Jangan Asal! Ini 7 Tips Membuang Minyak Goreng Bekas dengan Aman dan Ramah Lingkungan

Reporter : Arifina
Jumat, 1 Maret 2024 11:00
Jangan Asal! Ini 7 Tips Membuang Minyak Goreng Bekas dengan Aman dan Ramah Lingkungan
Ternyata, minyak goreng bekas nggak boleh asal dibuang begitu saja lho!

Tips membuang minyak goreng bekas perlu untuk diperhatikan agar tidak asal begitu saja. Sudah hal yang umum jika minyak goreng bekas atau sebutan lainnya adalah jelantah merupakan limbah rumah tangga.

Karena itulah, minyak goreng bekas tak bisa asal begitu saja sembarangan. Sebab, pembuangan yang kurang tepat akan menyebabkan berbagai persoalan.

Biasanya, untuk lebih ringkas atau mempermudah kebanyakan orang akan membuang minyak goreng bekas begitu saja di saluran air pembuangan. Hal ini justru bisa menyebabkan penyumbatan, dan sulit diperbaiki.

Berikutnya, membuang minyak goreng bekas asal begitu saja di tanah juga kurang disarankan. Sebab, minyak justru akan menyerap dan menggumpal di tanah yang menyebabkan tanah menjadi keras dan kesulitan menyerap air.

1 dari 8 halaman

Tips Membuang Minyak Goreng Bekas © Diadona

Kesalahan lainnya yang cukup sering terjadi membuang minyak goreng bekas ke tempat sampah. Hal ini justru memicu datangnya serangga dan hewan pengerat seperti tikus.

Asal membuang minyak goreng bekas juga bisa menyebabkan pencemaran lingkungan dan membahayakan kesehatan makhluk hidup lho! Karena itulah, penting untuk mengetahui secara tepat bagaimana membuang minyak goreng bekas agar tidak mencemari lingkungan dan aman.

Berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips membuang minyak goreng bekas yang aman!

2 dari 8 halaman

Tunggu Minyak Goreng Bekas Sampai Dingin

Sebelum membuang minyak goreng bekas, pastikan untuk membiarkannya dingin terlebih dahulu. Minyak yang panas dan asal dibuang begitu saja dapat menyebabkan luka bakar serius jika terkena di badan.

Bahkan, kondisi minyak goreng bekas yang masih panas juga bisa memicu kebakaran jika dibuang secara langsung begitu saja setelah digunakan.

Maka, diamkan minyak atau pindahkan ke dalam wadah tahan panas terlebih dahulu untuk mempercepat proses pendinginan. Tunggulah sejenak hingga minyak benar-benar dingin sebelum melanjutkan ke proses pembuangan.

 

3 dari 8 halaman

Saring Sisa-Sisa Minyak Goreng Bekas

Alangkah lebih baiknya, sebelum minyak goreng bekas dibuang untuk disaring terlebih dahulu. Saringlah sisa-sisa minyak menggunakan jenis saringan halus atau kawat.

Cara ini dilakukan guna menghilangkan sisa-sisa makanan yang mungkin masih terperangkap di dalamnya. Kamu juga bisa menggunakan kain saring untuk menghilangkan residu makanan dan partikel kecil.

Hal ini dapat membantu mencegah adanya penumpulan residu karena bahan makanan yang dikhawatirkan masuk ke dalam saluran pembuangan.

4 dari 8 halaman

Bekukan Minyak Goreng Bekas

Tips Membuang Minyak Goreng Bekas © Diadona

Tips yang satu ini bisa dibilang menjadi salah satu yang cukup baik untuk dilakukan. Jadi, sebelum membuang minyak goreng bekas sebaiknya dinnginkan di suhu ruang lalu pindahkan ke dalam wadah.

Kamu bisa menggunakan cangkir, plastik, ataupun wadah lainnya. Kemudian, bekukan minyak di dalam kulkas terlebih dahulu.

Setelah minyak goreng bekas membeku dan membentuk gumpalan, barulah buang ke tempat sampah.

5 dari 8 halaman

Gunakan Wadah Anti Bocor

Wadah anti bocor bisa dijadikan salah satu sarana untuk menampung minyak goreng bekas sebelum dibuang. kamu bisa memanfaatkan botol plastik atau kaleng untuk menyimpannya.

Pastikan sebelum dipindahkan ke dalam wadah minyak sudah benar-benar dingin. Lal, tuangkan ke dalam botol bekas pakai dan buanglah ke tempat sampah.

Hindari membuang minyak goreng bekas langsung di saluran pembuangan air atau toilet ya. Sebab, hal itu justru akan memicu penyumbatan.

6 dari 8 halaman

Recycle atau Daur Ulang

Ini menjadi salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan minyak goreng bekas. Jadi, minyak tidak asal dibuang begitu saja tapi bisa di recycle atau di daur ulang.

Jika di daerahmu terdapat pusat daur ulang, kamu bisa membawa minyak goreng bekas ke sana. Sehingga, minyak akan diproses menjadi bahan alternatif lain yang bermanfaat.

Dengan mendaur ulang minyak, kamu sekaligus dapat membantu mengurangi dampak lingkungan. Selain itu, kamu juga bisa memastikan minyak goreng bekas tidak berakhir di tempat pembuangan sampah konvensional.

7 dari 8 halaman

Jangan Campur dengan Limbah Lain

Cara Menjernihkan Minyak Jelantah © Diadona

Pastikan kondisi minyak goreng bekas tidak tercampur dengan limbah lainnya sebelum dibuang. Limbah tersebut seperti air ataupun produk-produk kimia.

Sebab, bahan-bahan limbah lain justru akan menyebabkan polusi dan menciptakan risiko pencemaran lingkungan yang lebih tinggi.

Jadi, buanglah minyak bekas pakai secara terpisah dari bahan-bahan limbah lainnya. Hindari membuang minyak ke sungai atau sumber air lainnya ya.

8 dari 8 halaman

Simpan Minyak Goreng Bekas

Alih-alih asal dibuang begitu saja, kamu bisa untuk menyimpan minyak goreng bekas terlebih dahulu. Namun, pastikan kondisinya masih benar-benar bagus ya.

Tanda minyak goreng bekas masih dalam kondisi bagus adalah bisa dilihat dari warnanya. Jika tidak ada perubahan warna saat kamu gunakan awal, maka masih bisa untuk disimpan dan dipakai kembali.

Sehingga, saat proses penyaringan bisa kamu lihat apakah minyak masih bisa dipakai atau sudah seharusnya dibuang. Jika memang ingin digunakan kembali, simpan minyak di wadah kedap udara dan letakkan di tempat sejuk dan gelap.

Itulah tips membuang minyak goreng bekas untuk bisa kamu terapkan di rumah. Jangan asal agar tidak mencemari lingkungan ya! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar