8 Tips Hemat Waktu Memasak supaya Gak Perlu Berlama-lama di Dapur

Reporter : Riza Umami
Rabu, 28 Februari 2024 11:00
8 Tips Hemat Waktu Memasak supaya Gak Perlu Berlama-lama di Dapur
Berikut ini beberapa tips hemat waktu memasak.

Tips hemat waktu memasak bisa menjadi informasi yang sangat berguna terutama bagi ibu-ibu yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Mereka pun harus masak dengan cepat dan praktis.

Sebagai contoh ibu pekerja yang harus buru-buru berangkat kerja, mereka harus segera memasak di pagi hari untuk keluarga supaya tidak sampai terlambat bekerja.

Selain itu, tips ini juga berguna untuk ibu rumah tangga yang harus mengerjakan semua pekerjaan rumah setiap harinya. Jika ibu bisa menghemat waktu saat memasak, waktu tersebut bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah lainnya.

Kira-kira, apa saja ya tips hemat waktu memasak supaya gak perlu berlama-lama di dapur dan bisa mengerjakan hal lainnya? Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan.

1 dari 8 halaman

1. Rencanakan Menu

Tips Hemat Waktu Memasak © Diadona© pinterest.com

Tips hemat waktu memasak yang pertama yaitu merencanakan menu. Rencanakan menu makanan untuk beberapa hari ke depan atau bisa dipaskan untuk satu minggu.

Dengan memiliki rencana menu, kamu dapat mempersiapkan semua bahan makanan yang diperlukan sekaligus. Ini akan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk memikirkan apa yang harus dimasak setiap hari dan gak perlu belanja ke tukang sayur tiap hari.

2 dari 8 halaman

2. Food Preparation

Tips Hemat Waktu Memasak © Diadona© pinterest.com

Tips hemat waktu memasak yang sering dilakukan sejumlah orang adalah food prep. Setelah merencanakan menu, persiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan sebelum memulai memasak.

Sudah banyak contoh video food prep yang berseliweran di media sosial. Biasanya, mereka menyiapkan bahan-bahan makanan untuk menu satu minggu ke depan.

Mereka belanja sekaligus dalam jumlah cukup banyak baik sayur-sayuran, protein hewani dan nabati. Kemudian, bahan-bahan makanan tersebut disusun dan disimpan di lemari pendingin supaya tahan lama untuk seminggu.

3 dari 8 halaman

3. Gunakan Bahan-Bahan Serba Guna

Tips Hemat Waktu Memasak © Diadona© pinterest.com

Jangan anti menggunakan bahan serbaguna sebab hal ini membantu banget agar kamu memasak dengan cepat dan hemat waktu. Pilih bahan-bahan serba guna yang dapat digunakan dalam beberapa hidangan.

Misalnya, jika kamu memotong sayuran seperti bawang bombay atau paprika untuk satu hidangan, potonglah lebih banyak dan simpan sisa potongan tersebut untuk digunakan dalam hidangan lainnya. Ini akan menghemat waktu karena kamu tidak perlu memotong bahan yang sama berulang kali.

4 dari 8 halaman

4. Manfaatkan Slow Cooker atau Peralatan Memasak lainnya

Tips Hemat Waktu Memasak © Diadona© pinterest.com

Memanfaatkan slow cooker atau peralatan dapur lain untuk membuat masak jadi lebih cepat. Pertimbangkan untuk menggunakan slow cooker yang memungkinkan kamu memasak makanan dengan waktu yang lama tanpa perlu pengawasan langsung.

Dengan menggunakan slow cooker, kamu bisa memasak hidangan seperti sup, rebusan daging, atau kari dengan hanya sedikit persiapan awal dan tanpa perlu menghabiskan waktu berjam-jam di dapur.

5 dari 8 halaman

5. Lakukan Persiapan Awal

Tips Hemat Waktu Memasak © Diadona© pinterest.com

Lakukan persiapan awal sebanyak mungkin biar masak jadi cepat. Misalnya, kamu dapat memotong sayuran atau menggoreng daging pada malam sebelumnya dan menyimpannya di dalam lemari es.

Hal ini akan membuat proses memasak pada hari berikutnya lebih cepat dan mudah. Kamu juga bisa membuat bumbu masakan dan menyetoknya di kulkas sehingga saat mau memasak kamu bisa menggunakan bumbu tersebut. Masak tentunya jadi lebih cepat deh.

6 dari 8 halaman

6. Bersihkan Dapur Saat Memasak

Tips Hemat Waktu Memasak © Diadona© pinterest.com

Tips hemat waktu memasak yang keenam yaitu bersihkan dapur saat memasak. Bersihkan dapur secara berkala saat memasak untuk menghindari tumpukan piring kotor atau bahan makanan yang berserakan di sekitar area masak.

Dengan menjaga dapur tetap bersih dan rapi, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan pekerjaan rumah lainnya dan mengurangi gangguan yang bisa memperlambat kamu.

7 dari 8 halaman

7. Kurangi Penggunaan Peralatan

Tips Hemat Waktu Memasak © Diadona© pinterest.com

Kurangi penggunaan peralatan yang tidak terlalu diperlukan. Hal ini ternyata juga bisa bikin waktu memasak jadi lebih cepat.

Cobalah untuk menggunakan alat masak serbaguna yang dapat digunakan untuk beberapa tujuan, daripada memiliki banyak peralatan spesifik yang hanya digunakan untuk satu tugas saja.

Misalnya, alat pemotong serbaguna bisa lebih berguna daripada memiliki pisau khusus untuk setiap jenis potongan.

8 dari 8 halaman

8. Memasak Frozen Food atau Makanan Kaleng

Tips Hemat Waktu Memasak © Diadona© pinterest.com

Biar hemat waktu, masak frozen food atau makanan kaleng. Banyak bahan makanan seperti kacang-kacangan, sayuran, atau daging sudah diproses dan bisa dimasak dengan cepat.

Namun, perlu diingat bahwa frozen food atau makanan kaleng biasanya mengandung bahan pengawet sehingga kamu dan keluarga tidak bisa terlalu sering mengonsumsinya.

Itulah beberapa tips hemat waktu masak supaya kamu gak membutuhkan waktu lama untuk memasak di dapur. Kalau bisa menghemat waktu memasak, tentu pekerjaan rumah yang lain bisa segera dikerjakan bukan? Semoga ulasan ini bermanfaat ya.

Beri Komentar