9 Tips Membuat Bakso Goreng Tidak Kempes, Dijamin Renyah dan Mekar Sempurna

Reporter : Arifina
Rabu, 28 Februari 2024 10:00
9 Tips Membuat Bakso Goreng Tidak Kempes, Dijamin Renyah dan Mekar Sempurna
Terapkan tips ini biar bakso goreng buatanmu renyah dan mekar sempurna ya!

Tips membuat bakso goreng tidak kempes bisa menjadi referensi mengolah makanan berbentuk bulat satu ini. Bakso goreng menjadi salah satu jenis makanan yang cukup digemari oleh masyarakat Tanah Air.

Rasanya yang gurih dengan tekstur renyah membuat bakso goreng gampang masuk di lidah semua orang. Biasanya orang akan mengkonsumsinya sebagai camilan ataupun lauk makan.

Sayangnya, mengolah bakso goreng tidak bisa asal begitu saja. Jika salah takaran ataupun menggorengnya, bukan tidak mungkin kamu justru mendapatkan hasil yang kurang lezat bahkan bakso akan cenderung kempes.

1 dari 11 halaman

Tips Membuat Bakso Goreng Tidak Kempes © Diadona

Padahal, jika teknik yang digunakan pas, kamu sangat bisa untuk menghasilkan olahan bakso goreng yang renyah dan mekar sempurna lho! Salah satu yang perlu diperhatikan adalah tips menggoreng bakso dengan tepat.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan proses pengolahannya dengan benar ya. Berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips membuat bakso goreng tidak kempes!

2 dari 11 halaman

Perhatikan Proses Adonan Bakso

Membuat bakso goreng tidak kempes sangat bergantung pada proses pengadonannya. Dalam hal ini pastikan kamu membuat adonan bakso yang benar-benar halus.

Cara ini penting agar saat penggorengan, bakso dapat mekar dan matang dengan sempurna. Nah, saat proses pengadonan ini kamu juga dapat menambahkan telur.

Telur dalam adonan tidak perlu ditambahkan terlalu banyak. Hanya secukupnya saja, agar adonan bakso tidak terlalu basah dan mudah kempes.

3 dari 11 halaman

Gunakan Daging Giling Berkualitas

Dalam membuat adonan bakso goreng, pastikan kamu menggunakan daging yang berkualitas. Kamu bisa menggunakan daging sapi atau ayam giling yang masih segar dan berlemak.

Jika bahan yang diolah berkualitas, maka akan menghasilkan bakso yang lebih empuk dan mekar. Campurkan daging dengan adonan, lalu giling hingga benar-benar halus.

Hal ini penting agar udara dapat terperangkap di dalam adonan, sehingga bakso mekar saat digoreng.

4 dari 11 halaman

Hindari Penggunaan Tepung Roti

Tips Menggoreng Bakso © Diadona

Jika kamu merasa tepung roti akan membuat tekstur bakso goreng lebih merekah, itu adalah hal yang salah. Justru, sebaiknya kamu perlu menghindari penambahan tepung roti dalam adonan.

Selain itu, jangan pula menambahkan tepung terigu terlalu banyak dalam adonan bakso goreng. Sebab, adonan yang terlalu banyak tepung justru membuat bakso keras dan tidak mekar.

Hal itupun nantinya akan mempengaruhi saat proses penggorengan yang membuat bakso tidak akan renyah sempurna dan kempes.

 

5 dari 11 halaman

Tambahkan Baking Powder dalam Adonan

Menambahkan baking powder pada adonan bakso menjadi salah satu cara yang ampuh untuk hasil akhir yang mekar sempurna. Tambahan ini akan menjadikan adonan lebih mengembang dengan sempurna.

Saat menambahkan baking powder dalam adonan bakso goreng ini tidak perlu terlalu banyak, hanya cukup satu sendok teh saja. Menariknua, baking powder juga akan membantu saat proses penggorengan bakso berlangsung lho!

Dengan baking powder tersebut, saat bakso digoreng nantinya kamu akan mendapati hasil akhir yang lebih mekar dan renyah.

6 dari 11 halaman

Beri Es Batu dalam Adonan

Penambahan es batu dalam adonan bakso goreng rupanya dinilai ampuh untuk membuat hasilnya mekar sempurna lho! Es batu akan membantu menjaga adonan tetap dingin dan mencegah bakso kempes saat digoreng.

Kamu juga bisa mengakali proses dinginnya adonan tersebut dengan menyimpannya dalam freezer terlebih dahulu sebelum digoreng. Hal ini berguna, karena suhu dingin yang masuk dalam adonan akan meningkatkan kekenyalan bakso.

Sehingga, saat proses digoreng bakso tidak hanya renyah dan mekar tapi juga memiliki tekstur kekenyalan yang pas.

7 dari 11 halaman

Goreng dengan Banyak Minyak

Tips Membuat Bakso Goreng Tidak Kempes © Diadona

Minyak goreng dengan jumlah yang banyak diperlukan untuk menggoreng bakso dengan tepat. Sehingga adonan bakso terendam sepenuhnya dalam minyak panas saat digoreng.

Hal ini bertujuan agar bakso matang secara merata di semua sisi dengan sempurna. Minyak goreng yang panas juga membantu membentuk lapisan luar yang renyah dan lembut di dalam pada tekstur bakso.

Pastikan untuk menggunakan wadah atau wajan yang besar dan berdinding tinggi untuk menghindari percikan minyak panas saat proses penggorengan bakso ya!

8 dari 11 halaman

Goreng Bakso di Api Kecil

Suhu api saat menggoreng bakso akan mempengaruhi hasil akhirnya. Jika ingin matang sempurna dan mekarnya pas, pastikan kamu menggorengnya dengan suhu api kecil saja.

Api yang terlalu besar akan membuat bakso matang tidak merata dan mudah kempes. Api yang besar juga akan menjadikan bagian dalam bakso tidak matang sempurna dan menyebabkan kekenyalan menghilang.

Namun, sebelum mengecilkan suhu api pastikan minyak sudah cukup panas sesaat sebelum memasukkan bakso ke dalamnya.

9 dari 11 halaman

Bolak-Balik Bakso saat Menggoreng

Teknik menggoreng bakso juga perlu diperhatikan agar mendapati hasil yang renyahnya pas dan mekar sempurna. Dalam hal ini, kamu perlu melakukan proses membolak-balik bakso selama digoreng.

Membolak-balikan bakso saat dogoreng ini akan membantu adonan matang merata dan mekar sempurna. Selain itu, tekstur renyah di luar dan kenyal dalam bakso pun akan didapati dengan pas.

Dengan teknik satu ini, dijamin bakso yang digoreng dan telah ditiriskan tidak akan mudah kempes.

10 dari 11 halaman

Jangan Goreng Bakso Terlalu Lama

Tips Menggoreng Bakso © Diadona

Proses menggoreng bakso ini tidak boleh dilakukan terlalu lama. Gorenglah bakso hanya sampai mendapati perubahan warna menjadi kecoklatan.

Biasanya, proses menggoreng bakso ini berlangsung antara rentang waktu 10-20 menit saja. Hal itu tergantung dari besarnya ukuran dan banyaknya bakso yang digoreng dalam satu wajan.

Jadi, setelah bakso matang, angkat dengan cepat dan tiriskan. Jangan biarkan bakso terlalu lama di dalam minyak panas setelah matang, karena hal ini dapat membuat bakso kehilangan kelembapannya.

Itulah tips membuat bakso goreng tidak kempes. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, dijamin bakso goreng buatanmu akan kenyal di dalam dan renyah di bagian luarnya dengan sempurna. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar