilan Tradisional yang Cocok Dinikmati dengan Teh Hangat

Reporter : Arifina
Rabu, 28 Februari 2024 14:00
Resep Apem Empuk Berserat, Camilan Tradisional yang Cocok Dinikmati dengan Teh Hangat
Apem yang empuknya pas dan berserat begini emang lebih lezat ya!

Resep apem empuk berserat bisa dijadikan sebagai pilihan kudapan di sore hari bareng keluarga nih! Kue tradisional khas Indonesia ini banyak disukai karena memiliki cita rasa yang khas dan super lembut.

Kue apem yang memiliki tekstur berserat seakan bisa memberikan kenikmatan tersendiri bagi yang mengkonsumsinya. Meski saat ini banyak varian kue apem yang beredar di pasaran, tapi jenis yang satu ini tak pernah gagal mengambil hati penikmatnya lho!

Di antara beragam bentuk dan variasi rasa kue apem tersebut, antara lain ada kue apem gula merah, kue apem pandan, kue apem mekar, dan masih banyak lainnya. Jajanan tradisional satu ini umumnya terbuat dari tepung beras dan santan.

1 dari 7 halaman

Resep Apem Empuk Berserat © Diadona

Namun, untuk penambahan variasi warna dan rasa maka akan dibutuhkan beberapa pewarna dan rasa makanan lainnya sebagai penunjangnya. Biasanya, kue apem dimasak dengan cara dipanggang untuk menghasilkan serat-serat cantik pada permukaannya.

Biasanya kue apem dibuat untuk acara-acara tertentu. Namun, buat menu camilan harian camilan jadul ini juga bisa dinikmati sebagai teman minum teh hangat.

Nah, pembuatan kue apem yang empuk dan berserat ini ternyata tidaklah sulit. Apalagi, bahan-bahannya juga sangat mudah ditemui di pasaran. Yuk simak resepnya berikut!

2 dari 7 halaman

Resep Apem Empuk Berserat

Selain santan dan tepung beras, jangan lupa tape singkong untuk cita rasa khas pada kue apem ya! Pastikan bahan-bahan yang digunakan selalu yang berkualitas agar hasilnya lezat.

Bahan-Bahan:

  • 250 gram tepung beras
  • 400 ml santan kelapa encer (direbus)
  • 100 gram tape singkong
  • 1/2 sdt vanili
  • 60 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 1/2 sdt fermipan
  • 1 sdt baking powder

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Apem Empuk dan Berserat

Resep Kue Apem Kukus Tepung Terigu © Diadona

Pertama-tama, lumatkan tape singkong sampai benar-benar halus. Kamu bisa menggunakan sendok, garpu, atau dihaluskan dengan blender.

Selanjutnya, tambahkan gula pasir dalam tape singkong yang sudah dilumatkan. Lalu uleni sampai kedua bahan tercampur merata.

Tambahkan tepung terigu dan tepung beras dalam adonan. Kemudian, uleni kembali sampai semua bahan benar-benar tercampur dengan rata.

Siapkan santan kelapa encer, kemudian rebus terlebih dahulu. Diamkan sejenak sampai santan terasa hangat.

 

4 dari 7 halaman

Berikutnya, siapkan campuran fermipan dan air hangat suam-suam kuku. Aduk-aduk sampai rata, lalu tunggu kurang lebih selama 5 menit hingga fermipan aktif dan menjadi ragi.

Kemudian, campurkan larutan ragi tersebut ke dalam adonan tepung. Tuangkan sedikit demi sedikt saja ke dalam adonan sambil diaduk-aduk.

Beri baking powder dan vanili, aduk-aduk. Lalu, masukkan juga santan kelapa yang sudah hangat ke dalam adonan tepung. Aduk-aduk hingga tercampur merata.

Setelah adonan jadi, diamkan sebentar dan tutup wadahnya dengan serbet atau kain bersih. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam.

5 dari 7 halaman

Resep Apem Empuk Berserat © Diadona

Sambil menunggu adonan mengembang, siapkan cetakan apem dan panaskan dalam alat pemanggang. Olesi juga cetakan dengan mentega.

Kemudian, tuangkan adonan apem dalam cetakan. Tutup dan panggan sampai adonan apem matang sempuran.

Jika sudah matang, apem empuk dan berserat angkat dari alat pemanggang dan siap disajikan.

6 dari 7 halaman

Tips Agar Apem Empuk Berserat Sempurna

Mengolah apem yang empuk dan berserat perlu beberapa trik khusus. Sehingga hasil olahan camilan kamu anti gagal nih!

  • Pastikan menggunakan ragi dan baking powder yang masih baru agar hasil apem berserat sempurna.
  • Aduk adonan apem sampai benar-benar halus dan tak tersisa bagian yang bergerindil.
  • Jangan membuka tutup adonan saat didiamkan selama 1 jam, karena itu akan membuat apem menjadi bantat dan tidak mengembang.

Itulah resep apem empuk dan berserat yang bisa kamu recook di rumah sebagai menu camilan pendamping minum teh hangat bareng keluarga. Selamat mencoba!

Beri Komentar